SEJARAH SEPAK BOLA DUNIA DAN INDONESIA DAN ATURAN PERMAINANNYA

SEJARAH SEPAK BOLA DUNIA DAN INDONESIA DAN ATURAN PERMAINANNYA

Sejarah sepak bola ada dua jenis, yaitu sepak bola jenis kuno dan kekinian. Berikut keterangan lanjut perihal ke-2 nya itu.

Sepak bola adalah olahraga yang amat diminati oleh orang-orag di semua dunia. Ini dapat ditunjukkan dengan penuhnya gelora atau stadion sepak bola saat sedang berjalan satu laga. Bahkan juga, sering tayangan live atraksi sepak bola menghias monitor kaca tv.

Sepak bola terbagi dalam kata "sepak" dan "bola". Sesuai namanya olahraga sepak bola adalah olahraga simpel memakai bola yang dibawa bebas dan disepak dengan kaki sampai bola masuk di tempat musuh. Permainan sepak bola terdiri dari dua team yang sama-sama bersimpangan.

Semasing team memiliki pemain inti atau pemain utama beberapa 11 orang dengan beberapa pemain pengganti. Saat bermain, setiap team dapat meraih kemenangan dengan masukkan bola ke gawang musuh. Makin banyak bola yang sanggup masuk di tempat musuh, maka semakin tinggi score dan pada akhirnya memenangkan laga.

Berkaitan dengan euforia sepak bola, lalu bagaimanakah sejarah sepak bola yang demikian disukai itu? Berikut sejumlah penjelasan berkenaan sejarah permainan itu di dunia dan di indonesia.

Sejarah Sepak Bola Dunia

Permainan sepak bola sudah diawali jauh saat sebelum peradaban maju. Dalam sejarah sepak bola sendiri, ada dua jenis sejarah yakni sepak bola kuno dan kekinian.

Berikut keterangan lanjut berkenaan ke-2 jenis sejarahnya.

Sepak Bola Kuno

Sepak bola kuno dikenali waktu peradaban kuno romawi, yunani kuno, dan cina pada periode dinasti Tsin (9255-206 SM).

Sejarah sepak bola kuno dijelajahi berawal dari negara China, Dinasti Han. Warga Tionghoa mempunyai permainan tradisionil T'su Chu dan permainan yang lain dipandang seperti cikal akan permainan sepak bola. Sepak bola waktu itu memakai bola kulit dan gawang yang berjaring kecil, hingga untuk masukkan gol bola ke gawang musuh cukup susah.

Di sisi lain, beberapa pakar sejarah memiliki pendapat sepak bola diperkenalkan oleh bangsa Romawi Kuno yang dikenali bernama episkyros. Seterusnya, permainan sepak bola kuno ini berkembang jadi permainan sepak bola kekinian.

Sejarah Sepak Bola Masa Kini

Sejarah sepak bola kekinian diikuti dengan disahkannya satu organisasi perkumpulan sepak bola yang berpusat di Football Association Freemanson's Tavern, London, Inggris.

Tatap muka itu memutuskan beberapa ketentuan permainan sepak bola yang selanjutnya dituruti oleh federasi sepak bola dari Wales, Skotlandia, dan Irlandia. Seterusnya beberapa federasi sepak bola dari negaa itu membangun International Football Association Board (IFAB) selaku satu federasi yang semakin besar untuk perkumpulan federasi sepak bola dunia.

Sepak bola makin berkembang dan dikenali warga luas semenjak dibangunnya Federation International de Football association (FIFA) di Paris, Perancis pada tanggal 21 Mei 1904. Sejak berikut persaingan sepak bola dunia diadakan dan makin disukai warga. Sebab perubahannya yang paling cepat itu pada akhirnya sepak bola sampai ke daerah Nusantara pada waktu itu.

Federation Internationale de Football Asociation (FIFA)

Federation Internationale de Football Asociation (FIFA) dibangun di tahun 1904 di Prancis. Federation Internationale de Football Asociation (FIFA) mempunyai jargon "FOR THE GAME, FOR THE WORLD". FIFA ialah tubuh internasional pengontrol sepak bola, FIFA mempromokan sepak bola, mengendalikan transfer pemain antar team, memberi gelar ke pemain sepak bola terhebat di dunia, dan mengeluarkan daftar rangking dunia FIFA tiap bulannya.

Federation Internationale de Football Asociation (FIFA) memberi satu code tiga huruf (Tigram FIFA) ke negara anggota dan negara non-anggota FIFA. Hingga saat ini ada 209 negara yang bergabung dalam FIFA. Basis Federation Internationale de Football Asociation (FIFA) berada di Zurich, Swiss. Persaingan paling penting yang diselenggarakan oleh FIFA yakni laga sepak bola semua dunia atau yang kerap kita sebutkan piala dunia.

Sejarah Sepak Bola di Indonesia

Penjajahan bangsa Indonesia memberi pengaruh banyak ke bangsa Indonesia. Salah satunya dampak yang dibawa waktu itu ialah masuknya sepak bola hingga masyrakat Indonesia mengenali sepak bola.

Sepak bola diperkenalkan oleh negara China untuk memperlihatkan superioritas mereka. Ini ditunjukkan dengan terciptanya perkumpulan UMS di Jakarta. Oleh karenanya, sepak bola Indonesia alami perkembangan yang cepat.

Perkembangan sepak bola Indonesia waktu itu mengakibatkan dibuatnya tubuh lindungan sepak bola Indonesia yang dinamakan selaku Persatuan Sepak bola Semua Indonesia (PSSI) pada 19 April 1930 di Yogyakarta. Kejadian ini berjalan saat sebelum Indonesia mengikut Piala Dunia tahun 1938.

Figur dibalik terciptanya PSSI yakni Soeratin Sosrosoegondo. Pada perubahan seterusnya, PSSI sudah memperlebar peluang dengan melangsungkan bermacam gelaran perlombaan sepak bola dalam negeri dengan dibuatnya Liga Super Indonesia dan beberapa perkumpulan sepak bola tiap kota di Indonesia.

Bukan hanya perlombaan sepak bola antar kota, PSSI membuat bermacam kejuaraan sepak bola dengan kelompok gender (persaingan sepak bola wanita) dan umur (U-15, U-17, U-19, U-21, dan U-23). Oleh karena itu pada akhirnya tim-tim sepak bola baru banyak muncul di Indonesia.

Aturan Permainan Sepak Bola

Ketentuan dalam permainan sepak bola disahkan oleh IFAB (International Football Association Board) yang terdiri dari 1 perwakilan Federasi Sepak Bola Skotlandia, Federasi Sepak Bola Wales, Federasi Sepak Bola Irlandia, The Football Association, dan empat wakil dari FIFA (Federation Internationale de Football Asociation).

1. Lapangan Sepak Bola

Lapangan yang dipakai dalam permainan sepak bola ialah lapangan yang berupa persegi panjang dengan rumput sintetis atau rumput alami. Panjang dari lapangan ialah 100-110 mtr. dan lebar 64-75 mtr.. Pada bagian ujung lapangan ada gawang berupa persegi empat dengan lebar 7,32 mtr. dan tinggi 2,44 mtr.. Pada bagian depan gawang ada tempat finalti dalam jarak 16,5 mtr. dari gawang. Tempat ini adalah batasan penjaga gawang bisa tangkap bola memakai tangan. Ada juga zone penggantian pemain yang ada disamping garis lapangan tengah.

2. Bola

Bola yang dipakai saat bermain sepak bola ialah yang berupa bundar dan mempunyai keliling bola 68-70 cm (27-28 inch). Bola yang dipakai dibuat dari karet atau karet sintetis (karet bikinan). Berat bola dari awalnya permainan 410-450 gr (14-16 ons) dan mempunyai desakan udara 0,60 -0,70 atmosfer. Bila bola waktu dipakai untuk bermain alami kerusakan, karena itu harus ditukar dengan bola cadangan dan ditempatkan pada status awalnya.


3. Pemain Sepak Bola

Dalam permainan sepak bola ada 11 orang pemain dan optimal 12 orang pemain pengganti. Kapten team ialah kedudukan seorang yang dipilih antara pemain yang bekerja pimpin dan mengoordinasi beberapa pemain supaya bermain secara team di lapangan. Berikut pemain dalam pemain sepak bola dan pekerjaannya yakni :

1. Penjaga Gawang atau Goal-Keeper

Kiper atau Goal-Keeper ialah salah satu pemain yang bisa memakai tangan untuk merintangi bola yang akan masuk ke gawang dari gempuran team musuh. Status yang perlu ditempati seorang kiper ialah orang yang memiliki badan tinggi dan besar.

2. Pemain Bertahan atau Back

Pekerjaan dari Back untuk jaga dan membuat perlindungan penjaga gawang saat kuasai bola, menahan gempuran musuh, dan memblok shooting dari pemain musuh. Status pemain bertahan atau back harus kuat, bugar, karyawan keras, dan bergerak cepat dalam memperhitungkan gerakan musuh.

3. Striker (Forward)

Striker ialah pemain yang terdekat tempatnya dengan gawang team musuh. Pekerjaan khusus striker ialah membuat gol. Ada 3 hal yang perlu dipunyai seorang pemain striker yakni tehnik, kecepatan, dan talenta. Striker atau forward dipisah jadi bagian-bagian sama status dan pekerjaannya, yaitu:
  • Striker tengah (Center-Forward).
  • Striker sayap (Wings-Forward).

4. Peralatan Permainan Sepak Bola

Kaos Dengan nomor atay Jersey

Pemakaian kaos dengan nomor telah difungsikan semenjak tahun 1954. Jersey harus dibuat dari bahan yang bisa meresap keringat waktu lakukan laga sepak bola. Warna dari jersey harus juga berlainan dari klub satu dengan klub yang lain. Sebab bila mempunyai warna yang serupa, waktu berlaga tidak bisa membandingkan mana rekan mana musuh.

Kaos Kaki

Kaos kaki adalah peralatan penting waktu lakukan laga sepak bola. Kaos kaki dipakai supaya terlepas dari cedera dan tempat untuk memakai perlindungan tulang kering atau disebutkan dengan Shinguards.

Celana Pendek

Bahan yang dipakai celana pendek dalam permainan sepak bola harus meresap keringat. Warna celana tiap klub harus sama, supaya terlepas dari salah mana rekan mana musuh.

Sarung Tangan

Sarung tangan cuman dipakai oleh pemain kiper atau penjaga gawang. Sarung tangan dibikin demikian rupa supaya mempermudah penjaga gawang waktu tangkap bola dan membuat perlindungan tangan dari kerasnya pukulan bola.

5. Wasit

Wasit adalah pengukuran waktu laga sah. Pekerjaan Dari wasit ialah :
  • Mengatur jalannya laga sepak bola
  • Pastikan bola yang digunakan dalam laga telah sesuai syarat yang dipastikan
  • Pastikan jika ke-2 team sudah komplet dengan 11 orang pemain
  • Pastikan jika ke-2 team menggunakan jersey dengan warna yang serupa dan komplet seluruh atribut untuk lakukan laga
  • Mengelola waktu dan menulis seluruh proses laga
  • Tunda, hentikan, dan akhiri laga jika dalam jalannya laga berlangsung masalah dari faksi luar
  • Tunda, hentikan, dan akhiri laga jika pemain dari salah satunya team alami cedera yang kronis
  • Tunda, hentikan, dan akhiri laga jika berlangsung pelanggaran dalam pentandingan sepak bola

6. Orang kepercayaan Wasit (Lines Man)

Seorang wasit ditolong oleh dua orang yang disebutkan dengan orang kepercayaan wasit, sebab seorang wasit saja tidak sanggup untuk mengatur 22 orang dari ke-2 team. Orang kepercayaan wasit atau yang umum disebutkan hakim garis bekerja bawa bendera dan mengisyaratkan bila berlangsung off side, bola keluar, atau sepakan pojok. Pemakaian 4 hakim garis pernah dicoba dalam piala dunia 2010, di mana 2 salah satunya ada di belakang gawang.

7. Waktu Laga

Waktu laga dalam permainan sepak bola ialah 2 x 45 menit dengan interval waktu istirahat 10 menit. Pada masalah di mana berlangsung pelanggaran sampai luka, penggantian pemain karena itu waktu laga bisa ditambahkan. Tetapi jika permainan sepanjang 2 x 45 menit, skor di antara ke-2 team sama atau seri maka dikerjakan tambahan waktu 2 x 15 menit. Apabila tambahan waktu 2 x 15 menit skor masih sama atau seri maka dikerjakan sepakan finalti.

8. Kick Off

Kick off atau umum kita sebutkan dengan sepakan pembuka. Kick off dikerjakan waktu :
  • Saat laga sepak bola diawali
  • Saat berlangsung gol
  • Saat set ke-2 laga diawali
  • Saat set waktu perpanjangan laga diawali

9. Bola Keluar (Out Ball)

Out Ball atau bola keluar berlangsung waktu bola melayang-layang atau menggelinding melalui garis lapangan atau garis gawang. Saat bola keluar karena itu yang umum dikerjakan ialah lakukan helaian di dalam. Tetapi waktu bola keluar melalui garis gawang karena itu yang akan dikerjakan ialah sepakan pojok. Jika ada pemain yang cedera, wasit memiliki hak untuk keluarkan bola dari lapangan laga sepak bola.

10. Ketentuan Gol

Penghitungan gol dikerjakan saat bola masuk ke jala dan melalui gawang dan tidak ada pemain yang pada kondisi offside, pelanggaran, maupun hands ball. Seluruh keputusan gol atau tidaknya dipastikan oleh wasit selaku pimpinan dalam laga sepak bola.

11. Offside dan Onside

Offside berlangsung jika salah satunya pemain mengoper bola ke pemain yang lain tapi ada sedikit dimuka back pertahanan team musuh. Tetapi kontradiksi dari onside adalah pemain mengoper bola ke pemain lain sedikit ada di belakang back pertahanan team musuh. Orang kepercayaan wasit ialah orang yang tentukan offside maupun onside dengan mengusung bendera keatas. Terkadang offside jadi pro-kontra sendiri di antara wasit dengan pemain, sebab kadang hakim garis bisa juga keliru dalam tentukan keadaan offside.

12. Lemparan Di dalam ( Throw in)

Lemparan di dalam dikerjakan waktu bola melalui garis lapangan. Pemain yang lakukan lemparan di dalam ialah team yang tidak keluarkan bola dari lapangan. Dalam lakukan lemparan, pemain tidak boleh untuk mengulur waktu dan mengusung kakinya.

13. Sepakan Gawang

Sepakan gawang berlangsung melalui garis gawang sebab pemain musuh. Kiper atau pemain pada sebuah team bisa lakukan sepakan gawang selama tidak melalui batasan garis kiper atau penjaga gawang.

14. Sepakan Pojok (Corner Kick)

Sepakan pojok dikerjakan sebab bola keluar melalui garis gawang yang berasal dari pemain back dan sepakan akan dikerjakan oleh pemain musuh. Letak sepakan pojok sesuai keluarnya bola disamping kiri atau kanan gawang.

15. Ketentuan Penggantian Pemain

Ketentuan dalam FIFA mengatakan jika penggantian pemain cuman sekitar 3x saja. Tetapi waktu lakukan laga pertemanan penggantian pemain bisa dikerjakan sampai 7 kali.

16. Pelanggaran dan Hukumannya

Pelanggaran dapat muncul karena berlangsung tackle yang begitu keras, hands ball, menggerakkan musuh main, memikat pakaian musuh, mengusik gerakan kiper, dan lain-lain. Pelanggaran jenis ini bisa dikenai kartu kuning. Tetapi jika pemain lakukan pelanggaran sampai memperoleh kartu kuning 2x karena itu automatis pemain mendapatkan kartu merah dan harus keluar dari laga. Kecuali mendapatkan kartu kuning sekitar 2x, jika anda lakukan pelanggaran keras atau angkuh anda bisa memperoleh kartu merah. Pemain yang mendapatkan kartu kuning sekitar 3x jadi tidak dibolehkan mengikut laga selanjutnya di persaingan yang serupa.

17. Sepakan Bebas (Free Kick)

Sepakan bebas muncul karena satu pelanggaran yang keras. Ada dua tipe sepakan bebas, yakni :
  • Sepakan Bebas Langsung ialah sepakan bebas yang dikerjakan dengan menyepak bola langsung ke arah gawang.
  • Sepakan Bebas Tidak Langsung ialah sepakan bebas yang dikerjakan menyepak bola atau mengoper ke rekan satu team lebih dulu.

18. Sepakan Finalti

Sepakan finalti dikerjakan waktu pemain dari team musuh lakukan pelanggaran dalam kotak finalti, entahlah hands ball, jatuhkan pemain musuh dengan menyengaja dan pelanggaran yang lain. Salah seorang pemain akan dipilih untuk menyelesaikan bola ke arah gawang. Sepakan dikerjakan pada jarak 16,5 mtr. dari gawang.

Begitu keterangan berkaitan sejarah sepak bola baik di dunia internasional atau sejarah sepak bola di Indonesia. Mudah-mudahan berguna!

Thanks to :
Business vector created by pikisuperstar - www.freepik.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Random