fgVbA8pS2mAvH6shJUAkVSH4ZBAYg0maapkaFIUm

9 CARA JAGO MENULIS DENGAN BAIK DAN BENAR

    9 CARA JAGO MENULIS DENGAN BAIK DAN BENAR

    9 CARA JAGO MENULIS DENGAN BAIK DAN BENAR

    Menulis adalah cara dalam memberikan gagasan, opini, ide atau anjuran berbentuk serangkaian kalimat dan kata. Menulis ialah proses produksi untuk hasilkan sebuah kreasi yang mengambil sumber dari pemikiran. Pasti tidak dapat asal-asalan menulis bila kita inginkan hasil tulisan yang berkualitas. Ada beberapa tehnik menulis yang penting terkuasai untuk bikin tulisan yang pantas dibaca oleh seseorang. Berikut beberapa tehnik menulis yang dapat dilaksanakan :

    1. Tipe tulisan

    Dalam menulis kita harus tentukan dahulu tipe tulisan apa yang akan dibikin. Apa tulisan ini berbentuk pendapat, pengutaraan bukti, atau untuk sekedar selingan saja. Tipe tulisan akan memengaruhi beberapa tahapan menulis selanjutnya dan pesan yang dikandung dalam tulisan nantinya. Tipe tulisan untuk dewasa pasti berlainan penyelesaiannya dengan tulisan untuk beberapa anak.

    2. Alasan pembaca

    Mencari bahan tulisan yang fresh ataukah belum pernah dibaca oleh pembca supaya tulisan kita jadi sebuah info yang bermanfaat untuk mereka.

    3. Tujuan khalayak

    Tulisan yang kita bikin harus disamakan dengan khalayak yang mana akan membacanya. Disamping itu tujuan khalayak makin lebih menolong dalam kelancaran tulisan yang kita bangun karena kita ketahui tentu target info tujuan.

    4. Tetapkan topik dan gagasan tulisan

    Topik ialah dasar pemikiran sebagai dasar dari tulisan kita, sedang gagasan ialah materi yang akan diulas secara dalam di tulisan kita. Topik dan gagasan dapat diperoleh dari penelitian atau pengamatan yang dilaksanakan dan pengembangannya pasti dengan info yang didapatkan dari riest atau pengamatan itu.

    5. Peningkatan gagasan

    Pada step ini ketrampilan dalam berbahasa benar-benar dibutuhkan. Untuk bikin tulisan yang bagus karena itu gagasan yang ditingkatkan harus dengan kalimat yang bisa dipahami oleh pembaca.

    6. Elemen tulisan

    Kecuali kata/kalimat yang bagus, elemen tulisan lain penting diingat. Misalkan mengenai keefektifan kalimat, kalimat yang efisien tidak cuma dengan kalimat yang bagus tetapi juga sanggup sampaikan pesan tulisan dengan pas ke pembaca.

    7. Style tulisan

    Ini adalah tanda pengenal penulis ke pembca. Tiap penulis umumnya memiliki style masing-masing serta ini yang akan jadikan mereka terlihat berlainan walau sama profesinya penulis.

    8. Ejaan Yang Disamakan

    Tulisan yang bagus sebaiknya yang dapat dipahami oleh pembacanya, baik dari rangkaian kaca, pemakaian tanda baca, sisipan dan awalan, dan kalimat yang baku.

    9. Lakukan penyuntingan

    Sesudah usai membuat tulisan karena itu ini waktunya untuk mengubah tulisan kita. Ini dilaksanakan untuk menghindar ada ejaan atau kata yang keliru, kalimat yang problematis atau arti tulisan yang begeser.

    Related Posts
    Rifqi Fauzan Sholeh
    Hanya Menulis

    Related Posts

    Posting Komentar