Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MENULIS DAFTAR PUSTAKA DARI JURNAL TERBARU

Hai.. jika kalian masuk ke artikel ini tentunya kalian sedang mencari tahu bagaimana cara menulis daftar pustaka dari jurnal bukan? Cara yang baik dan benar akan coba rifqi paparkan diartikel ini.

Sebelum memulai ke pembahasan mengenai cara menulis daftar pustaka dari jurnal, terlebih dahulu kalian harus mengetahui pengertian daftar pustaka, tujuan dituliskannya daftar pustaka, fungsi daftar pustaka, prinsip penulisan daftar pustaka dan yang terakhir cara menulis daftar pustaka dari jurnal.

Rifqi akan coba paparkan juga pengetahuan lainnya seperti contoh daftar pustaka dari buku, disertasi, tesis, skripsi, jurnal, laporan, koran dan majalah.


PENGERTIAN DAFTAR PUSTAKA

Daftar pustaka merupakan tulisan yang berada dihalaman paling akhir, biasanya daftar pustaka terletak setelah penutupan. Daftar pustaka ditulis sebagai bentuk kejujuran penulis dengan mencantumkan referensi atau sumber-sumber yang dijadikan kutipan oleh sang penulis.

Secara umum daftar pustaka biasanya dituliskan dengan mencantumkan nama penulis, tahun terbit, judul tulisan dan identitas penerbit. Dan disusun secara berurutan kebawah dari A – Z.


FUNGSI DAFTAR PUSTAKA

Setelah Rifqi hitung, setidaknya ada empat point yang menjadi fungsi utama dari daftar pustaka, Pertama, menjadikan hasil karya tulisan kita menjadi valid karena disusun berdasarkan sumber-sumber yang sesuai dengan isi yang dituliskan; Kedua, memperlihatkan kualitas etik sang penulis dengan cara penulis memberikan apresiasi terhadap ide dan gagasan karya hasil orang lain. Ketiga, karya sang penulis akan terbebas dari plagiasi. Keempat, dapat terpenuhinya syarat utama dalam penyusunan karya tulis ilmiah.


TUJUAN DAFTAR PUSTAKA

Tujuan daftar pustaka yang akan coba rifqi sampaikan yaitu Pertama, memberikan kemudahan kepada pembaca untuk dapat mengetahui dari mana referensi karya tulis kalian dibuat. Kedua, memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk dapat mengembangkan karya tulis yang kalian buat. Ketiga, memberikan informasi kepada pembaca referensi apa saja yang kalian ambil.


PRINSIP MENULIS DAFTAR PUSTAKA

Prinsip penulisan daftar pustaka banyak sekali bentuknya, prinsip-prinsip yang diterapkan disesuaikan kembali kepada peraturan yang ditetapkan oleh lembaga pendidikan masing-masing. Rifqi akan coba mepaparkan prinsip umum penulisan daftar pustaka seperti berikut ini:

Pertama, nama lengkap dituliskan secara terbalik nama akhir dikedepankan dan nama depan dikebelakangkan.

Kedua, gelar yang ada tidak dimasukan kedalam penulisan nama

Ketiga, jika referensi yang diambil ditulis oleh lebih dari satu orang maka pisahkan nama yang satu dengan yang lainnya dengan koma

Keempat, judul buku ditulis dengan bentuk tulisan miring, namun untuk judul artikel tetap tegak

Kelima, setiap awal kata dari judul buku harus huruf besar

Keenam, referensi yang ditulis disusun dari A-Z

Ketujuh, antara referensi yang satu dengan referensi yang lainnya diberikan jarak spasi 1,5 – 2


CARA MENULIS DAFTAR PUSTAKA DARI JURNAL

cara menulis daftar pustaka dari jurnal

Format penulisan daftar pustaka bergantung kepada jenis sumber referensi yang diambil seperti dari buku, makalah, skripsi, tesis, disertasi, jurnal, koran atau majalah dan website.

Dari masing-masing itu ada perbedaan cara penulisan, dan kali ini hanya bisa dibahas cara menulis daftar pustaka dari jurnal.

Cara menulis daftar pustaka dari jenis lainnya akan dibahas dipertemuan selanjutnya.

4 komentar untuk "CARA MENULIS DAFTAR PUSTAKA DARI JURNAL TERBARU"

  1. Mantap, informasinya sangat membantu kang

    BalasHapus
  2. wahh, blog penting ini bagi para akademisi..

    mantap bang,
    ehh, sepertinya template kita sama. hehe

    BalasHapus

IKLAN