Pendidikan-Pancasila : Kompetensi, Tujuan dan Permasalahannya

pendidikan pancasila

Pendidikan Pancasila - kali ini saya mau bahas tentang pentingnya belajar Pancasila. Di era globalisasi saat ini komunikasi dan teknologi berkembang pesat khususnya Media elektronik yang dapat mempengaruhi sikap dan juga tindakan generasi muda.

Pengaruh kehidupan digital tidak selamanya positif ada juga pengaruh yang negatif pengaruh negatif bagi generasi muda biasanya mengarah pada penyimpangan sosial.

Sebagai sumber nilai dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara bagi bangsa Indonesia, Pendidikan Pancasila menjadi pengetahuan yang penting bagi generasi muda.

Berikut Pentingnya Pendidikan Pancasila

Mempelajari Pancasila menurut Profesor Aceh Sugito dalam bukunya Pendidikan Pancasila adalah bagian dari pembentukan karakter bangsa yang mencerminkan jati diri Indonesia yang multikultural.

Oleh sebab itu Pancasila dipandang sebagai sistem pengetahuan sekaligus ideologi yang harus diinternalisasi bagi setiap Warga Negara Indonesia.

Penyelenggaraan pendidikan Pancasila sebagai mata kuliah di perguruan tinggi ditegaskan dalam surat edaran direktur jenderal pendidikan tinggi Nomor 914 /e/t/2011 tertanggal 30 Jun 2011.

Kompetensi Pendidikan Pancasila

Kompetensi yang harus dicapai mata kuliah pendidikan Pancasila adalah menguasai kemampuan berpikir bersikap rasional dan dinamis serta berpandangan luas sebagai manusia intelektual.

Tujuan Pendidikan Pancasila

Pendidikan Pancasila sebagai bagian dari pendidikan nasional mempunyai tujuan:

  1. Mempersiapkan mahasiswa sebagai calon sarjana yang berkualitas berdedikasi tinggi dan bermartabat agar menjadi pribadi yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Sehat jasmani dan rohani.
  3. Berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur
  4. Memiliki kepribadian yang mantap mandiri dan bertanggung jawab.
  5. Sesuai hati nurani mampu mengikuti perkembangan Iptek dan seni.
  6. Mampu ikut mewujudkan kehidupan yang cerdas dan kerja keras bagi bangsanya

Pendidikan Pancasila tidak hanya merupakan sebuah teori yang dipelajari dari tingkat Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi saja, melainkan diperlukan pengamalannya ada kehidupan sehari-hari.

Permasalahan Penyelenggaraan

Beberapa masalah yang hendak diselesaikan terkait penyelenggaraan pendidikan Pancasila adalah kasus SARA yang merajalela, korupsi, penegakan hukum yang lemah dan pengelolaan sumber daya yang buruk.

Setiap warga negara perlu memahami Pancasila untuk mampu memahami menganalisis dan mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Setiap individu dapat berpartisipasi dalam upaya pencegahan dan menghentikan berbagai tindak kekerasan dengan cara cerdas dan damai.

Menjadi warga negara yang berpandangan benar terhadap nilai demokrasi dan berpikir kritis terhadap persoalan kenegaraan dan demokrasi.

Pancasila merupakan hasil dari buah pemikiran bangsa atau dapat disebut dengan ideologi bangsa.

Dapat dikatakan juga bahwa pancasila sebagai pandangan hidup karena Pancasila merupakan suatu ide yang menjadi cita-cita suatu bangsa.

Pancasila memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika semboyan tersebut tidak dapat dipisahkan dari bangsa Indonesia yang mempunyai latar belakang yang berbeda-beda.

Dalam kitab Empu Tantular Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Marwa menunjukkan bahwa, pancasila adalah alat pemersatu negara Indonesia ini.

Makna dan Nilai Penting Pancasila

Pancasila memiliki lima butir yang harus diteladani setiap butir memiliki makna serta nilai penting yang harus diamalkan bagi seluruh warga.

Ketuhanan yang Maha Esa

Ketuhanan yang Maha Esa

Selain ini dikatakan sebagai nilai Pancasila yang tertinggi karena menyangkut nilai yang bersifat mutlak.

Karena suatu perbuatan tidak dapat dikatakan baik jika bertentangan dengan nilai ketuhanan dan kaidah hukum.

Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Sila ini mempunyai arti bahwa manusia harus diakui dan diperlakukan sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan yang maha esa.

Sama derajatnya tidak membeda-bedakan dengan yang lain atau disebut tidak ada diskriminasi antar umat.

Persatuan Indonesia

Sila ini mempunyai arti bahwa suatu perbuatan dikatakan baik apabila dapat memperkuat persatuan dan kesatuan antar umat.

Dalam sila Persatuan ini bangsa Indonesia harus dapat memahami keanekaragaman bangsa baik dari budaya suku bahasa ras serta agama.

Arti dari Persatuan merupakan satu yang berarti bulat tidak terpecah kalau diera sekarang bisa dikatakan sebagai nasionalisme.

Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Keadilan

Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Keadilan

Sila ini mempunyai arti bahwa negara Indonesia disebut sebagai negara demokrasi.

Harapannya untuk mencapai suatu makna yang akurat serta memiliki nilai filosofis yang dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Dalam sila ini juga dijadikan suatu acuan setiap langkah pemerintah dalam menjalankan setiap tindakannya.

Keadilan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Keadilan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia 

Bahwa setiap warga negara harus memperoleh hak hidup secara adil dari jaminan untuk sejahtera dan kesetaraan.

Makna serta nilai Pancasila masih belum diimplementasikan secara baik, karena Pancasila hanya dipandang sebagai simbol saja.

Tanpa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari baik dalam kehidupan kenegaraan maupun kehidupan masyarakat.

Dalam kehidupan bermasyarakat khususnya pada generasi muda di era globalisasi.

Masih terpengaruh dengan nilai-nilai budaya luar demikian mereka mengikutinya.

Sehingga banyak berperilaku tidak sesuai dengan nilai-nilai yang ada dalam Pancasila.

Penurunan nilai nasionalisme generasi muda saat ini, ditandai dengan mulai berkembangnya faham keagamaan yang tidak memandangi nilai nasionalisme bangsa Indonesia.

Faham ini juga menolak demokrasi pemerintahan yang baik dan akhirnya tidak memandang Pancasila sebagai sebuah ideologi yang penting bagi Indonesia.

Faham ini bukan hanya berkembang di masyarakat saja melainkan juga berkembang dikalangan generasi muda penerus bangsa.

Kurangnya menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan jalur formal maupun nonformal.

Termasuk nilai nasionalisme kepada bangsa Indonesia, khususnya para generasi muda.

Melalui kegiatan pendidikan pancasila diharapkan setiap mahasiswa menyerap nilai-nilai moral Pancasila.

Diharapkan nilai-nilai moral Pancasila diarahkan berjalan secara manusiawi dan alamiah tidak saja lewat pengalaman secara pribadi.

Nilai moral Pancasila tidak dapat sekedar dipahami melainkan untuk dihayati dan diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Oleh karena itu penyerapan nilai-nilai moral Pancasila bukan lewat proses doktrinasi.

Dapat diperkirakan apa yang terjadi ketika sebagian mahasiswa bergabung dengan masyarakat yang tidak dibekali ajaran-ajaran moral Pancasila.

Kesimpulan

Melihat kenyataan ini pendidikan Pancasila memiliki peranan penting di dunia pendidikan terutama ditingkat perguruan tinggi karena awal dan lanjutan dari proses pembentukan karakter manusia ini dimulai jadi pendidikan pencasila.

Kadangkala nilai-nilai luhur yang ada dalam Pancasila yang merupakan penjelmaan dari seluruh bangsa Indonesia tidak dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tetapi diabaikan sehingga akibat dari itu nilai-nilai Luhur tersebut dengar sendirinya akan hilang, seperti yang terkandung dalam sila ke-4 terkandung nilai dalam menyelesaikan permasalahan diutamakan dengan musyawarah, hal ini sesuai dengan kebutuhan mahasiswa yang dituntut untuk aktif dalam organisasi baik tingkat universitas maupun organisasi tingkat nasional bahkan organisasi tingkat internasional.

Selain itu Mahasiswa juga perlu menanamkan nilai persatuan Indonesia karena kehidupan kampus yang majemuk terdiri atas mahasiswa dari berbagai daerah.

Sikap toleransi yang tinggi sangat dibutuhkan untuk stabilisasi sosial di masyarakat, sudah tahukan kau belajar Pancasila itu wajib hukumnya buat kita.

Mengutip Profesor Haryono dalam bukunya "Ideologi Pancasila Roh Progresif Bangsa Indonesia" melalui Pancasila itu seperti leadstar atau bintang penuntun bagi bangsa Indonesia.

Itu sebabnya setiap warga negara harus memahami dan mempraktikkan moral Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, supaya Indonesia tetap terjaga dan utuh sebagai bangsa tanpa diskriminasi dan intoleransi salam Pancasila.

Saya rasa sekian pembahasan kali ini mengenai pendidikan pancasila ini silahkan share jika kalian rasa artikel ini bermanfaat, dan kalau ada yang ingin ditanyakan atau berpendapat silahkan berkomentar saja.

Next Post Previous Post
14 Comments
  • Deeva Collection
    Deeva Collection 6 September 2021 21.15

    Senang ada hal seperti ini karena ada penguatan terhadap pengembangan dan penumbuhan jiwa nasionalisme.

  • Katerina
    Katerina 7 September 2021 05.30

    Pendidikan Pancasila memiliki peranan penting di dunia pendidikan terutama di tingkat Perguruan Tinggi karena awal dan lanjutan dari proses pembentukan karakter manusia.
    Jangan sampai Pancasila hanya sekedar teori kerena yang paling penting Pancasila dapat diimplementasikan pada tindakan sehari-hari.

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 7 September 2021 15.09

    Pendidikan Pancasila memang bagus semenjak dini di tanamkan, terlebih di bangku sekolah ya

  • Diaz Bela
    Diaz Bela 7 September 2021 16.37

    Wah setuju sekai, Ideologi Pancasila adalah Roh Progresif Bangsa Indonesia. Dengan mengamalkan Pancasila kiranya kita bisa membangun negara ini sesuai dengan tujuan dan cita2 para pendiri kemerdekaan terdahulu.

  • sri wahyuni
    sri wahyuni 7 September 2021 16.38

    Benar juga ya. Nilai-nilai luhur dalam Pancasila sering kali diabaikan. Kalau sudah ditanamkan mulai masa pendidikan mungkin jadi lebih baik lagi kedepannya.

  • Hamimeha
    Hamimeha 7 September 2021 17.54

    Wahbmantul nih artikel serasa baca wawadan kebangsaan. Aku sendiri sepakat jika nilai2 nasionalisme dan pendidikan dalam tingkat sekolah maupun kuliah tetap ada . Aku dulu semasa kuliah inget betul memang ada sih mku matakuliah umum ttg kewarganegaraan.

  • Antung apriana
    Antung apriana 7 September 2021 18.27

    sekarang kalau di sekolah masih ada nggak sih pelajaran Pancasila atau PPKN? Jadi penasaran. Hehe. Kalau dulu malah ada P4-nya segala buat pelajaran pancasila

  • Cicajoli
    Cicajoli 7 September 2021 18.33

    jadi ingat awal semester di fakultas hukum, matkul nya ada pancasila. Udah di kasih landasan banget bahwa pancasila sebagai pandangan hidup bangsa

  • rizkyrautra
    rizkyrautra 7 September 2021 19.48

    Lengkap banget ini ulasannya, semoga bisa jadi pencerahan buat yang lagi belajar atau sekedar mencari informasi..

  • Ning!
    Ning! 7 September 2021 20.31

    Baca ini seperti diingatkan kembali apa arti Pancasila. Udah terlalu lama gak baca konten semacam ini. Thanks for sharing :)

  • Arif Abdurahman
    Arif Abdurahman 7 September 2021 20.40

    Padahal kemarin teteh yg ASN di pemkot minta bikinin video Wawasan Kebangsaan, bisa nih langsung copas dari sini.

  • Ika Puspita
    Ika Puspita 7 September 2021 21.15

    Dulu sewaktu duduk di bangku SD, pendidikan Pancasila namanya PMP (pendidikan Moral Pancasila) dan dari waktu ke waktu namanya berubah jadi Pendidikan Kewarganegaraan dan Pendidikan Pancasila. Sepertinya, saat ini pendidikan Pancasila mulai susah diterapkan di kehidupan sehari-hari ya

  • Mero
    Mero 7 September 2021 21.55

    Nilai-nilai dalam pancasila sangat hakiki menurut saya, mencakup kebutuhan fundamental bangsa ini mulai bertuhan hingga bersosialisasi. Tapi yang terpenting di sini adalah pengamalannya.

  • Pak Endek
    Pak Endek 8 September 2021 06.58

    saya tidak akan komen tentang artikel nya... tapi saya mau bilang templatnya bagus beli dimana?

Add Comment
comment url