MENGAMBIL KULIAH DOUBLE DEGREE? ANDA HARUS LAKUKAN TIPS-TIPS BERIKUT INI

MENGAMBIL KULIAH DOUBLE DEGREE? ANDA HARUS LAKUKAN TIPS-TIPS BERIKUT INI

Mengambil Kuliah Double Degree? Anda Harus Lakukan Tips-Tips Berikut Ini

Mengambil Kuliah Double Degree? Rifqi sarankan Anda Harus Lakukan Tips-Tips Berikut Ini - Kuliah double degree merupakan kuliah di mana Anda menjalankan perkuliahan di dua kampus sekaligus. Kuliah double degree ini lumayan menguras tenaga, waktu, pikiran, dan uang.

Akan tetapi, jika Anda menjalani kuliah duoble degree Anda akan mendapatkan dua gelar sekaligus dalam satu waktu. Berikut ini ada beberapa tips yang harus Anda lakukan jika ingin mengambil program kuliah double degree.

1. Luruskan Niat Anda

Menjalani perkuliahan double degree tentunya akan lebih sulit dari perkuliahan biasa. Karena di sini Anda akan mempelajari dua bidang studi sekaligus dan pasti akan menguras banyak tenaga dan pikiran Anda.

Jadi, luruskan dulu niat Anda. Tentukan apa tujuan Anda mengambil kuliah double degree ini, apa motivasi Anda, dan lain sebagainya agar Anda dapat menyelesaikan perkuliahan Anda dengan baik. 

2. Belajar Bahasa Inggris

Kemampuan berbahasa Inggris juga sangat harus dimiliki oleh Anda yang ingin mengambil kuliah double degree. Karena nantinya Anda akan menggunakan bahasa Inggris dalam perkuliahan Anda dan kemampuan bahasa Inggris Anda nantinya dibuktikan dengan melampirkan sertifikat TOEFL dan IELTS.

3. Lengkapi Persyaratan Pendaftaran Anda

Anda juga harus melengkapi persyaratan pendaftaran Anda karena butuh waktu yang relatif lama dalam menyiapkannya. Anda harus menyiapkan persyaratan seperti curriculum vitae, surat rekomendasi, surat motivasi, sertifikat TOEFL/IELTS, paspor, visa, dan lain sebagainya.

4. Mencari Beasiswa

Karena kuliah double degree ini membutuhkan banyak dana, Anda sebaiknya mencari beasiswa yang relevan. Namun jika Anda memang memiliki dana yang cukup, Anda tidak perlu khawatir tentang biaya kuliah yang mungkin cukup mahal. 

Kalaupun Anda tidak bisa mendapatkan beasiswa, Anda bisa mengajukan proposal bantuan dana ke rektorat, kopertis, atau DIKTI untuk bantuan kuliah double degree.

5. Mempelajari Kebiasaan dan Menyesuaikan

Anda tentunya harus mempelajari kebiasaan orang-orang di tempat Anda kuliah dan menyesuaikan diri. Anda harus pandai bergaul dengan orang-orang di perkuliahan Anda dan rajin-rajin bertanya pada dosen atau teman-teman kelompok jika ada pembelajaran yang kurang dimengerti.

Nah jadi itulah, tips-tips dari Rifqi yang harus Anda lakukan jika Anda ingin mengambil program kuliah double degree. Tidak ada yang sulit jika Anda berusaha dan bersungguh-sungguh dalam menjalaninya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Random