fgVbA8pS2mAvH6shJUAkVSH4ZBAYg0maapkaFIUm

CARA MEMBUAT ARTIKEL BAGI PEMULA

    cara membuat artikel bagi pemula

    Cara Membuat Artikel Bagi Pemula - Artikel merupakan karya tulis yang faktual yang ditulis dengan tujuan tertentu berdasarkan data yang ada. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat artikel bagi pemula:

    1. Memilih Topik 

    Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan topik atau tema. Ada dua tema dalam artikel yaitu tema utama dan tema turunan. Misalnya tema utama tentang pendidikan, tema turunannya yaitu pendidikan pada masa pandemi. Hal ini agar artikel yang Anda buat lebih spesifik.

    2. Menentukan Angle atau Sudut Pandang

    Angle atau sudut pandang dalam membuat artikel ini membuat artikel Anda berbeda dengan artikel yang ditulis orang lain. 

    Maksud angle di sini adalah artikel yang Anda buat merupakan pemikiran Anda sendiri terhadap topik yang sudah ditentukan di awal.

    3. Mempelajari Referensi

    Sebelum Anda membuat artikel, Anda harus mempelajari referensi tentang topik artikel yang akan Anda buat. Referensi artikel ini bisa Anda cari di buku, website, jurnal, atau berita. Referensi ini gunanya supaya Anda paham dengan topik yang akan dibahas dalam artikel Anda. Dan jangan sekali-kali Anda melakukan plagiat.

    4. Mengumpulkan Data Sebagai Pendukung

    Setelah mempelajari referensi, Anda juga harus mencari data-data yang bisa mendukung kebenaran artikel Anda. Anda dapat mencari data-data yang berkaitan dengan topik di internet dan usahakan carilah data yang akurat dan terpercaya.

    5. Mengolah Tulisan Anda

    Setelah Anda melakukan langkah-langkah membuat artikel di atas, terakhir dan yang paling penting adalah bagaimana Anda mengolah tulisan artikel Anda. Tulisan yang Anda buat hendaknya memiliki gaya penulisan yang khas dan dapat dibaca dengan jelas. Selanjutnya, Anda harus memperbanyak kosa kata agar kalimat demi kalimat yang Anda susun tidak monoton. 

    Nah, itulah cara membuat artikel yang baik dan benar bagi pemula menurut Rifqi. Awalnya mungkin terlihat sulit. Tapi jika Anda sudah terbiasa menulis artikel maka akan terasa mudah dan menyenangkan. Yang penting Anda harus sering-sering berlatih supaya skill menulis Anda semakin meningkat.

    Untuk Foto Terima Kasih Kepada Glenn Carstens-Peters

    Related Posts
    Rifqi Fauzan Sholeh
    Hanya Menulis

    Related Posts

    Posting Komentar