fgVbA8pS2mAvH6shJUAkVSH4ZBAYg0maapkaFIUm

CARA MENGAJARKAN ANAK MEMBACA SEJAK USIA DINI

    cara mengajarkan anak membaca

    Setiap orang tua pasti ingin anaknya tumbuh menjadi anak yang pintar dan cerdas, dimana solusi pertama yang sering sekali dilakukan adalah menjadikan anak sebagai generasi yang pandai membaca dan cinta buku. Adapun cara mengajarkan pada anak membaca tersebut bisa dilakukan sejak usia dini, tergantung kepada materi yang dipilih dan diajarkan oleh orang tua itu sendiri. 

    Berikut ini cara untuk bisa mengajarkan anak membaca sejak dimasa usia dini, adalah sebagai berikut :

    Membacakan Buku Untuk Anak Dengan Rutin 

    Cara mengajarkan anak membaca yang pertama sejak usia dini adalah senantiasa rajin bagi seorang ibu dalam membacakan buku tersebut kepada anak secar rutin. Dimana, ini bisa dilakukan oleh orang tua ketika dalam kondisi situasi jiwa yang tenang. Sehingga, ini akan membuat anak yang dibacakan buku tersebut, lambat laun menjadi tertarik dengan buku dan mencoba untuk bertahap-tahap belajar membaca dengan perlahan melalui pengenalan huruf. 

    Memperkenalkan Huruf-Huruf Kepada Anak 

    Berikutnya, cara kedua yang bisa dilakukan oleh orang tua adalah memperkenalkan huruf-huruf kecil kepada anak, agar anak tersebtu bisa mengenal bentuk huruf yang ada, dan ini bisa membantu anak dalam latihan belajar menulis nantinya sehinga tidak bingung lagi dalam mengenal bentuk hurup besar ataupun kecil Memperkenalkan huruf juga penting dilakukan agar anak tidak asing dengan isi yang terdapat didalam buku bacaan yang sedang dibaca. 

    Mengajarkan Membaca Dengan Sabar 

    Cara mengajarkan anak membaca sejak usia dini selanjutnya adalah ajarkan anak belajr membaa dengan sabar serta penuh kasih sayang. Dimana, pengajaran yang dilakukan dengan pelan-pelan dan perlahan, akan membuat anak jadi tertarik dan enjoy serta tidak merasa tertekan. Kemujian berikan pujian kepada anak, apabila anak berhasil merangkai huruf-huruf yang terdapat di bacaan tersebut. Ini akan memicu anak jadi lebih semangat dan berhasil membaca. 

    Membantu Anak Membaca Per Suku Kata 

    Terakhir, cara yang harus dilakukan orang tua dalam mengajarkan membaca pada anak adalah, cobalah untuk membantu anak membaca buku tersebut secara per suku kata, sehingga ini akan memudahkan anak menjadi paham dan mengerti dari maksud yang dibacakan tersebut, dan mudah dalam meningat. Adapun, orang tua bisa memilihnya melalui buku-buku yang dijual di pasaran, atau dengan membuat susunan kata sendiri. 

    Demikianlah informasi akurat dan terpercaya dari Rifqi mengenai hal-hal yang berketerkaitan dengan cara mengajarkan anak membaca di usia dini. Dimana, beberapa diantara cara-cara tersebut bisa di implementasikan di dalam kehidupan sehari-hari dan dicoba di rumah. Yang terpenting, dalam memulai semua tersebut harus disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki agar anak dapat menjadi pribadi yang sukses dan berhasil di masa depan. Selamat mencoba!

    Photo by Jonathan Borba

    Related Posts
    Rifqi Fauzan Sholeh
    Hanya Menulis

    Related Posts

    Posting Komentar