Kuliah Jurusan Farmasi ini dia Prospek Pekerjaan yang akan didapat

Kuliah Jurusan Farmasi ini dia Prospek Pekerjaan yang akan didapat

Tiap tahun, farmasi menjadi satu diantara jurusan paling populer di kelompok calon mahasiswa yang ikuti penyeleksian masuk perguruan tinggi.

Jurusan Farmasi ialah program studi yang ada di bawah payung pengetahuan klinis. Pada intinya, farmasi sebagai kombinasi di antara pengetahuan kesehatan dan pengetahuan kimia. Selainnya pengetahuan berkenaan kesehatan dan beberapa obat, kamu akan belajar mengenai management dan marketing untuk obat.

Dikutip dari Ruangguru, di jurusan ini kamu akan belajar menambah, mengolah, mengombinasi, menganalisa, atau membuat obat yang penuhi standard kualitas dan kelaikan.

Tidak cuman mengolah, kamu harus juga ketahui bagaimana pemakaian beberapa obat itu secara aman. Disamping itu, diperlukan kemampuan analitis yang bagus supaya kamu bisa mengetahui beberapa bahan yang kurang lebih menjadi obat manusia dengan efek seminimal mungkin.

Mata Kuliah yang didalami di jurusan farmasi

Banyak orang berpikiran jika jurusan Farmasi cuman akan belajar mengenai pengetahuan berkenaan obat-obat. Ada banyak produk di pasar yang memerlukan ketrampilan farmasi, seperti kosmetik, makanan, minuman, sampai suplemen.

Oleh karena itu, pengetahuan yang hendak kamu dalami juga benar-benar luas. Kamu bukan hanya akan belajar mengenai beberapa obat, tapi juga pengetahuan yang diperlukan untuk membikin produk farmasi lain di zaman kekinian.

Di jurusan Farmasi kamu akan pelajari banyak materi lintasi pengetahuan seperti pengetahuan kedokteran, anatomi-histologi dan faal. Kamu akan pelajari beberapa pengetahuan psikologi, atau bahkan juga menyentuh agrikultur bila kamu tertarik pelajari tanaman obat.

Selainnya pelajari pengetahuan berkenaan beberapa obat, kamu akan pelajari beragam pengetahuan yang terkait dengan hitung-hitungan sampai pengetahuan yang memerlukan logika yang bagus.

Sehubungan jurusan Farmasi mempunyai ilmu dan pengetahuan yang paling luas, karena itu sebaiknya kamu cari tahu lebih dulu mata kuliah apa yang hendak ditemui.

Metode pembelajaran

Mahasiswa dari jurusan ini diharap bukan hanya kuasai hanya teorinya saja, tetapi harus juga mempunyai ketrampilan khusus. Tidaklah aneh, kamu akan diikutsertakan dalam beragam praktikum. Beberapa waktumu akan dihabiskan dengan melakukan eksperimen di laboratorium.

Kamu bukan hanya lakukan praktikum biasa, tetapi usaha hasilkan formulasi obat yang hendak berguna untuk kehidupan manusia.

Prospek kerja jurusan farmasi

Alumnus S1 Farmasi tidak langsung bisa jadi apoteker. Menjadi apoteker, kamu harus ambil program karier apoteker sepanjang setahun (dua semester) dan mengucapkan sumpah apoteker.

Selainnya apoteker, kesempatan profesi dari alumnus Farmasi juga luas. Tugas di bagian Farmasi akan semakin berkembang karena penyakit turut berkembang dan memerlukan pengatasan yang akurat.

Kamu dapat bekerja di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Departemen Kesehatan, apotek, perusahaan farmasi, rumah sakit, sampai industri beberapa obat.

Tidak itu saja, banyak pula produk yang termasuk sebagai produk farmasi, yakni pelengkap makanan dan kosmetik. Kamu bisa juga bekerja sebagai konsultan kecantikan yang berkaitan lewat produk kecantikan atau terapi kecantikan. Kamu dapat meniti karier sebagai peracik dan pengembang beberapa obat, konsultan, dan management mutu.

Perguruan tinggi yang Memiliki Jurusan Farmasi

Kurang lebih, berikut perguruan tinggi Indonesia yang menyediakan jurusan Farmasi? berikut beberapa dengan jurusan Farmasi terakreditasi A.

  • Universitas Indonesia
  • Institut Teknologi Bandung
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Hasanuddin
  • Universitas Padjadjaran
  • Universitas Airlangga
  • Universitas Andalas
  • Universitas Udayana
  • Universitas Sumatera

Dapatkan pemberitahuan informasi pendidikan terbaru setiap hari dari Rifqifauzansholeh.com. Silahkan bergabung di grup Telegram dengan menyentuh nama berikut: "Blog Rifqi Fauzan" jika sudah diarahkan silahkan klik join. Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi Telegram di smartphone kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url