Skill yang Harus Dimiliki Mahasiswa untuk Memulai Karir

Skill yang Harus Dimiliki Mahasiswa untuk Memulai Karir

Salah satu cara untuk mengembangkan keterampilan adalah dengan mengembangkan keterampilan atau “soft skills”. “Soft skills” adalah keterampilan yang membentuk dan memelihara satu sama lain dan mencerminkan aspek-aspek seperti empati, kasih sayang, dan akurasi.

Orang yang bersuara lembut atau berkemauan keras mungkin memiliki hubungan yang lebih baik dengan rekan kerja. Itulah mengapa kemampuan ini berlaku untuk pekerjaan di dunia digital.

Keterampilan ini pada akhirnya akan menjadi dasar yang kuat untuk peningkatan kinerja di tempat kerja, seperti kreativitas, kemampuan beradaptasi, dan kolaborasi. Menurut situs Beans University, mereka perlu memiliki beberapa keterampilan untuk tumbuh di masa depan.

1. Memiliki Empati

Belas kasih dan empati mendorong kesepakatan dan hubungan jangka panjang di tempat kerja. Belas kasih melibatkan perhatian yang tulus terhadap orang lain dan pemahaman tentang keadaan dan sikap orang lain.

Keterampilan ini tidak dapat dianggap sebagai keterampilan kerja yang diperlukan. Namun, mampu menempatkan diri Anda pada posisi orang lain dan mendengarkan perasaan orang lain membuat Anda lebih mudah menghadapi tantangan ini dan tetap terhubung serta bersatu sebagai sebuah tim.

2. Pintar Berkomunikasi

Di tempat kerja digital, keterampilan komunikasi mungkin telah berubah. Hubungan kerja kami saat ini telah berubah, kami sering berbicara dan berkolaborasi secara online dengan panggilan video dan obrolan grup.

Masih penting untuk menjaga keterampilan komunikasi yang efektif secara online dan offline, berikut adalah beberapa poin penting untuk komunikasi online. Berikut caranya:

  • Berlatih menjadi pendengar aktif
  • Perbaiki apa yang dikatakan untuk menjelaskan artinya.
  • Perhatikan bahasa tubuh
  • Jelaskan tentang poin yang ingin Anda sampaikan

Lingkungan kerja online membutuhkan perhatian tambahan untuk keterampilan tertentu. Misalnya, beberapa mencoba untuk lebih berhati-hati dalam mendengarkan dan mencoba mengoreksi salah tafsir selama panggilan. Perhatian besar harus diberikan untuk memastikan bahwa suara setiap orang didengar.

3. Mampu Beradaptasi

Epidemi adalah pengingat yang baik bahwa pembatasan aktif dapat ditegakkan oleh pemerintah kapan saja. Fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi adalah keterampilan penting untuk tetap optimis dalam menghadapi tantangan tak terduga, dan itu membantu kita menjadi lebih pintar dan lebih kreatif dalam memecahkan masalah saat kita belajar melakukan apa yang kita miliki.

Adaptasi emosional dan sosial seringkali penting bagi para pemimpin dan karyawan yang menghadapi kepribadian dan situasi yang berbeda. Ini membutuhkan pengembangan kecerdasan emosional untuk mengidentifikasi dan menyesuaikan apa yang dibutuhkan untuk setiap situasi untuk membuat hubungan kerja semulus mungkin.

4. Bisa Melatih

Proses coaching merupakan salah satu cara untuk membantu individu menjadi lebih berdaya untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai. Gaya manajemen kuno menciptakan lingkungan yang stagnan.

Manajer perlu mengembangkan keterampilan pembinaan seperti mengetahui bagaimana mengajukan pertanyaan yang tepat (daripada memberikan jawaban), mendengarkan dengan cermat, mendorong orang lain, dan mengelola rencana tindakan.

Menciptakan budaya pelatihan yang luas akan membantu mereka mengembangkan lingkungan di mana karyawan mereka merasa mendukung perkembangan mereka. Hal ini dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi organisasi, seperti kreativitas dan efisiensi yang lebih besar.

5. Bangun kepercayaan

Keyakinan adalah hal mendasar dan harus dibangun terlebih dahulu sebelum Anda dapat melakukan apapun. Ketika orang-orang berada dalam lingkungan kelompok di mana mereka merasa aman dan mempercayai orang lain, mereka dapat melakukan yang terbaik.

Menciptakan lingkungan seperti itu bukanlah tugas yang mudah bagi para pemimpin. Karyawan perlu memahami pemimpin dan membangun kepercayaan dengan atasan. Terakhir, tempat kerja adalah tempat di mana kita bisa belajar dari satu sama lain dan merasa aman untuk menjadi diri sendiri.

Dapatkan pemberitahuan informasi pendidikan terbaru setiap hari dari Rifqifauzansholeh.com. Silahkan bergabung di grup Telegram dengan menyentuh nama berikut: "Blog Rifqi Fauzan" jika sudah diarahkan silahkan klik join. Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi Telegram di smartphone kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url