5 Fungsi Air untuk Tumbuhan, Ini Penjelasan Lengkapnya

5 Fungsi Air untuk Tumbuhan, Ini Penjelasan Lengkapnya

Tahukah kamu jika air merupakan komponen yang penting untuk tumbuhan? Air jadi elemen yang membuat tumbuhan bisa bertahan dan berkembang.

Bahkan juga, air jadi sel dan jaringan pada tumbuhan yang mempunyai kandungan air sampai 60%. Menurut kamu apa fungsi air untuk tumbuhan?

Fungsi Air Untuk Tumbuhan

Menurut Modul mengenai Fungsi Air dan Peranannya pada Tingkat Selular dan Tumbuhan Secara Utuh yang disusun oleh Hamim, diterangkan ada banyak fungsi air untuk tumbuhan. Berikut penuturannya:

1. Air Sebagai Senyawa Inti Penyusun Protoplasma

Air mempunyai peranan untuk tumbuhan sebagai senyawa khusus dalam penyusun protoplasma, di mana protoplasma sebagai cairan khusus penyusun sel, baik yang ada dalam sitoplasma atau vakuola sel. Dalam kultur jaringan dikenal juga istilah kultur protoplas, yakni jika sel sudah ditiadakan dinding selnya, tinggal membran plasma dan semua elemen didalamnya yang mencakup sitoplasma, pokok sel, dan vakuola ditumbuhkan dalam media kultur jaringan.

2. Air Sebagai Pelarut Hara Mineral

Selanjutnya, air berperan sebagai pelarut hara mineral yang diperlukan oleh tumbuhan. Biasanya, hara mineral sebagai ion yang karakternya positif dan negatif yang larut dalam air. Air memiliki peranan penting dalam meleburkan ion-ion itu dari sumbernya hingga dapat diserap oleh tumbuhan dan masuk ke jaringan tumbuhan.

Ion-ion itu dapat berasal dari bahan-bahan mineral tanah, hasil dari dekomposisi bahan organik atau datang dari pupuk yang kita beri. Air yang cukup jadi fasilitas yang bagus untuk ion dan pupuk untuk berdifusi atau bergerak lewat saluran massa hingga jadi dekat dan ada untuk tumbuhan.

3. Air Sebagai Media Reaksi Bahan pada Metabolisme

Seterusnya, air berperan sebagai media reaksi pada bahan metabolisme dalam tumbuhan. Tahukah kamu, bila ada banyak reaksi kimia dalam sel tumbuhan yang membutuhkan air?

Jika tumbuhan kekurangan air akan mengakibatkan terhambatnya banyak reaksi-reaksi metabolisme. Hingga hal itu akan menghalangi perkembangan tanaman.

4. Air Sebagai Sumber Elektron

Selanjutnya, air ialah sumber khusus pada elektron. Peranan ini masuk ke proses reaksi jelas fotosintesis yang hendak hasilkan O2, H+, dan elektron. Meskipun pembagian keperluan air dalam reaksi benar-benar kecil dibanding dengan keperluan pada reaksi-reaksi biokimia yang lain.

5. Air Menjaga Turgiditas Sel

Dan yang terakhir, air berperan untuk menjaga turgiditas sel. Apa artinya?

Turgiditas sel atau dikenali dengan istilah sel turgor ialah tekanan sel karena masuknya air ke sel saat sel tanaman alami kehilangan banyak air. Hingga proses itu mengakibatkan layu dan di saat itu sel memiliki nilai tekanan turgor yang serupa dengan 0. Saat air masuk ke sel karena itu penekanan turgor akan bertambah (positif) dan sel akan megar hingga sel capai ukuran yang maksimal.

Nach, itu ialah keterangan komplet berkenaan fungsi air untuk tumbuhan.

Dapatkan pemberitahuan informasi pendidikan terbaru setiap hari dari Rifqifauzansholeh.com. Silahkan bergabung di grup Telegram dengan menyentuh nama berikut: "Blog Rifqi Fauzan" jika sudah diarahkan silahkan klik join. Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi Telegram di smartphone kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Informasi yang mungkin kamu butuhkan