Orbit Asteroid: Mengetahui Lebih Dekat tentang Objek Langit yang Mendekati Bumi

Orbit Asteroid

Pengertian Orbit Asteroid

Orbit asteroid adalah orbit yang dilalui oleh sebuah asteroid saat mengelilingi matahari. Asteroid sendiri merupakan benda langit kecil yang terdiri dari batuan dan logam yang berukuran lebih kecil dari planet. Orbit asteroid sering menjadi perhatian karena beberapa asteroid yang mendekati Bumi dapat membahayakan keberadaan manusia.

Asteroid

Cara Terbentuknya Orbit Asteroid

Asteroid terbentuk dari sisa-sisa material yang ada di tata surya setelah terbentuknya planet-planet. Saat planet-planet terbentuk, sisa-sisa material tersebut saling bertabrakan dan membentuk asteroid. Setelah terbentuk, asteroid mengelilingi matahari dan membentuk orbit asteroid. Orbit asteroid ini sangat beragam tergantung pada jarak dan ukuran asteroid itu sendiri.

Orbit Planets

Jenis-Jenis Orbit Asteroid

Terdapat beberapa jenis orbit asteroid, di antaranya adalah:

  1. Orbit Asteroid Sabuk Utama: orbit asteroid ini terletak antara planet Mars dan Jupiter. Sabuk asteroid ini memiliki lebar sekitar 300 juta km dan terdapat lebih dari 1 juta asteroid di dalamnya.
  2. Orbit Asteroid Apollo: orbit asteroid ini terletak dekat dengan orbit Bumi dan kadang-kadang mendekati Bumi. Beberapa asteroid yang termasuk dalam kategori ini adalah 1862 Apollo dan 2101 Adonis.
  3. Orbit Asteroid Amor: orbit asteroid ini terletak di antara orbit Mars dan Bumi. Kelompok asteroid ini termasuk dalam kategori asteroid yang potensial dapat menabrak Bumi.
Sabuk Asteroid

Asteroid yang Pernah Mendekati Bumi

Terdapat beberapa asteroid yang pernah mendekati Bumi dan menjadi perhatian para astronom:

  • Asteroid 2012 TC4: asteroid ini mendekati Bumi pada 12 Oktober 2017 dengan jarak sekitar 40 ribu km.
  • Asteroid Apophis: asteroid ini pernah dianggap sebagai asteroid yang berpotensi menabrak Bumi pada tahun 2029, namun setelah dihitung ulang, asteroid ini dinyatakan aman.
  • Asteroid 2019 OK: asteroid ini mendekati Bumi pada 25 Juli 2019 dengan jarak sekitar 73 ribu km.
Asteroid Apophis

Upaya Mencegah Bahaya Asteroid

Jika suatu saat terdapat asteroid yang berpotensi menabrak Bumi, terdapat beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah bahaya tersebut, di antaranya adalah:

  • Meluncurkan satelit untuk memantau asteroid yang mendekati Bumi.
  • Mengubah orbit asteroid dengan menabrakkan benda berat ke asteroid tersebut.
  • Menghancurkan asteroid dengan senjata nuklir.
Senjata Nuklir

Kesimpulan

Orbit asteroid merupakan orbit yang dilalui oleh sebuah asteroid saat mengelilingi matahari. Terdapat beberapa jenis orbit asteroid, di antaranya adalah orbit asteroid sabuk utama, orbit asteroid Apollo, dan orbit asteroid Amor. Beberapa asteroid pernah mendekati Bumi dan menjadi perhatian para astronom. Jika suatu saat terdapat asteroid yang berpotensi menabrak Bumi, terdapat beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah bahaya tersebut.

Related video of Orbit Asteroid: Mengetahui Lebih Dekat tentang Objek Langit yang Mendekati Bumi

Lebih baru Lebih lama