CARA MEMBANGUN PENDIDIKAN BERKARAKTER UNTUK SISWA, SIMAK YUK !

cara membangun pendidikan berkarakter

Cara Membangun Pendidikan Berkarakter Untuk Siswa, Simak Yuk ! Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri atas berbagai suku bangsa, bahasa, maupun agama. Pada akhirnya kalian sudah bisa meraih kemerdekaan dengan mengusir penjajah dari negara ini. Semua itu berkat semangat kebersamaan, persatuan, dan kesatuan yang dimiliki para pejuang Indonesia. 

Namun, jika dilihat dengan seksama sekarang moral anak bangsa sangat kurang akan menanamkan sikap yang cerdas. Memang generasi muda harus memiliki kecerdasan dan kesantunan serta ketaqwaannya, mandiri finansial , juga kuat fisiknya, jujur, dan kedewasaannya. 

Semua pencapaian itu bukanlah tidak mungkin dilakukan. Diperlukan adanya sistem dan formula khusus untuk mewujudkannya dalam sistem wajah pendidikan saat ini di sekolah maupun di universitas. Sistem yang mampu menyatukan segala aspek untuk siswa adalah dengan cara membangun pendidikan berkarakter. Dan mengintegrasikannya ke dalam materi pembelajaran sekolah, universitas, keteladanan dal lain sebagainya. 

Segala upaya harus dilakukan demi kelancaran sebuah pendidikan karakter yang menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Hal itu, tentunya membutuhkan campur tangan pemerintahan yang harus ikut berperan aktif dalam hal tersebut. Pendidikan memang sangat berguna untuk mengembangkan kemampuan. Dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang akan bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan para bangsa. 

Cara membangun pendidikan berkarakter bertujuan untuk adanya perkembangan yang memiliki potensi serta peserta didik agar menjadi manusia yang beriman. 

Dan bisa berakhlak mulia, sehat, berilmu, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang memiliki sikap paling demokratis serta memiliki tanggung jawab yang lebih.

Cara membangun pendidikan berkarakter termasuk bagian penting dalam membentuk manusia Indonesia yang bermoral, membentuk manusia Indonesia yang cerdas dan rasional, membentuk manusia yang inovatif dan suka bekerja keras, optimis dan percaya, dan berjiwa patriot. 

Dengan demikian, cara membangun pendidikan berkarakter memang dibutuhkan saat ini. Agar dapat mengintegrasikan karakter siswa dengan cara mengoptimalkan perkembangan seluruh dimensi anak baik dari ranah kognitif, fisik, sosial-emosi, kreativitas dan spiritual harus seimbang. Demikianlah informasi dari Rifqi kali ini semoga bisa bermanfaat dan selamat membaca.

terima kasih kepada Photo by Anna Samoylova on Unsplash

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Random