MENGENAL APA ITU PENGERTIAN ARTIKEL ILMIAH

apa itu artikel ilmiah

Mengenal Apa Itu Pengertian Artikel Ilmiah - Bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia pendidikan baik itu dosen, peneliti, ataupun para siswa tentu tidak asing dengan yang namanya artikel ilmiah. Karya yang satu ini akan banyak disingung ketika menyelami dunia pendidikan terutama di perguruan tinggi dan penelitian.

Pengertian Apa Itu Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah mengandung dua frase yakni artikel dan juga ilmiah. Dengan adanya kata-kata ilmiah pada frase kedua tentu membuat pengertian dari artikel ilmiah itu menjadi tidak sembarangan. Sebagai gambaran, berikut adalah pengertian artikel ilmiah yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi.

Apa itu artikel ilmiah? Sebuah artikel ilmiah pada dasarnya merupakan suatu jenis karya tulis yang isinya dapat berupa laporan yang disusun secara sistematis dengan mengacu pada kaidah-kaidah tertentu dan bisa bisa merupakan hasil dari studi/penelitian yang bisa disajikan dihadapan para komunitas ilmiah tertentu.

Sebuah artikel ilmiah haruslah ditulis secara objektif sesuai dengan kaidah dan juga hasil penelitian/ulasan yang telah diperoleh oleh penulisnya.

Setelah mengetahui pengertian artikel ilmiah, pertanyaan selanjutnya yang mungkin muncul adalah apa itu tujuan pembuatan artikel ilmiah? Pada umumnya, tujuan dari penulisan suatu karya ilmiah adalah untuk menyampaikan hasil-hasil penelitian untuk diulas dan didiskusikan secara lisan maupun tertulis (lewat tanggapan) dari akademisi lain dalam suatu forum ilmiah tertentu.

Apa Itu Ciri-ciri Artikel Ilmiah? 

Setelah mengetahui pengertian dan juga tujuan dari suatu artikel ilmiah, mengetahui ciri-ciri dari artikel ilmiah juga merupakan hal yang sangat penting. Secara umum, sebuah artikel ilmiah memiliki ciri berupa struktur penulisan yang sangat ketat meliputi adanya pendahuluan, pokok pembahasan, dan juga bagian penutup atau yang sering disebut dengan kesimpulan.

Selain itu, jika dilihat dari segi penulisan, sebuah artikel ilmiah haruslah ditulis secara objektif dengan berdasarkan pada hasil penelitian yang telah diperoleh. Apa itu penulisan artikel ilmiah yang objektif? Secara sederhana ia ditulis dalam bahasa impersonal dengan menggunakan banyak kata pasif dan cenderung menghindari penggunaan kata ganti orang pertama ataupun orang kedua.

Ciri lainnya yang melekat pada sebuah karya ilmiah adalah penggunaan bahasa yang baku. Dalam sebuah artikel ilmiah biasanya pemilihan istilah dan juga kalimat-kalimatnya ditulis secara efektif sehingga membuatnya menjadi kalimat baku.

Demikianlah penjelasan dari Rifqi tentang apa itu artikel ilmiah. Kini dengan penjelasan di atas, Anda tidak lagi bingung jika menemukan istilah berupa artikel ilmiah karena jenis artikel yang satu ini akan banyak Anda gunakan jika terjun ke dalam dunia civitas akademika.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Random