CARA MERAIH KESUKSESAN DALAM BELAJAR AGAR BISA BERPRESTASI!

cara meraih kesuksesan dalam belajar

Cara meraih kesuksesan dalam belajar agar bisa berprestasi! Dalam meraih kesuksesan memang ada beberapa tahapannya. Nah, dalam hal ini ketika kamu ingin sukses di masa mendatang maka kamu harus belajar. Karena dengan belajar sebaik mungkin maka kamu dapat melihat bagaimana hasil yang akan kamu dapatkan nantinya. Kemudian kalau sudah belajar bersungguh-sungguh maka hal yang akan kamu dapatkan tidak akan mengecewakan. Melainkan bisa membanggakan orang yang kamu cintai.

Lagi pulsa sukses itu penting, karena kalau kamu sukses berarti hal yang selama ini kamu pelajari tidak akan sia – sia. Apalagi sekarang memang ditambah dengan teknologi yang sudah maju tentu lebih mempermudah dalam meraih kesuksesan. Bukan hanya itu saja bahkan dengan adanya kesuksesan inilah maka kamu bisa langsung saja melakukan banyak hal. Lagi pula berprestasi bisa dilakukan di dunia pendidikan sebab dari dunia ini kita harus bisa menguasai terlebih dahulu. Bagaimana? Mau tahu bagaimana caranya? Simak ya!

Berikut Cara meraih kesuksesan dalam belajar agar bisa berprestasi!

Harus tahu cara belajar yang baik

Cara meraih kesuksesan dalam belajar yang pertama adalah harus tahu cara belajar yang baik. Sebelum memulai belajar maka kamu harus tahu bagaimana cara belajar yang baik. Karena kalau kamu saja sudah menguasai pembelajaran dengan baik maka kamu tidak perlu khawatir lagi. 

Bisa membagi waktu

Biasanya ada kalanya beberapa orang tidak bisa membagi waktu, padahal pembagian waktu ini memang penting. Karena ada waktunya kamu bisa belajar, bermain serta melakukan beberapa hal lainnya. Tetapi hal yang utama bagilah waktu yang sesuai dengan jam kamu ya jangan sampai asal. 

Harus suka sama semua mata pelajaran

Cara meraih kesuksesan dalam belajar yang terakhir adalah harus suka sama semua mata pelajaran. Nah, ini lah yang penting karena kalau kamu sudah suka maka kamu akan lebih mudah dalam menguasai pembelajaran tersebut. Tentunya peluang meraih nilai yang besar dalam pelajaran bisa lebih kuat.

Cara Belajar Yang Benar

Belajar itu tidak mengenal waktu tidak juga mengenal umur baik itu di sekolah, kuliah, tempat kerja maupun sampai tua sekalipun semua orang harus tetap belajar, karena belajar itu bisa mendewasakan kita.

Tapi ingat juga bahwa belajar pun tidak boleh sembarangan, belajar harus dilakukan dengan cara yang benar, ada 5 cara meraih kesuksesan dalam belajar, yaitu:

Mindset yang Benar

Cara meraih kesuksesan dalam belajar adalah dengan mindset yang benar, sama seperti ketika kamu sebelum berolahraga, kamu juga harus melakukan pemanasan dulu kan? begitu juga dengan belajar sebelum belajar harus ada yang dipersiapkan terlebih dahulu, yang harus dipersiapkan adalah mindset atau cara berpikir kamu.

Dan kamu harus mendengarkan terlebih dahulu, bagaikan gelas kosong yang siap menerima, bagaikan spons yang siap menyerap dan pikiran kamu juga harus terbuka, jangan sampai belum apa-apa sudah antipati duluan, jangan belum apa-apa kamu sudah memblok semua materi yang masuk dengan bilang "ah sudah tau".

Kalaupun ada yang berbeda jangan langsung ditolak, namun diterima dulu kemudian kamu olah kembali materi pembelajaran yang masuk, ingatlah dengan mindset yang benar maka kamu akan bisa belajar dengan cara yang benar.

Guru Yang Benar

Cara meraih kesuksesan dalam belajar adalah dengan guru yang benar, belajarlah dari orang yang pernah melakukan hal yang ingin kamu pelajari, belajarlah dari orang yang benar-benar mengerti hal-hal yang memang ingin kamu kuasai, kalau kamu ingin belajar memasak tapi kamu belajarnya dengan montir, ya kamu tidak akan pernah bisa memasak sama sekali.

Kalau kamu ingin belajar berenang tapi kamu belajar dengan guru yang ga bisa berenang pasti hasilnya juga tidak akan maksimal.

Tapi kalau kamu ingin belajar dengan orang yang benar-benar ahli, yang benar-benar sudah mengerti hal-hal yang ingin kamu kuasai, belajar juga dari orang-orang yang sudah terbukti melakukan hal yang ingin kamu lakukan dan juga ada track recordnya, pastinya pembelajaran kamu juga akan lebih cepat dan jauh lebih efektif.

Waktu Yang Benar

Cara meraih kesuksesan dalam belajar adalah dengan waktu yang benar, belajar itu juga membutuhkan waktu tidak akan bisa semua pembelajaran dikebut dalam satu malam walaupun ada istilah SKS (Sistem Kebut Semalam) atau istilah The Power of The Kepepet.

Sama halnya dengan belajar, belajar juga membutuhkan waktu, pikiran kamu pun membutuhkan jeda untuk bisa mengolah dan mencerna semua hal yang ada.

Karena sebenarnya belajar itu harus dijadikan sebuah kebiasaan, sama halnya dengan analogi tentang mandi atau gosok gigi, mungkin ga sih kamu mandi selama satu atau dua jam, sehabis itu kamu tidak mandi selama satu bulan, pasti rasanya akan risih.

Atau mungkin kamu sudah gosok gigi selama setengah jam berarti kamu ga perlu gosok gigi lagi selama satu minggu, hal itu ga mungkin juga kan, pasti rasanya akan risih dan aneh banget.

Begitu juga belajar, belajar pun harus seperti itu harus dijadikan habbit jangan sampai "Wah hari ini kan saya sudah belajar selama sepuluh jam" habis itu ditinggalkan dan tidak belajar, nah hal yang seperti itu tidak efisien, ingatlah bahwa belajar itu harus dijadikan kebiasaan sama seperti mandi dan gosok gigi.

Sehingga kalau ada hari dimana kamu ga belajar rasanya akan seperti ada yang kurang, aduh ga enak ya, karena sekali lagi belajar itu sudah menjadi kebiasaan yang kamu lakukan setiap hari.

Cara Yang Benar

Cara meraih kesuksesan dalam belajar adalah dengan cara yang benar, setiap orang mempunyai cara sendiri bagaimana dia menyerap informasi secara efektif dan juga efisien, kamu pun harus bisa mengenali kamu tipe orang yang belajar seperti apa? secara garis besar ada 3 tipe orang, yaitu:

Visual

Orang visual itu biasanya akan menangkap secara optimal, menyerap informasi yang dibaca ataupun yang dilihat.

Auditori

Orang auditori biasanya lebih mudah menerima informasi melalui apapun yang ia dengar.

Kinestetik

Orang kinestetik biasanya adalah orang yang sangat senang dan juga cepat mengerti jika informasi itu diserao terlebih dahulu ataupun dicontohkan dahulu atau dia membaayngkan orang lain untuk melakukan hal yang sudah dipelajarinya.

Kamu termasuk yang mana nih? coba kenali diri kamu terlebih dahulu, ketahui cara belajar mana yang lebih efektif untuk kamu, sehingga kamu bisa menggunakan cara belajar dengan tepat.

Lingkungan Yang Benar

Cara meraih kesuksesan dalam belajar adalah dengan lingkungan yang benar, ada orang yang harus tenang dalam belajar tapi ada juga nih orang yang belajar harus sambil mendengarkan musik, hal ini bebas dipilih. Apapun itu yang paling penting adalah kamu mengetahui yang mana yang bisa membuat kamu lebih efektif dalam belajar.

Ada juga nih orang yang suka belajarnya sendirian ada juga orang yang belajar secara berkelompok, boleh-boleh aja tidak ada salahnya yang penting kamu sendiri mengetahui apakah dengan cara itu pembelajaran kamu bisa lebih efisien atau tidak.

Dan yang paling penting apapun itu pastikan kamu sidah berada dilingkungan yang positif, dengan siapa kamu bergaul saat ini itu akan mempengaruhi masa depan kamu.

Cara meraih kesuksesan dalam belajar sebenarnya bisa dimulai dari hal yang kecil. Bahkan menurut Rifqi di sekeliling kita bisa menjadi contoh. Bagaimana? Mau ikuti?

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Informasi yang mungkin kamu butuhkan