Poster Tentang Pendidikan Terbaru Disertai Contoh Poster Pendidikan

poster tentang pendidikan

Poster tentang pendidikan merupakan tanda bahwa poster bukan hanya digunakan sebagai media pemasaran perusahaan saja, tapi juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Dari sekian banyak jenis poster yang ada, poster tentang pendidikan ini seringkali terlihat. Mengenai cara pembuatannya pun tidak jauh berbeda dengan pembuatan poster lainnya, yaitu mengkombinasikan perpaduan gambar dengan kata-kata yang mendidik.

Sampai saat ini semakin banyak orang yang kreatif dalam menggambar poster tentang pendidikan. Tema poster tentang pendidikan pun sangat beragam mulai dari tema kartun, lingkungan dan lain sebagainya.

Lantas apa sebenarnya pengertian dan fungsi dari poster tentang pendidikan ini? 

Pengertian Poster Pendidikan

Poster tentang pendidikan adalah gambar yang didesain dengan perpaduan antara gambar dan tulisan-tulisan yang mengandung makna dan informasi seputar pendidikan sehingga memberikan makna positif.

Fungsi Poster Pendidikan

Poster tentang pendidikan memiliki fungsi utama yaitu untuk memberikan informasi pendidikan kepada masyarakat luas, sehingga ketika melihat gambarnya seolah-olah seperti gambar tersebut bicara.

Kelebihan dan Kekurangan Poster

Dizaman serba online seperti sekarang ini, keberadaan poster pendidikan ternyata seringkali kita lihat diberbagai tempat. Hal ini terjadi karena poster pendidikan memiliki kelebihan yang memang tidak ditemukan dimedia lainnya, yaitu:

1. Gampang Dimengerti

2. Flesibel Penempatannya

3. Biayanya Murah

4. Bisa Menembus Semua Lapisan Masyarakat

Adapun kekurangan yang dimiliki oleh poster ini, kekurangan-kekurangan tersebut seperti ruanglingkup audiens yang terbatas karena biasanya poster itu hanya menempel dibeberapa tempat dan dilihat beberapa orang yang melewati saja.

Kemudian kekurangan selanjutnya dari poster ini adalah kualitas media poster yang terbatas waktu, dikarenakan poster biasanya berbahan kertas. Seiring berjalannya waktu kertas biasanya akan menguning dan gambar atau tulisan akan memudar.

Tips Membuat Poster Pendidikan

Saya akan memberikan beberapa tips yang harus kamu ketahui, namun sebelum kamu memulai membuat desain poster pendidikan ketahui tips-tips berikut ini:

1. Tetapkan Target

Penentapan target dalam membuat poster itu sangat penting, karena supaya lebih disesuaikan desain, masalah yang diangkat serta slogan motivasi yang akan disampaikan. Kalo misalkan targetnya anak SMA maka dari hal ini kita bisa memasukan gambar, slogan dan masalah ciri khas ABG, sehingga poster yang dibuat mudah dicerna oleh target yang kita bidik.

2. Pilih Topik yang Menarik

Topik yang menarik merupakan point penting dalam membuat poster ini. Coba tentukan judul yang ringkas, jelas dan mudah dimengerti serta menarik untuk dibaca. Yaa namanya juga poster jadi buatlah topik yang friendly dengan target audiens yang kita tetapkan diatas.

3. Pilih Slogan Motivasi

Coba kamu buat slogan motivasi-motivasi yang menurut kamu sesuai dengan target audiens dan topik judul poster. Karena jika slogan motivasi ini tidak muncul didalam poster sudah bisa dikatakan kamu gagal dalam membuat poster. 

4. Gunakan Gambar yang Sesuai

Pilih dan masukan gambar yang sesuai dengan target audiens, topik yang sudah ditetapkan dan motivasi yang kamu sampaikan. Usahakan semuanya sejalan dan sesuai sehingga audiens yang melihat posternya pun tidak merasa kebingungan maksud dari gambar itu apa.

Contoh Poster Pendidikan

1. Carilah Ilmu sampai ke Ujung Dunia

2. Buku adalah Jendela Dunia

3. Pendidikan adalah Senjata Terkuat


4. Belajar Woi

5. Mari Membaca Buku

6. Yang Penting Sekolah Dulu

7. Banyak Membaca Buku Semakin Berilmu

8. Semakin Cerdas Semakin Bermanfaat

9. Waktu Tidak Hilang

10. Buku Pintu Dunia

11. Jadilah Dirimu Sendiri

12. Kenali Dunia dengan Berpetualang

13. Kutu Saja Baca Buku

14. Tunjukan Kita Mampu

15. Mengubah Kemiskinan dengan Pendidikan

16. Keluarga Peran Penting Pendidikan

17. Raihlah Ilmu sampai Ke Negeri Cina

18. Jangan Menyerah untuk Meraih Kesuksesanmu

19. Pendidikanku Mahal

20. Pendidikan Akan Mengarahkan Jalanmu

21. Mandi Sebelum Belajar

22. Sudah Sejauh Mana Kita?

23. Belajar Jujur

24. Baca Satu Buku dapat Sejuta Ilmu

25. Bukumu Penyeimbang Kesuksesanmu

26. Kejarlah Mimpi Setinggi Langit

27. Pendidikanku Lebih Penting

28. Belajar untuk Semua Umur

29. Buku kau Genggam Dunia Kau Raih

30. Aku Hanya Ingin Sekolah

31. Pintar itu Mahal

32. Belajar adalah Harta Karun

33. Sekolah memang Berbiaya tapi tidak Berbahaya

34. Dengan Belajar Kita Bisa

35. Raih Prestasimu Sukses Menantimu

36. Belajar Sepanjang Masa

37. Satu Kebaikan untuk Seribu Kebaikan

38. Ada Gak Ada Duit Tetep Sekolah

39. Gaya Kita Lebih Keren

40. Belajar itu Sama dengan Tidur

41. Belajar untuk Dunia

42. Kapan Aku Bisa Sekolah

Saya rasa sekian pembahasan kali ini mengenai poster tentang pendidikan ini silahkan share jika Kamu rasa artikel ini bermanfaat, dan kalau ada yang ingin ditanyakan atau berpendapat silahkan berkomentar saja.

39 Komentar

  1. 4 tips dalam membuat poster pendidikan ini point terpenting dan tidak ada yang boleh ketinggalan dalam membuat poster. Agar posternya menarik dan dapat dipakai oleh publik juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, itu sengaja saya masukan juga kedalam artikel ini

      Hapus
  2. Dulu pas masih sekolah suka sekali lihat poster yang dipajang di beberapa sudut sekolah. Banyak yang berupa nasihat. Meskipun kadang ada yang terkesan membosankan, tapi banyak juga yang didesain menarik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Supaya lebih menarik poster harus menggunakan gambar unik dan keren

      Hapus
  3. Tips ini sangat berguna sekali buat yang ingin membuat poster tentang pendidikan. Apalagi sekarang banyak aplikasi yang memudahkan kita untuk membuat poster hanya melalui hape.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, sekarang dengan terus berkembangnya teknologi smartphone kegiatan apapun semakin mudah

      Hapus
  4. Slogan di poster2 seperti ini sering aku temui di sekolah2, bahkan ini makin membuat kita bersemangat dalam belajar ya mas… Hehe aku pun kadang suka menempelkan poster seperti ini di kamar biar makin semangat juga

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. Contoh posternya banyak sekali. Tapi aku suka dan gampang banget pake Canva. Tinggal bikin sesuai jenis medianya. Tinggal ubek2 dan edit2 dikit, beres deh. Poster atau desain apapun bisa dilakukan dgn mudah dan murah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang benar, karena aplikasi tersebut sekarang sedang banyak digunakan karna kemudahannya

      Hapus
  7. Dulu suka cari poster gini di google karena belum bisa desain sendiri. Kalau ini pakai apa desainnya? biasanya apk paling mainstream itu Canva. Yang nggak bisa desain auto bisa bikin poster. Cuma kadang bingung masalah pencarian ide atau kata-katanya hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Contoh poster diatas masih menggunakan pc/laptop sih haha

      Hapus
  8. sekarang bikin poster kayak gini kayaknya lebih gampang ya soalnya sudah ada aplikasi yang sangat mendukung. tinggal kitanya aja nih yang kreatif dalam membuat poster pendidikan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, sekarang apapun sudah praktis, tinggal kitanya haha

      Hapus
  9. wah banyak sekali contoh poster pendidikannya, sekarang juga gampang buatnya di canva tinggal ATM template2 yang kita suka hehe.

    BalasHapus
  10. keren-keren posternya yaa, tinggal diprint kemudian ditempel di ruangan kelas atau tempat-tempat strategis di sekolah atau tempat belajar lain

    BalasHapus
  11. Isi poster adalah yang utama tapi poster yang didesain dengan menarik punya nilah lebih. Terima kasih sudah berbagi contoh poster pendidikan 🀩

    ~Katerina

    BalasHapus
  12. Poster pendidikan yang bisa memberikan semangat pada yang membacanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu artinya gambar dan kata-kata didalam posternya sangat sesuai dan menarik πŸ˜€

      Hapus
  13. Poster pendidikan ini masuknya slogan bukan sih? Aku jadi lupa-lupa inget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Slogan dan poster berbeda ya.. Slogan itu biasanya hanya kata-kata saja, sedangkan poster berisikan gambar disertai kata-kata motivasi atau nasihat yang sesuai dengan gambarnya. ☺

      Hapus
  14. Dulu pernah belajar bikin poster seperti ini wkt jaman masih sekolah, nyari kalimat yg cocok itu sulit banget.. Kadang ide datang tiba2, adapula yg maknanya dalam banget ngena dihati..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ide juga bisa muncul dengan melihat contoh poster-poster terbaik

      Hapus
  15. Iya mas, terutama di area publik yang memang dalam kondisi terkadang orang tidak semat membuka gawai, keberadaan poster seperti ini tetap membantu sebagai media informasi. Apalagi dengan contoh desain kekinian, pastinya semakin eye catching!.

    Btw.. ada sedikit typo di "Kelebihan dan Kekurangan Poster" :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih typo tersebut akan segera saya perbaiki ☺

      Hapus
  16. Jadi keingat dulu sering liat pposter begini terpampang di dinding sekolah. Sekarang aku juga nempelin di dinding kamar tidur anak-anak buat motivasi belajar merek.

    BalasHapus
  17. poster pendidikan: "belajar woy" πŸ˜‚

    wah banyak contoh yang dikasih, bisa jadi inspirasi buat yang mau bikin slogan pendidikan di poster.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang belajar woy itu supaya poster itu terasa sebagai teman haha

      Hapus
  18. Bagus bagus banget poster pendidikan nya. Jadi inget zaman dulu bikin poster pakai gambar manual. Sekarang udah bisa digital dan siapapun bisa ga harus pakai corel atau adope

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saya juga pernah mengalami membuat poster manual alhasil gambar pun tak jelas rupanya πŸ˜‚

      Hapus
  19. Waaa banyak aja contohnya!

    poster pendidikan ini point terpenting dan tidak ada yang boleh ketinggalan dalam membuat poster, jadi posternya menarik dan dapat dipakai oleh publik juga.

    BalasHapus
  20. dulu waktu kuliah demen banget dateng ke pameran pendidikan apalagi kalau poster iklannya menarik, jadi suka kepo gitu
    memang ya kalau soal pendidikan harus bikin yang menarik, jangan sampai kalah dengan poster sale, yang bikin orang selalu penasaran buat dateng ke mall daripada ke acara yang berhubungan dengan pendidikan

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama