SEJARAH MUNCULNYA BAHASA, MENARIK UNTUK DIBAHAS

SEJARAH MUNCULNYA BAHASA, MENARIK UNTUK DIBAHAS

SEJARAH MUNCULNYA BAHASA, MENARIK UNTUK DIBAHAS

Sejarah munculnya bahasa - Penjelasan bahasa bersumber dari (Nabanan, 1984: 1) dijelaskan bahwa bahasa adalah ciri yang membedakan manusia dari makhluk yang lain. Bahasa membentuk manusia menjadi makhluk yang bermasyarakat karena bahasa merupakan cara yang dilakukan manusia untuk berkomunikasi menyampaikan pesan-pesan, ide-ide, keinginan-keinginan, dan perasaan dari manusia satu dengan manusia yang lainnya.

Bahasa ini merupakan suatu gejala isyarat komunikasi alami yang muncul pada sebuah kelompok manusia dan isyarat komunikasi ini dinamakan bahasa.

Taukah kalian ada berapa jumlah bahasa diseluruh dunia?
Bersumber dari (Parera, 1991:6-7) memperkirakan bahwa bahasa diseluruh dunia ada 5445 bahasa alamiah. Bahasa ini biasa digunakan untuk isyarat komunikasi antar individu didalam kelompok masyarakat tertentu.

Isyarat komunikasi yang muncul dikatakan manusiawi karena manusia mempunyai berbagai macam isyarat untuk berkomunikasi.

Sejarah munculnya bahasa yang kita gunakan sampai sekarang ini merupakan hasil dari masyarakat terdahulu yang terus dipelihara, dikembangkan dan diwariskan kepada setiap generasinya. Sejarah munculnya bahasa ini tumbuh dan berkembang disesuaikan dengan kondisi masyarakat dan budayanya.
Sejarah munculnya bahasa ini para ahli pun tidak dapat memberikan jawaban yang pasti, karena bahasa ini bukanlah produk dari seseorang atau kelompok manusia dimasa dahulu.

Pembahasan mengenai kelahiran bahasa ini sudah dimulai sejak 2.500 Tahun yang lalu, yaitu pada zaman Plato dan Aristoteles. Dua orang ini mempertanyakan apa itu bahasa? Bagaimana bahasa dapat terbentuk? Apakah bahasa berasal dari diri pribadi atau kesepakatan bersama?

Sejarah munculnya bahasa yang dijelaskan berdasarkan teori-teori, seperti:

  1. Teori Tradisional yang terbagi lagi menjadi dua teori yaitu: (1) Hipotesis Mono genesis, Hipotesis ini menyimpulkan bahwa semua bahasa di dunia ini berasal dari satu bahasa induk dari nenek moyang mereka. (2) Hipotesis Poligenesis, Hipotesis ini menyimpulkan bahwa bahasa merupakan hasil dari berbagai masyarakat.
  2. Teori modern yang terbagi lagi menjadi dua teori yaitu: (1) Teori Antropolog, pada teori ini dijelaskan bahwa bahasa ini muncul seiring dengan adanya budaya. (2) Teori Evolusi Manusia, teori ini berangkat dari penuturan para arkeolog yang memperkirakan bahwa satu juta tahun yang lalu sudah ada budaya hominoid atau hominid. Dengan adanya budaya homioid atau budaya hominid tersebut memberikan sugesti bahwa pada masa itu sudah ada bahasa, karena bahasa ini merupakan syarat dari tumbuhnya suatu kebudayaan.
Sebanyak apapun tingkat penasaran kita mengenai kapan Sejarah munculnya bahasa ini kita harus yakin bahwa Allah SWT sudah membekali manusia dengan bahasa-bahasa dan nama-nama dari setiap makhluk yang ada di Bumi ini seperti yang ada pada Alquran Surat Al-Baqarah Ayat 31 yang artinya : Dan Dia ajarkan kepada Adam nama-nama (benda) semuanya, kemudian diperlihatkan kepada para malaikat seraya berfirman, "Sebutkan kepada-Ku nama semua (benda) ini, jika kamu yang benar"

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Random