SEJARAH INDONESIA MEMILIKI POPULASI MASYARAKAT MUSLIM

SEJARAH INDONESIA MEMILIKI POPULASI MASYARAKAT MUSLIM

SEJARAH INDONESIA MEMILIKI POPULASI MASYARAKAT MUSLIM

Sejarah Indonesia Memiliki Populasi Masyarakt Muslim - Apakah kalian tau negara manakah yang memiliki populasi Muslim terbesar di seluruh dunia? Arab Saudi, Pakistan, Mesir atau Nigeria Tidak satupun dari mereka. Jawaban yang benar adalah Indonesia.

Islam adalah agama di dalam Sejarah Indonesia dengan sebagian besar pemeluknya dengan 87,2% penduduk Indonesia Mengidentifikasi diri sebagai Muslim dan survei 2010 Indonesia memiliki populasi Muslim terbesar di dunia dengan sekitar 220 juta Muslim, tetapi mereka melihat peta dunia dan mengetahui bahwa Islam dimulai di Arab pada abad ketujuh.

Dari mana ia berkembang hingga mencakup lebih banyak orang, terutama di benua Afrika utara dan Asia barat daya. Sebuah pertanyaan baru saja muncul. Bagaimana Islam mencapai nusantara ini? Bagaimana pulau-pulau yang jauh ini menjadi Muslim

Penaklukan Islam setelah kematian Muhammad menyebabkan pembentukan kekhalifahan. Kerajaan-kerajaan ini berkembang pesat dan menduduki wilayah geografis yang sangat luas. Menduduki semakin banyak tanah, konversi ke Islam dipromosikan melalui kegiatan dakwah Terutama para imam.

Mereka menceritakan ajaran agama masyarakat setempat Karena ekspansi militer yang cepat, agama baru juga berkembang, dan wilayah baru ditaklukkan. Dinasti-dinasti awal ini berfokus pada penyebaran agama baru Tetapi mereka juga berfokus pada ekonomi penelitian dan perdagangan.

Zaman Keemasan Islam semakin banyak orang menjadi terbiasa dengan agama ini termasuk para bangsawan yang dimahkota tetapi juga para pedagang dan pedagang menyebabkan penyebaran yang cepat menuju Samudra Hindia dan Atlantik.

Pengaruh Islam pertama kali muncul di anak benua India Selama awal abad 7 M dengan Munculnya pedagang Arab Para pedagang Arab biasa mengunjungi wilayah Malabar Yang merupakan penghubung antara mereka dan pelabuhan-pelabuhan Asia Tenggara untuk berdagang bahkan sebelum berdirinya Islam di Jazirah Arab Para pedagang dan pedagang Arab menjadi pembawa agama baru dan menyebarkannya kemanapun mereka pergi.

Namun, ekspansi berikutnya dari invasi Islam ke anak benua India Selama ribuan tahun berikutnya yang memperkuat Islam di wilayah tersebut, misionaris Muslim memainkan peran utama dalam penyebaran Islam di Asia Beberapa misionaris bahkan berperan sebagai pedagang.

Mereka dikirim ke seluruh Asia ke segala arah dengan berbagai alamat sering kali sebagai pedagang Misionaris diarahkan ke berbicara dengan calon mualaf dalam bahasa asli mereka Bahkan sebelum pembentukan Islam di antara masyarakat Indonesia Para pelaut dan pedagang Muslim sering mengunjungi pantai Indonesia.

Sebagian besar pelaut dan pedagang awal ini tiba dari khalifah Abbasiyah yang baru didirikan Pelabuhan Basra dan pemindahan kota yang kaya rempah Buah-buahan eksotis dan komoditas lainnya.

Ada bukti bahwa pedagang Muslim Arab masuk ke Indonesia sejak abad 8 M Tapi baru pada abad ke 12 atau 13 M, Islam mulai menyebar Kemudian berkembang lebih jauh karena adopsi penguasa dan elit lokal Para misionaris datang dari banyak daerah dan beberapa datang dari India dan dari Semenanjung selatan.

Dipercaya bahwa sekitar abad ke-13 agama mulai muncul di pantai utara Sumatera Setelah Islam itu disebarkan oleh tarekat sufi, dan akhirnya dikonsolidasikan dengan memperluas tanah Penguasa dan masyarakatnya berubah.

Tidak diketahui secara spesifik kapan masuk islam dimulai dan tidak ada indikasi yang jelas kapan Islam pertama kali datang ke wilayah tersebut Kita mungkin berpikir pertama kali sekitar abad 11 atau 12 M.

Tanda-tanda pertama kuburan Islam bertanggal kembali ke 1080 - juga ketika Marco Polo mengunjungi daerah yang ditunjukkan 1292 bahwa pelabuhan kota Perlak adalah seorang Muslim.

Bukti pertama dari ras Muslim di kuburan adalah tertanggal 1297 dari Sultan Malik Al-Saleh, penguasa Muslim pertama Kesultanan Selj Cina. Sumber-sumber mencatat kehadiran utusan Muslim kepada kaisar dari Kerajaan Samudra pada umumnya 1282 Penyebaran Islam umumnya mengikuti jalur perdagangan timur Melalui wilayah Buddha pada awalnya dan setelah setengah abad di malakas Kami melihat munculnya dinasti pertama dalam bentuk Kesultanan Malaka di ujung terjauh nusantara Itu dibentuk dengan mengubah seorang Syah menjadi seorang Muslim dan mengadopsi nama Muhammad Iskandar Syah Penyebaran Islam di antara kelas penguasa muncul ketika pedagang Muslim menikahi wanita lokal.

Dengan beberapa pedagang kaya mereka menikah dengan keluarga elit penguasa Rakyat Indonesia mulai sebagai penguasa lokal dan raja mengadopsinya.

Setelah itu kawanan domba mereka mencerminkan transformasi mereka Ekspansi dipercepat pada abad ke 15 sebagai kekuatan militer Kesultanan Malaka di Malaya, Semenanjung Dan garam Islam lainnya adalah Dia menguasai wilayah itu dengan bantuan cincin kudeta Islam Perang dan kontrol superior atas perdagangan maritim dan pasar akhir.

Pada abad ke-14 Islam telah didirikan di Timur Laut Malaya Brunei berada di barat daya Filipina dan di antara beberapa meter pesisir timur dan tengah Jawa.

Abad 15 menyaksikan penurunan Kerajaan Majapahit Hindu-Jawa sebagai pedagang Muslim dari Arab dan India Samara dan Semenanjung Malaya serta Cina mulai mendominasi perdagangan regional yang pernah dikuasai Pedagang Majapahit Jawa.

Dinasti Ming Cina memberikan dukungan rutin untuk ekspedisi Cina Zhang Malaka dikaitkan dengan pendirian pemukiman Muslim Cina di Palembang pantai Utara Jawa Malaka aktif mempromosikan konversi ke Islam di wilayah selama aktivitas Armada Ming Didirikan komunitas Melayu Muslim Tionghoa di Pantai Timur Laut, Jawa Sehingga menciptakan oposisi permanen terhadap Hindu Jawa.

Misi mendirikan komunitas Muslim Tionghoa Arab dan Malaysia di pelabuhan utara Jawa Kerajaan Muslim yang dominan semakin banyak hadir di nusantara Populasi Hindu historis adalah anemests Hindu dan Buddha dan pada waktunya banyak dari mereka menerima agama baru karena Muslim pedagang dan pedagang.

Ajaran Islam menyebar selama perdagangan dengan penduduk setempat dan ajaran mereka mendorong dakwah agama Hindu dan Budha umumnya tidak dan menginjili Islam adalah sistem kepercayaan monoteistik, dan tidak memungkinkan pengikutnya untuk percaya pada dewa lain.

Menjadi seorang Muslim telah menciptakan manfaat dan kondisi yang lebih menguntungkan bagi penduduk lokal Dari menjadi non-Muslim beberapa orang membutuhkan keamanan dan kepastian Jadi mereka memilih untuk menyatakan diri mereka Muslim Karena Islam muncul di Asia Tenggara melalui perdagangan dengan orang-orang Arab selatan dan Tasawuf Transisi berlangsung lebih damai dari pada di Timur Tengah atau Afrika Utara ada.

Indonesia adalah proses paling lambat, disikapi secara berbeda oleh pedagang elit dan bangsawan Kehadiran properti memudahkan agama menyebar di kalangan masyarakat umum.

Kehadiran agama Kristen dalam monarki memudahkan agama menyebar ke Kerajaan Eropa Sementara itu di pulau Jawa, daerah kantong Hindu Majah runtuh.

Beberapa dari kerajaan baru ini didukung oleh Ming Cina melalui asimilasi Perdagangan terkait transfer properti dan invasi Islam telah menggantikan Hindu dan Budha sebagai agama dominan di Jawa dan Sumatera pada akhir abad ke-16.

Tetapi banyak budaya dan adat istiadat agama sebagian besar berasal dari era Hindu Buddha Toleransi dan bahkan dimasukkan ke dalam ritual Islam. Islam tidak melenyapkan budaya yang sudah ada Penggabungan dan penggabungan adat istiadat lokal dan elemen non-Islam ke dalam aturan bagian Kehadiran kuat tasawuf adalah pendorong utama untuk rekonsiliasi antara Islam dan agama lainnya.

Ketika orang Eropa datang mereka membawa agama Kristen ke mayoritas Muslim. Tetapi tidak banyak yang masuk, mungkin karena fakta bahwa pada saat itu sudah dialek tidak menempatkan agama sebanyak pada abad 12 atau 13 M, ada Argumen lain, Indonesia adalah negara besar dengan lebih dari 250 juta orang dari berbagai budaya dan etnis.

Di ribuan pulau dari sudut pandang agama Indonesia tidak diatur oleh satu undang-undang karena lebih dari 80 persen penduduknya adalah Muslim. Indonesia dapat disebut sebagai salah satu negara-negara Islam di dunia Tapi Indonesia bukan Islam tradisional Konstitusi tidak secara khusus didasarkan pada agama mereka, dan itu juga mengandung banyak nilai-nilai universal yang juga tersedia dalam Islam maupun di agama lain. Dikenal sebagai Pancasila lima pilar filosofis negara.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Random