ASURANSI PENDIDIKAN ANAK SANGAT PENTING BAGI ORANG TUA DAN ANAK

asuransi pendidikan

ASURANSI PENDIDIKAN ANAK SANGAT PENTING BAGI ORANG TUA DAN ANAK

Selain berfungsi sebagai jaminan Pendidikan, asuransi Pendidikan juga baik untuk kondisi finansial di waktu yang akan datang. Tak hanya asuransi Kesehatan, asuransi Pendidikan pun juga memerlukan persiapan dini agar masa depan lebih terkamin. Bahkan di dalam asuransi Pendidikan biasanya juga terdapat pelayanan perlindungan jiwa.

Mungkin ada kegusaran alias beberapa faktor yang membuat banyak orang yang tidak menggunakan asuransi karena tidak ingin membayar setiap tahunnya atau preminya terlalu mahal. Hal ini bisa menjadi faktor utama kenapa banyak orang yang enggan menggunakan asuransi, termasuk asuransi Pendidikan anak.

Alasan Asuransi Pendidikan Anak itu Penting

Pendidikan anak akan terancam dengan adanya biaya Pendidikan yang semakin tahun semakin naik. Sementara itu, pendapatan orang tua tak kunjung bertambah bahkan bisa berhenti begitu saja tanpa kita mengetahuinya kapan itu bisa terjadi.

Perlu dketahui bahwa asuransi Pendidikan anak mampu melindungi masa depan anak bahkan hingga ke perguruan tinggi. Padahal biaya Pendidikan juga meliputi seperti seragam, buku, SPP Bulanan, uang Gedung, dan lain sebagainya. 

Mungkin salah satu faktor kenapa para orang tua tidak menggunakan asuransi Pendidikan anak karena mereka sudah beranggapan bahwa biaya Pendidikan bisa dibantu oleh pemerintah dengan adanya subsidi pemerintah. Padahal subsidi pemerintah kebanyakan berlaku di sekolah negeri saja. Bagaimana yang sekolah di sekolah swasta?

Biaya Pendidikan selalu naik karena adanya inflasi sector Pendidikan yang mencapai 15 persen. Tentu ini adalah ukuran inflasi yang cukup tinggi. Di sinilah kenapa biaya Pendidikan perlu disiapkan sejak dini. 

Resiko-resiko tersebut bisa diatasi dengan adanya asuransi Pendidikan anak. Tak hanya itu, resiko fisik pun juga bisa diatas dengan asuransi Pendidikan anak seperti adanya kecelakaan, meninggal, cacat, hingga pension pun juga terliput dalam asuransi Pendidikan anak. 

Jenis-Jenis Asuransi Pendidikan Anak di Indonesia

Umumnya, ada dua jenis asuransi Pendidikan anak yaitu unit link dan dwiguna. Keduanya memiliki perbedaan, meskipun sama-sama memproteksi biaya Pendidikan anak. 

Perbedaan tersebut terletak pada sistem asuransinya. Jika pada asuransi jenis unit link, dapat memberi peluang kepada nasabah untuk menanam modal, sedangkan asuransi Pendidikan dwiguna, kita bisa memprioritas tabungan perlindungan di masa depan.

Unit Link

Bisa dikatakan bahwa asuransi jenis unit link merupakan gabungan antara asuransi dengan investasi. Di mana kita bisa melindungi biaya Pendidikan di masa yang akan datang sekaligus menanam modal demi memajukan operasional Pendidikan. Sehingga kita bisa mendapatkan dua keuntungan sekaligus pada jenis asuransi Pendidikan anak ini.

Dwiguna

Beda halnya dengan asuransi Pendidikan anak jenis dwiguna. Di mana jenis asuransi ini lebih menekankan pada tabungan masa depan. Sehingga resiko yang terjadi pada Pendidikan anak di masa depan bisa lebih aman karena adanya tabungan ini. Hal ini sangat diuntungkan Ketika di kemudian hari, anak ingin tetap sekolah, namun orang tua sudah tidak bisa bekerja atau membiayai Pendidikan anak lagi.

Itulah pengetahuan tentang asuransi Pendidikan anak yang memiliki berbagai keuntungan dan bisa dikatakan memiliki sifat penting untuk orang tua juga anak. Namun, kita juga perlu mengetahui cara memilih asuransi Pendidikan anak dengan tepat. Jangan sampai kita ingin bebas dari resiko finansial malah terjerat dalam lembah finansial.

Memilih asuransi Pendidikan anak yang tepat sebaiknya memerlukan ketelitian dan kejelian dalam memilih. Karena kini semakin banyak asuransi Pendidikan yang ditawarkan baik ssecara online maupun offline.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Random