MANFAAT MEMBERIKAN PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK

manfaat pendidikan seks

MANFAAT MEMBERIKAN PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK

Pendidikan seks menjadi hal yang penting untuk diajarkan pada anak-anak sejak dini. Saat ini marak terjadi berbagai bentuk pelecehan seksual. Hal ini mengindikasikan bahwa belum ada upaya yang sungguh-sungguh untuk mengedukasi anak-anak terkait dengan pendidikan seks. Di masyarakat kita ada begitu banyak stigma yang sudah mengakar kuat. Kebanyakan orang akan berpikiran bahwa hal yang berkaitan dengan seksual adalah tabu dan tidak layak untuk dibicarakan.

Namun, kenyataannya masih banyak salah kaprah yang sering terjadi ketika seseorang membicarakan tentang pendidikan seks pada anak. Pendidikan seks menjadi penting sebagai bentuk pengetahuan yang harus dimiliki setiap anak bahkan sejak mereka duduk di bangku sekolah dasar. Pasalnya sekolah tidak mengajarkan mengenai pendidikan seks dengan baik bahkan tidak menyentuh ranah seksual sama sekali. Sehingga butuh peran yang besar dari orang tua dan keluarga untuk bisa memberikan edukasi yang baik dan benar pada generasi anak-anak. Berikut ini adalah manfaat yang bisa ditularkan pada anak-anak ketika mereka tahu soal pendidikan seks.

Tidak mudah terpengaruh dengan media dan lingkungan

Seperti yang kita ketahui, kegiatan media sosial begitu masif dan sulit untuk dikendalikan. Ada begitu banyak arus pemberitaan hingga saking banyaknya sulit untuk mendeteksi mana berita berdasarkan fakta dan mana yang hoax. Salah satunya soal citra seksual yang kerap disalahartikan ketika media tidak mampu memberikan informasi yang bersifat edukatif mengenai pendidikan seks. Sehingga salah kaprah mengenai pendidikan seks akan terus terjadi dan membuat anak-anak yang menggunakan media sosial menjadi terbelenggu dengan stigma yang salah.

Dapat saling membangun rasa percaya antara anak dan orang tua

Orang tua memiliki andil yang besar dalam membangun kepercayaan pada anak. Ada baiknya jika komunikasi mengenai pendidikan seks dibicarakan secara dua arah. Sehingga anak bisa lebih memahami dan orang tua bisa menjelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami. Jangan sampai anak mencari informasi yang entah bersumber dari mana dan membuat pemikiran salah mengenai seks yang kerap terjadi di masyarakat kita.

Anak menjadi mengerti soal tanggung jawab menjaga diri

Dengan adanya pendidikan seks sejak dini, anak-anak sudah mulai diajarkan untuk memiliki rasa tanggung jawab pada dirinya sendiri. Mereka akan senantiasa menjaga diri dan merawat diri dari hal-hal yang dirasa kurang baik. Terutama pada anak perempuan di mana masa pubertas jauh lebih cepat daripada anak laki-laki. Anak perempuan akan lebih perhatian dengan dirinya sendiri terutama jika sudah menginjak masa menstruasi. Anak perempuan harus sudah bisa membersihkan dan merawat daerah intim dan harus mulai menjaga diri ketika sedang berada di luar rumah.

Muncul rasa keberhargaan diri yang kuat pada anak

Ketika anak sudah dibekali dengan pengetahuan yang kuat mengenai pendidikan seks. Anak akan lebih mengenal dirinya dengan baik. Sehingga muncul perasaan harga diri yang kuat pada anak ketika ia beranjak dewasa nantinya. Orang tua diharapkan bisa ikut membantu dengan selalu memberikan dukungan moral pada anak untuk bisa lebih mengenal diri mereka lebih dekat lagi. Terutama ketika masa remaja di mana gejolak hormone yang belum stabil masih sulit dikendalikan. Ada banyak perasaan pada anak untuk mengeksplorasi berbagai macam hal. Dengan adanya benteng yang kuat mengenai pendidikan seks anak dapat terhindari dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Usia yang tepat memulai pendidikan seks pada anak



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Random