Beasiswa Kemendikbud Info Daftar

beasiswa kemendikbud

Kali ini saya akan berbagi informasi tentang beasiswa kemendikbud seperti kita tahu kemarin pada tanggal satu Juli kemendikbud sudah meluncurkan program beasiswa kemendikbud. Beasiswa ini bisa apa dimanfaatkan oleh mahasiswa yang on-going maupun beasiswa apa mahasiswa yang baru.

Nah ada tiga sasaran utama beasiswa kemendikbud, yaitu:

  1. Untuk masyarakat berprestasi terus
  2. Untuk pegawai Kemendikbud sendiri
  3. Untuk disabilitas

Nah sekarang kita akan membahas tentang mahasiswa ini yang berlaku umum yaitu untuk masyarakat berprestasi apa saja syaratnya? harus bagaimana cara pendaftarannya?

Berikut Informasi Beasiswa Kemendikbud

Persyaratan Mahasiswa Berprestasi

Persyaratan dari mahasiswa dengan tujuan atau sasaran yaitu masyarakat berprestasi merupakan beasiswa dalam negeri untuk jenjang sarjana, magister dan doktoral.

Beasiswa masyarakat berprestasi dapat diikuti oleh calon mahasiswa yang sudah memiliki surat diterima atau LOA di perguruan tinggi maupun mahasiswa yang melangsungkan perkuliahan maksimal semester 2 pada saat mendaftar.

Jadi pada dua sasaran ya di sini baik Mahasiswa baru atau mahasiswa on going dimana mahasiswa on-going tersebut maksimal berada pada semester 2 sekarang saat ini.

Nah beasiswa unggulan masyarakat berprestasi diberikan kepada masyarakat secara umum yaitu:

  • Berprestasi tingkat internasional dan atau nasional
  • Berkontribusi kepada daya saing bangsa di segala bidang, jadi misalkan ikut berprestasi dalam hal tertentu ya misalkan ikut lomba  skala nasional atau mungkin dia memiliki prestasi tertentu pada suatu bidang seperti itu.

Persyaratan Umum

  • Diutamakan memiliki sertifikat yang membuktikan prestasi akademik atau non akademik tingkat internasional dan atau nasional
  • Mendapatkan rekomendasi dari institusi nanti surat rekomendasinya itu bisa di download ya jadi ada format resmi 
  • Tidak sedang menerima beasiswa subsidi atau dari sumber lain
  • Diterima pada perguruan tinggi dalam negeri yang telah terakreditasi B Jadi syaratnya ini cukup mudah yaitu di perguruan tinggi asal ataupun perguruan tinggi tujuan yaitu bisa negeri atau swasta asalkan memiliki akreditasi B untuk institusi dan akreditasi B untuk program studinya.

Nah informasi ini sudah dapat lihat di website kemendikbud, jadi di sini nanti saudara bisa langsung mendaftar cukup mudah mendaftarkannya hanya butuh email dan NIK.

Persyaratan Khusus

  • Usia paling tinggi 22 tahun bagi mahasiswa baru atau paling tinggi 23 tahun untuk yang sedang menempuh perkuliahan, jadi untuk on going maksimal usianya adalah 23 tahun
  • Mengisi nilai ujian atau m dan sekolah berstandar nasional atau usbn  bagi siswa lulusan dalam negeri
  • Bagi mahasiswa jenjang pendidikan S1 tidak menumpuk atau yang sedang on going itu tadi IPK minimalnya 3,25.
  • Membuat karya tulis, nah karya tulisnya atau essay menggunakan bahasa Indonesia dengan ketentuan judul temanya adalah aku generasi unggul kebanggaan bangsa Indonesia syaratnya itu ditulis pada form berkas persyaratan minimal serat 1500 kata dengan ada syaratnya lebih ini.

Jadi saat kita membuka websitenya tampilannya akan seperti ini

tampilan login

Nanti saudara tinggal mengisi alamat surel jika sudah punya ya kalau belum punya akun ya langsung mendaftar sebagai peserta di sini nanti tinggal mengisi NIK alamat surel atau email nya.

Setelah mendaftar tadi kita akan mendapatkan gmail untuk konfirmasi pendaftaran lalu kita bisa login nanti saat kita sudah login tampilan login yang akan seperti ini

tampilan dashboard

Kita diminta untuk melengkapi profilnya yaitu biodata-biodata lengkap tinggal dilengkapi, terus orang tua, organisasi, pengalaman kerja, nah ini tentang prestasinya.

Karena ini biasa soalnya adalah beasiswa masyarakat berprestasi maka kita diminta untuk menunjukkan prestasi kita terus riwayat beasiswa kalau pernah riwayat pendidikan sama sertifikasi keahlian jika memiliki ini opsional.

Nanti kita bisa daftar ke halaman beasiswanya disini ini

jadwal beasiswa

Jadwalnya yang terakhir itu kesempatan untuk melengkapi berkas-berkas.

Sekarang apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftar beasiswa ini di kelengkapan berkas beasiswa itu yang dibutuhkan adalah:

  1. KTP
  2. Kartu tanda mahasiswa jika mahasiswanya on-going
  3. LOA Unconditional untuk on-going ganti dengan surat tanda aktif kuliah
  4. KHS (khusus mahasiswa on-going)
  5. Ijazah transkrip nilai terakhir
  6. Sertifikat TOEFL atau IELS (khusus untuk magister atau Doktoral) jadi untuk S1 tidak diwajibkan
  7. Proposal rencana studi, nah untuk proposal rencana studi ini saudara diminta untuk menjabarkan atau menuliskan tentang rencana studi dari awal sampai akhir nanti skripsinya temanya tentang apa, ini bebas maksudnya tidak ada format tertentu saudara juga tidak perlu bingung tentang formatnya seperti apa
  8. Surat rekomendasi, ini sudah ada apa itu namanya formatnya nanti saya sertakan di link deskripsi
  9. Surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa ini juga ada formatnya
  10. Sertifikat prestasi minimal tingkat kabupaten, karena berprestasi bisa tingkat kabupaten bisa tingkat provinsi atau nasional lebih baik.
  11. Essay menggunakan bahasa Indonesia dengan judul untuk teman-teman yang S1 itu adalah "Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia" yang minimal ditulis sebanyak 1500 Kata.

Mungkin disini masih ada yang bertanya-tanya ya tentang LOA. LOA adalah Nama atau istilah lain dari surat dinyatakan lulus di perguruan tinggi tujuan tanpa syarat tambahan LOA.

Keunggulan

Keunggulan mengikuti beasiswa Kemendikbud ini yaitu:

  • Biaya pendidikan
  • Biaya hidup dan di dalam biaya hidup itu untuk tahun lalu itu sekitar 1,4 juta untuk S1 perbulan
  • Biaya buku, nah ini saya kurang paham berapanya mungkin kalau dihitung-hitung ya cukup untuk biaya hidup kita kos-kosan dan sebagainya Itu insyaallah cukup untuk yang didapatkan dari beasiswa kemendikbud ini.

Pertanyaan-Pertanyaan

Bagaimana sih untuk persyaratan LOA apabila saya mahasiswa on-going?

LOA untuk mahasiswa yang on-going bisa diganti dengan keterangan aktif ini pertanyaan yang sering muncul dari website sudah ada.

Apakah ada format Essay yang baku?

Untuk format isinya itu kan dengan judul Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia untuk S1 ya, isinya itu ditulis dengan cara sebagai berikut:

  • Ditulis sebanyak 3-5 halaman.
  • Menggunakan kertas A4.
  • Format huruf Times New Roman.
  • Ukuran Font 12
  • Menggunakan Spasi 1,5

Apakah ada format yang baku untuk proposal?

Tidak ada format khusus untuk proposal namun diharapkan didalamnya terdapat:

  • Rencana Perkuliahan
  • SKS semester yang akan ditempuh hingga selesai studi
  • Topik apa yang akan ditulis dalam skripsi tesis atau disertasi.
  • Deskripsikan aktivitas diluar perkuliahan yang akan dilakukan selama studi
  • Bagaimana implementasi hasil studi di masyarakat

Nah silahkan mumpung masih dibuka kesempatannya silakan mulai mengumpulkan berkas-berkas, mulai membuka website untuk melihat lebih detail apa yang harus dipersiapkan. Dan semangat untuk daftar beasiswa kemendikbud dan semangat untuk berprestasi jika info ini bermanfaat silahkan di-share ke temen-temennya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Random