Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII SMP/MTs Kurikulum 2013

pendidikan agama islam dan budi pekerti

Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 7 berisi tentang pengembangan pengetahuan nilai-nilai sikap dan keterampilan keagamaan yang mendorong pada pengamalan ajaran Islam yang meliputi:

  1. Pemahaman terhadap kandungan surah ar-Rahman/55: 33, surah al-Mujadalah/58, surah an-Nisa/4:146 , surah al-Baqarah/2: 153, dan surah ali-Imran/3: 134 ;
  2. Pemahaman makna dan hikmah al-asma’ul husna: al-‘Alim, al- Khabir, as-Sami’, dan alBasir serta Pemahaman makna dan hikmah beriman kepada malaikat Allah
  3. Nilai akhlak dan budi pekerti yang meliputi; jujur, hormat kepada orang tua, amanah, istiqamah, empati, semangat mencari ilmu;
  4. Pemahaman terhadap ketentuan taharah dan hikmahnya serta pemahaman terhadap ketentuan shalat berjamaah dan hikmahnya juga pemahaman tentang shalat jamak dan qasar;
  5. Pemahaman tentang hikmah dakwah Rasulullah periode Mekah dan Madinah

Buku ini merupakan penjabaran dari Standar Isi Kurikulum 2013 yang menitikberatkan pada asfek sikap spiritual (Kompetensi Inti 1) dan sikap sosial (Kompetensi Inti 2). Namun demikian, agar KI-1 dan KI-2 dapat terimplementasi dengan benar, dijabarkan pula aspek pengetahuan dan ketrampilan.

Diawali dengan tema: “Mari Renungkan” dan “Mari Mengamati”, diharapkan buku ini mampu menggugah kepekaan peserta didik terhadap isyu-isyu aktual, kemudian bisa menyelesaikan masalah-masalah tersebut dengan baik.

Informasi Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII SMP/MTs Kurikulum 2013

Penulis: Muhammad Ahsan, Sumiyati, dan Mustahdi.
Penelaah: Muh. Saerozi, Yusuf A. Hasan, Nurhayati Djamas, dan Muhammad Nadjib
Penyelia Penerbitan: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Cetakan Ke-1, 2013
ISBN 978-979-1274-96-8 (jilid 1)
Cetakan Ke-2, 2014 (Edisi Revisi)
ISBN 978-602-282-267-7 (jilid 1)
Cetakan Ke-3, 2016 (Edisi Revisi)
Cetakan Ke-4, 2017 (Edisi Revisi)
Disusun dengan huruf Times New Roman, 12pt.
ISBN 978-602-282-913-3 (jilid 1)

Disclaimer Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII SMP/MTs Kurikulum 2013

Buku ini merupakan buku siswa yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku siswa ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Buku ini

merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan yang dialamatkan kepada penulis dan laman http://buku.kemdikbud.go.id atau melalui email buku@kemdikbud.go.id diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.

Tampilan Buku

DOWNLOAD

Katalog Dalam Terbitan

Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.– . Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017
viii, 224 hlm. : ilus. ; 25 cm.
Untuk SMP/MTs Kelas VII
ISBN 978-602-282-912-6 (jilid lengkap)
ISBN 978-602-282-913-3 (jilid 1)

Profil Penulis

Nama Lengkap : Muhammad Ahsan, S.Ag, M.Kom.
Telp. Kantor/HP : 08122555583.
E-mail : ahsanpedurungan@gmail.com.
Akun Facebook : www.facebook.com/MuhammadAhsan-FP
Alamat Kantor : Jl. Kompol R Soekanto, Tembalang, Kota Semarang
Bidang Keahlian: Guru PAI dan Budi Pekerti

Nama Lengkap : Sumiyati,S.Ag
Telp. Kantor/HP : 081382148038
E-mail : syarial_helmy@yahoo.co.id
Akun facebook : -
Alamat Kantor : Jl. Mandor Samin No. 62 Kalibaru, Cilodong Depok
Bidang Keahlian : -

Nama Lengkap : H. Mustahdi, M.Ag.
Telp. Kantor/HP : 081288634665.
E-mail : mustahdi2010@gmail.com
Akun Facebook :
Alamat Kantor : Jl. Pendidikan no. 49 Ciputat Tangsel
Bidang Keahlian: Penulis Buku PAI dan Budi Pekerti
Kelas VII dan XI

Profil Penelaah

Nama Lengkap : Prof. Dr. Nurhayati Djamas, MA, M.Si
Telp. Kantor/HP : 021-7300281 / 0811874441 dan 081316291153
E-mail : n.djamas@yahoo.com dan nurhayati_djamas@
uai.ac.id
Akun Facebook : -
Alamat Kantor : Jl. KH Mas Mansyur no 47 Pinang, Kota Tangerang
Bidang Keahlian : Pendidikan Agama Islam dan Psikologi Anak

Nama Lengkap : Drs. Yusuf A. Hasan, M.Ag.
Telp. Kantor/HP : 0274-387656/08122720604
E-mail : yah_lies@yahoo.com
Akun Facebook : -
Alamat Kantor : Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah
Yogyakarta, Jl. Lingkar Selatan Tamantirto, Kasihan,
Bantul, DI Yogyakarta, 55183
Bidang Keahlian : Pendidikan Agama Islam dan Psikologi Anak

Nama Lengkap : Dr. Muh Saerozi, M.Ag.
Telp. Kantor/Hp : (0298) 323706/ 08122925420
Alamat Rumah : Genuk Rt 02/ RW III Ungaran Kab. Semarang
E-mail : saerozi2010@yahoo.com
Aamat Kantor : Jalan Tentara Pelajar 02 salatiga
Bidang Keahlian : Ilmu Pendidikan Islam

Profil Editor

Nama : Nening Daryati,SS
Telp Kantor/HP : 081311417009
E-mail : dikningmaniez@gmail.com
Akun Facebook : -
Alamat Kantor : Jl. Gunung Sahari Raya No 4 Komp. Eks Siliwangi, Senen –
Jakarta Pusat
Bidang Keahlian: Editor

Saya rasa sekian pembahasan kali ini mengenai pendidikan agama islam dan budi pekerti ini silahkan share jika Kamu rasa artikel ini bermanfaat, dan kalau ada yang ingin ditanyakan atau berpendapat silahkan berkomentar saja.

13 Komentar

  1. Luar biasa, semoga bangsa yang bermartabat ini selalu akan mendapatkan generasi dengan budi pekerti yang luhur, sesuai dengan nilai-nilai agama yang ditanamkan sebagai paradigma basicnya.

    BalasHapus
  2. Bagus nih bukunya buat anak sekolah, keponakan setahun lagi mau SMP.

    BalasHapus
  3. Ini bukan takabur, tapi ga tau kenapa selalu dapet nilai bagus di rapor kalau soal mapel PAI ini, dari SD sampe kuliah hihi. Baru tau sekarang ada tambahan embel-embel "Budi Pekerti"-nya.

    BalasHapus
  4. sekarang buku agama Islam ada tambahan budi pekertinya yaa. aku lupa-lupa ingat nih pelajaran agama islam jaman SMP dulu gimana apakah fikih saja atau bergabung dengan materi yang lain

    BalasHapus
  5. Terima kasih, updatenya Ka. Jadi tahu penulis dan penelaahnya juga, pelajaran PAI SMP dah lumayan tinggi ya sekarang.

    BalasHapus
  6. Wahaha jadi inget waktu sekolah dulu, selalu dapat nilai pas-pasan pas mata pelajaran ini. Entah karena akhlak yang kurang apa emang dedel aja saya ini..

    BalasHapus
  7. Berasa balik ke jaman sd dan smp dulu. Tetapi, anak2 sekarang katanya tidak ada pelajaran budi pekerti. Tapi gatau jugaa yaa, adik aku katanya begitu, cuma sampai kelas 3 SD saja. Padahal, kalau kita nilai, pelajaran agama dan budi pekerti ini sangat bagus dan lebih dapat ilmunya.

    BalasHapus
  8. Bagus nih isi bukunya, apalagi diawali dengan renungan dan pemahaman. Untuk belajar agama memang lebih baik siswa memahami dulu maknanya ketimbang menghafal tapi tak tau artinya.

    BalasHapus
  9. Terima kasih sudah berbagi. Senangnya juga buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti ini bisa diunduh gratis.

    BalasHapus
  10. Semua sekolah pakai buku ini kah sekarang? Aku agak lupa dulu pas SMP pakai buku apa. Hehe

    BalasHapus
  11. wah enak nih udh tersedia pdf nya dan tinggal unduh aja ya mas, bisa buat tambahan pelajaran buat keponakan aku nih

    BalasHapus
  12. Lengkap dan detail sekali informasinya, terima kasih.
    Kayaknya enggak hanya buku PAI juga, buku lain juga perlu dibahas detail seperti ini.

    BalasHapus
  13. wah legal ini ya gratis? alhamdulillah semakin banyak yang membutuhkan akan terbantu

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Random