Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Universitas Pendidikan Ganesha : Sejarah, Fakultas dan Jalur Pendaftarannya

universitas pendidikan ganesha

Universitas Pendidikan Ganesha memiliki sejarah yang panjang sebuah kursus B1 bahasa Indonesia untuk mencetak calon guru bahasa Indonesia di sekolah menengah yang didirikan pada tahun 1955.

Universitas Pendidikan Ganesha

Perkembangan Universitas Pendidikan Ganesha setiap tahunnya seperti berikut:

  • Kursus B1 Bahasa Indonesia Tahun 1995
  • FKIP UNUD Tahun 1962
  • STKIP Negeri Singaraja Tahun 1993
  • IKIP Negeri Singaraja Tahun 2001
  • Universitas Pendidikan Ganesha Tahun 2006

Universitas Pendidikan Ganesha adalah perguruan tinggi yang diberi perluasan mandat. Lembaga pendidikan yang semula dikhususkan untuk mengelola program-program studi kependidikan mencetak sarjana pendidikan atau calon guru.

Kemudian diberi kewenangan lebih luas untuk mengelola program-program studi non-kependidikan untuk lulusan-lulusan profesional dibidang non-kependidikan dan juga memperkuat bidang pendidikan dalam hal karakter.

Sesuai dengan kewenangan yang diberikan oleh pemerintah Universitas Pendidikan Ganesha mengelola Prodi kependidikan dan Prodi non-kependidikan baik jenjang Diploma, S1, S2 maupun S3 yang terdistribusi ke dalam delapan fakultas.

Fakultas Bahasa dan Seni

Fakultas Bahasa dan Seni

Fakultas bahasa dan seni Universitas Pendidikan Ganesha merupakan fakultas yang berfokus pada pengembangan sumber daya manusia, khususnya pada bidang bahasa dan seni.

Mahasiswa dibimbing bukan hanya melalui pendidikan teoritis, namun juga pengaplikasian ketrampilan bahasa dan seni secara langsung.

Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial

Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial

Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial Universitas Pendidikan Ganesha memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang bermutu pada bidang ilmu sosial, ilmu hukum dan pendidikan sosial.

Pendidikan dan pengembangan iptek berbasis riset terus dilakukan demi tercapainya kualitas unggul pada bidang-bidang tersebut.

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Fakultas Matematika dan ilmu pengetahuan alam Universitas Pendidikan Ganesha didukung oleh sumber daya manusia baik tamatan dalam negeri maupun luar negeri untuk mendukung tercapainya visi misi Universitas Pendidikan Ganesha.

Penyelenggaraan Building World Class menjadi salah satu langkah nyata untuk menghasilkan output yang mampu bersaing ditingkat Asia

Fakultas Ilmu Pendidikan

Fakultas Ilmu Pendidikan

Fakultas ilmu pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha berfokus untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta menghasilkan tenaga pendidik dan kependidikan yang cerdas dan berdaya saing tinggi.

Penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat adalah misi fakultas ini untuk menghasilkan lulusan yang bermutu.

Fakultas Olahraga dan Kesehatan

Fakultas Olahraga dan Kesehatan

Fakultas olahraga dan kesehatan Universitas Pendidikan Ganesha membawahi berbagai jurusan yang mana fokus untuk menghasilkan calon guru, pelatih, peneliti olahraga dan tenaga profesional di bidang kesehatan.

Untuk itu FOK Universitas Pendidikan Ganesha terus melakukan telaah pada konsep ke olahragaan dan kesehatan berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Fakultas Teknik dan Kejuruan

Fakultas Teknik dan Kejuruan

Fakultas Teknik dan Kejuruan unik sampai menerapkan pendidikan yang tidak hanya berfokus pada pengetahuan, tetapi juga praktik yang akan mengasah ketrampilan mahasiswa.

Penyelenggaraan pendidikan selalu diselaraskan dengan kemajuan iptek dan perkembangan zaman sehingga tercipta lulusan yang bermutu tinggi.

Fakultas Ekonomi

Fakultas Ekonomi

Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha memiliki tujuan mengembangkan jiwa wirausaha mandiri pada diri mahasiswa.

Mahasiswa tidak hanya diharapkan mampu unggul dan bersaing di dunia kerja, namun juga bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Fakultas Kedokteran

fakultas kedokteran

Fakultas Kedokteran Universitas Pendidikan Ganesha memiliki tujuan untuk menghasilkan dokter yang bermutu sesuai dengan standar mutu pendidikan dokter Indonesia.

Hal yang menjadi kelebihan dari fakultas kedokteran Universitas Pendidikan Ganesha adalah dikembangkannya profesionalisme dalam bidang ilmu kedokteran pariwisata.

Untuk menyiapkan lulusan yang siap bersaing di dunia kerja Universitas Pendidikan Ganesha terus-menerus mengembangkan kurikulumnya.

Penerapan kurikulum yang terus-menerus mengikuti perkembangan Iptek dan tuntutan pasar kerja, didukung oleh ketersediaan sarana dan prasarana pendukung perkuliahan yang sangat memadai.

Universitas Pendidikan Ganesha memiliki ruang kuliah yang sangat baik, ruang terbuka di kampus sangat memadai dilengkapi dengan taman yang tertata apik sehingga memberi kenyamanan untuk melakukan aktivitas akademik.

Belum lagi berbagai sarana olahraga yang berstandar nasional atau internasional seperti lapangan sepak bola, voli, tenis, baik luar ruang maupun dalam ruang atau GOR.

Diluar dukungan sarana dan prasarana yang memadai perkuliahan dikelola oleh SDM yang bermutu.

Jalur Pendaftaran Universitas Pendidikan Ganesha

Untuk bisa mengikuti kuliah di universitas pendidikan ganesha ada beberapa pilihan jalur masuk, yaitu:

  • Jalur SNMPTN
  • Jalur SBMPTN
  • Jalur mandiri
  • Mandiri undangan (untuk mereka yang berminat menempuh kuliah pada jenjang Diploma 3)

Kampus ini dikenal dengan kampus merakyat, uang kuliah Tunggal atau UKT persemester membentang dari yang sangat kecil sebesar 500.000 Rupiah persemester disesuaikan dengan kondisi ekonomi calon mahasiswa dan kebutuhan perkuliahan.

Disini mahasiswa tidak hanya diasah dalam bidang akademik tetapi juga dalam bidang non-akademik.

Ada 24 unit kegiatan mahasiswa di bawah kendali Badan Eksekutif Mahasiswa yang akan mengembangkan bakat dan minat di bidang olahraga dan seni serta keterampilan berorganisasi mahasiswa.

Melalui pengembangan lewat berbagai UKM, mahasiswa disini telah meraih berbagai prestasi baik tingkat nasional maupun internasional.

Biaya hidup di Singaraja tempat kampus ini berada tergolong murah dengan biaya 750.000 per bulan mahasiswa bisa memenuhi kebutuhan hidupnya dalam sebulan.

Tempat tinggal juga mudah didapat disekitar kampus dengan sewa pertahun yang bervariasi, sehingga mahasiswa tidak akan mengalami kesulitan untuk mendapatkannya.

Terakhir adalah bentang alam Buleleng yang negara gunung menjadikan adanya banyak objek wisata alam yang indah yang mudah dijangkau dari kota Singaraja seperti Pantai, Air Terjun dan Kebun Raya, sehingga mahasiswa tidak sulit mencari tempat refreshing tatkala jenuh belajar.

Ayo kuliah untuk Hari depan yang lebih baik karena pendidikan adalah eskalator terbaik untuk melakukan perubahan sosial.

Saya rasa sekian pembahasan kali ini mengenai universitas pendidikan ganesha ini silahkan share jika Kamu rasa artikel ini bermanfaat, dan kalau ada yang ingin ditanyakan atau berpendapat silahkan berkomentar saja.

Rifqi Fauzan Sholeh
Rifqi Fauzan Sholeh Berbagi Informasi Seputar Pendidikan

Posting Komentar untuk "Universitas Pendidikan Ganesha : Sejarah, Fakultas dan Jalur Pendaftarannya"