Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Email Baru Melalui HP dan Komputer Terlengkap

cara membuat email baru

Cara membuat email baru merupakan langkah untuk dapat mengirim pemberitahuan yang lebih mudah dengan cara mengirimkan surat melalui email dan untuk mendukung profesionalisme pekerjaan kamu.

Mungkin kamu sudah sering mendengarkan email bahkan memanfaatkan email dalam gaya hidup sehari-hari. Email sebenarnya adalah singkatan dari surat digital, yang sebenarnya merupakan pemberitahuan yang disebarkan melalui surat digital atau bahkan email yang menampilkan pemberitahuan perdagangan yang langsung datang dari satu badan ke badan lain dengan bantuan web.

Karakter ini dapat dengan mudah menyertakan surat teks, file, gambar, atau bahkan berbagai aksesori lain yang sebenarnya dikirim secara online ke individu atau bahkan tim tertentu. Sebelum mengirim email, kamu memerlukan kesepakatan email untuk menentukan sendiri. Untuk mendapatkannya, kamu harus membuat profil baru menggunakan solusi dari perusahaan layanan email. Tentu saja ada banyak solusi untuk membuat profil email baru. Beberapa yang sering digunakan adalah Gmail, Yahoo dan Overview. Yang sesuai sebenarnya adalah cara membuat email baru dengan 3 penyedia email yang bisa diakses melalui telepon genggam (handphone) atau bahkan sistem komputer.

Mengapa kamu Harus Membuat Email?

Kamu pasti bertanya-tanya, mengapa perlu membuat email di Gmail? Mengapa tidak menggunakan penyedia email yang lain? Tentu ada banyak alasan mengapa gmail adalah yang terbaik di antara penyedia email lainnya, antara lain:

  1. Dengan membuat profil Gmail, kamu dapat dengan mudah menggunakan semua item Google, seperti Jadwal Google, Google Documents, Google Sheets, dan Gmaps.
  2. Email Gmail sebenarnya ditawarkan secara gratis, jelas tidak ada biaya untuk membuat profil Gmail. Kamu dapat dengan mudah langsung mengunduh dan menginstal di ponsel kamu, mendaftar ke Gmail, setelah itu segera gunakan.
  3. Administrasi perusahaan yang keren, di antara manfaat dari solusi email khusus ini sebenarnya adalah tag, atau bahkan 'folder' yang disertakan untuk email. Kamu dapat dengan mudah mengubah desain serta tampilan, atau bahkan menyertakan berbagai tag lainnya.
  4. Storage memori yang besar, kemampuan 15 GB sebenarnya ditawarkan bersama dengan daftar Gmail baru. Itu adalah variasi yang besar, bukan? Apalagi jika tim kita benar-benar bijak dalam menanganinya. Jika kemampuan ini benar-benar mengalami lebih sedikit, kamu dapat dengan mudah memperbarui kesepakatan Gmail gratis kamu dengan variasi biaya. Biayanya berbeda, tergantung pada jumlah kemampuan yang kamu butuhkan.
  5. Sinkronisasi Chrome, Google Chrome tentunya dapat dengan mudah diakses tanpa perlu membuat profil Gmail sangat awal. Namun, jika profil Google kamu benar-benar disinkronkan dengan Chrome, semua informasi seperti latar belakang dan bookmark penting akan benar-benar terhubung.

Cara Membuat Email Baru di Gmail

Google Email atau yang biasa disebut dengan Gmail sebenarnya adalah penyedia email yang berasal dari Google. Profil ini dapat digunakan untuk berbagai tugas seperti surat, identifikasi, iklan, perusahaan, dan banyak lagi.

Berikut cara membuat email baru menggunakan Gmail:

  1. Silahkan buka accounts.google.com
  2. Pilih Signup untuk membuat akun baru
  3. Lengkapi nama depan dan belakang
  4. Masukan nama email sesuai keinginan kamu
  5. Masukan sandi yang pastinya mudah diingat
  6. Lengkapi kolom nomor telepon
  7. Jika kamu mempunyai email cadangan silahkan isi kolom alamat email pemulihan
  8. Isi kolom tanggal lahir
  9. Pilih jenis kelamin
  10. Silahkan klik berikutnya
  11. Next page silahkan klik "Saya Setuju"
  12. Selesai

Cara Membuat Email baru di Yahoo

Untuk daftar email Yahoo, kamu hanya perlu melakukan beberapa tindakan sederhana. Dengan menggunakan email ini, kamu dapat dengan mudah mengakses Yahoo Email, Yahoo Financing, aktivitas Yahoo Sporting, dan lain sebagainya. Tekniknya sebenarnya seperti yang diamati:

  1. Silahkan buka login.yahoo.com
  2. Klik "Buat Akun"
  3. Lengkapi nama depan dan nama belakang
  4. Masukan alamat email yang kamu inginkan
  5. Masukan kata sandi yang tentunya mudah diingat
  6. Masukan nomor yang aktif untuk verifikasi akun yahoo
  7. Lengkapi kolom tanggal lahir
  8. Silahkan pilih "Lanjutkan"
  9. Cek ponsel kamu untuk mendapatkan kode verifikasi
  10. Selesai

Cara Membuat Email baru di Outlook

Sebenarnya outlook adalah penyedia email dari Microsoft. Outlook ini pada dasarnya digunakan untuk mengirim email, tetapi juga terdiri dari fitur-fitur seperti kalender, administrasi pekerjaan, administrasi kontak, pencatatan, penjurnalan, dan pencarian internet.

Cara membuat email baru di Outlook sebagai berikut:

  1. Silahkan buka Outlook.com
  2. Klik "Create Account"
  3. Masukan alamat email yang kamu inginkan
  4. Masukan kata sandi yang mudah diingat
  5. Lengkapi kolom nama depan dan nama belakang
  6. Pilih negara
  7. Pilih tanggal lahir
  8. Selesaikan teka-teki identifikasi robot
  9. Selesai

Cara membuat email baru untuk gadget kamu

Kamu dapat membuat email baru di gadget melalui browser atau aplikasinya. Biasanya di gadget kamu sudah tersedia aplikasi Gmail. Berikut cara membuat email baru untuk gadget kamu:

  1. Buka aplikasi gmail yang tersedia di gadget kamu
  2. Masukan akun google kamu
  3. Selesai

Tiga langkah diatas tadi bisa dilakukan jika kamu sudah memiliki akun google, jadi pastikan terlebih dahulu kamu sudah membuat akun googlenya.

Keuntungan mempunyai email

Setelah kamu selesai membuat email baru, kamu dapat dengan mudah menggunakannya untuk mengirim dan menerima pemberitahuan jarak jauh. Email bisa membantu untuk gaya hidup sehari-hari.

Berikut keuntungan kamu mempunyai email:

  1. Kirim surat elektronik gratis. Jika dibandingkan dengan pengiriman email konvensional, email sebenarnya memiliki keuntungan biaya karena tidak perlu lagi membeli laporan, alat tulis, perangko, perekat, dan lain sebagainya untuk mengirimkan surat.
  2. Jangkauan sangat luas. Email dapat diakses di mana saja. Artinya, jika seseorang mengirimkan surat yang datang dari tempat yang jauh dari penerima, notifikasi tersebut masih dapat dengan mudah didapatkan dan diakses dengan cepat.
  3. Pengiriman sangat cepat. Pengiriman email konvensional membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk surat sampai menuju ke lokasinya sendiri. Namun demikian, e-mail dapat dikirim secara langsung dan juga diterima melalui penerimanya dalam hitungan menit dan bahkan detik. Ini membuatnya lebih mudah untuk informasi aksesibilitas.
  4. Menghubungkan File. Mengirim email memiliki jangkauan luas yang benar-benar gratis dan cepat. Ini berarti pengiriman data file, seperti gambar, file, klip video, dan suara, dapat dilakukan dengan cepat tanpa menjadi masalah.
  5. Penyimpanan jangka panjang. Menggunakan email berarti kamu bisa melihat notifikasi yang sebenarnya sudah datang dari tahun-tahun sebelumnya. Surat tersebut disimpan secara elektronik agar cepat tersedia dan tidak cepat rusak. Berbeda dengan surat konvensional yang menggunakan laporan sensitif. Ramah lingkungan. Email tidak menggunakan laporan sehingga dapat dengan mudah menjaga suasana. Bayangkan jika memang tidak ada email, jumlah pohon pasti akan berkurang untuk membuat laporan, amplop, serta berbagai produk lainnya.

Cara Membuat Email Baru untuk Bisnis

Tentu ada 2 cara untuk membuat email baru untuk bisnis kamu, yaitu:

  1. Memanfaatkan Zoho (Gratis)
  2. Memanfaatkan solusi holding (Berbayar)

Tercantum di bawah ini, saya akan membicarakan cara membuat email baru untuk bisnis kamu.

Memanfaatkan Zoho (Gratis)

Zoho menawarkan opsi paket gratis bagi kamu yang ingin membuat email menggunakan domain bisnis atau bahkan perusahaan. Inilah caranya:

  1. Buka zoho.com
  2. Silahkan pilih Get Started pada FREE PLAN jika kamu ingin yang gratis.
  3. Input domain website bisnis kamu
  4. Lengkapi kolom informasi bisnis kamu

Perlu kamu ketahui sebelumnya, maksimal user email domain bisnis dari website kamu di menu FREE PLAN ini maksimal 5 user, setiap user hanya diberikan storage 5 GB

Memanfaatkan Layanan Hosting (Berbayar)

Dalam teknik ini, kamu hanya perlu membeli akses hosting dan kemudian membuat email bisnis yang kamu inginkan. Berikut cara membuat email baru utnuk bisnis kamu melalui hosting:

  1. Silahkan buka cpanel
  2. Silahkan pilih Email Accounts
  3. Masukan alamat email yang ingin kamu buat di kolom Email, kemudian pilih nama domain untuk email di kolom Nama domain (jika kamu memiliki lebih dari satu nama domain di penyimpanan kamu). Masukan kata sandi di kolom kata sandi, tentukan besaran storage yang diberikan untuk email yang kamu buat
  4. Lalu setelah semuanya terisi klik "Create Profile"
  5. Selesai! kamu telah berhasil membuat email bisnis dengan nama domain kamu sendiri.
  6. Kamu dapat dengan mudah mengakses email yang telah kamu buat melalui yourdomainname.com/webmail, masuk ke alamat email dan password yang kamu tentukan untuk email yang kamu buat.
  7. Setelah itu akan muncul 3 pilihan request webmail yang bisa kamu manfaatkan.

Oh memang, biasanya penyedia email yang berasal dari hosting sebenarnya memiliki batasan tertentu. Oleh karena itu, jika kamu membutuhkan email bisnis dengan kemampuan ekstra yang jauh lebih banyak, silahkan beli layanan email hosting dari penyedia hosting yang kamu percaya.

Saya rasa sekian pembahasan kali ini mengenai cara membuat email baru ini silahkan share jika Kamu rasa artikel ini bermanfaat, dan kalau ada yang ingin ditanyakan atau berpendapat silahkan berkomentar saja.

Rifqi Fauzan Sholeh
Rifqi Fauzan Sholeh Berbagi Informasi Seputar Pendidikan

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Email Baru Melalui HP dan Komputer Terlengkap"