10 Jurusan Kuliah Favorite Anak IPS dan Prospect Kerjanya

10 Jurusan Kuliah Favorite Anak IPS dan Prospect Kerjanya

Meneruskan pendidikan di kursi perkuliahan jadi peluang yang bernilai untuk membuat dasar profesi. Tidak seluruhnya orang mempunyai peluang yang serupa untuk mengenyam pendidikan sampai ke tingkat diploma atau sarjana.

Itu kenapa, saat kamu akan memiliki status menjadi mahasiswa, harus membuat perencanaan masa depanmu perlu disiapkan dengan matang. Satu diantaranya dengan pilih jurusan yang cocok dan sesuai dengan kekuatan yang kamu punya.

Untuk dapat pilih jurusan yang pas, kamu perlu menimbang banyak hal. Apa sesuai ketertarikan dan talentamu? Apa prospect profesinya janjikan? Bagaimana tingkat kompetisinya?

Sebagai rekomendasi untuk menolong kamu mendapatkan jurusan yang pas saat kuliah kelak, merilis Quipper Campus, ada sepuluh daftar bidang keilmuan sosial yang pamor dan jadi opsi favorite anak IPS.

1. Psikologi

Dapat dikatakan Jurusan Psikologi ialah "jurusan kedokterannya" anak IPS. Sesudah lulus S1, kamu dapat meneruskan ke tingkatan S2 karier dan jadi seorang psikiater untuk buka praktek diskusi secara berdikari.

Di beberapa universitas, jurusan Psikologi masuk ke ranah IPA, hingga kamu harus mengamati perguruan tinggi mana memiliki jurusan Psikologi IPS.

Bagaimana jika kamu cuman lulus S1 Psikologi saja? Tak perlu kuatir dikarenakan kamu dapat bekerja menjadi staff HRD di perusahaan dari beragam bidang industri, dimulai dari pendidikan, kesehatan, pariwisata, manufacturing, dan sebagainya. Di jurusan ini, kamu dapat pilih konsentrasi ilmu Psikologi Industri, Klinis, Anak, dan Perkembangan.

2. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) ialah jurusan yang mendalami mengenai prinsip komunikasi yang diungkapkan menggunakan media visual seperti gambar, photo dan wujud rupa yang lain. Seperti membuat menggambar desain simbol, gambar, dan media visual yang lain sebagai fasilitas promo dan informasi.

Media visual itu dipakai sebagai fasilitas untuk memberikan info tertentu atau mempersuasi (memengaruhi) orang.

Jurusan yang ini semakin disukai semenjak majunya zaman digital. Kamu dapat jalani karier sebagai seorang animator, pakar multimedia, pendesain grafis, dan lain-lain di beberapa lembaga baik di perusahaan swasta, pemerintah.

3. Ilmu Hukum

Karier sebagai advokat atau pengacara selainnya benar-benar berprestise janjikan penghasilan yang tinggi.

Jika kamu ingin meniti karier sebagai advokat, sudah pasti harus tempuh pendidikan di Fakultas Hukum terlebih dahulu.

Tidak berbeda jauh dengan Jurusan Psikologi, menjadi seorang advokat kamu harus meneruskan pengajaran karier sesudah tamat S1 Pengetahuan Hukum.

Opsi karier yang lain, kamu menjadi seorang notaris dan Petinggi Pembikin Akte Tanah (PPAT). Ketentuannya, kamu harus tempuh pengajaran karier notaris dulu sesudah lulus dari Jurusan Hukum.

Untuk kamu yang tidak dapat meneruskan ke tingkatan karier tak perlu berasa kecil hati, karena alumnus S1 Hukum masih banyak memiliki peluang kerja.

Seorang Sarjana Hukum umumnya bisa menempati status HRD atau legal di perusahaan atau industri. Pekerjaannya ialah mengurusi beberapa surat kontrak perusahaan bagus untuk pegawai atau kerja-sama usaha.

4. Hubungan Internasional

Jurusan kuliah favorite dan berprestise yang lain untuk anak IPS yakni Hubungan Internasional atau kerap dipersingkat HI. Jurusan HI ini banyak juga disukai oleh anak-anak jurusan IPS karena dipandang janjikan prospect masa datang yang baik.

Banyak karier yang termasuk prestise di mata warga dijabat oleh alumnus HI seperti diplomat, konselor imigrasi, reporter internasional, dan konselor politik.

Sepanjang kuliah di Jurusan HI, kamu akan diberi materi yang tidak jauh dari jalinan internasional antara negara seperti hukum internasional, perdagangan luar negeri, dan lain-lain.

5. Ekonomi Akuntansi

Jurusan Ekonomi Akuntansi dilihat cukup keren dan peluang kerjanya lumayan luas. Karier apa yang dapat ditelateni seorang alumnus Akuntansi? Sesudah lulus dari jurusan ini, kamu dapat bekerja sebagai akuntan, akuntan khalayak, pemeriksa keuangan, dan semacamnya.

Setiap kantor baik punya pemerintahan atau swasta tentunya memerlukan seorang akuntan. Begitupun di lembaga-lembaga atau yayasan pengajaran.

Di jurusan ini, beberapa materi yang hendak kamu dalami diantaranya konsep akuntansi, akuntansi keuangan, akuntansi pajak, pengaturan akuntansi, hukum akuntansi, proses laporan akuntansi, audit, dan sejenisnya.

6. Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi mempunyai lingkup yang luas, karena bisa diterapkan di beberapa tipe tugas terhitung jadi aktris. Faktanya, cukup banyak dari kelompok selebriti yang pilih kuliah di Jurusan Pengetahuan Komunikasi.

Di jurusan ini, kamu akan belajar mengenai public speaking, photografi, pembikinan iklan, ketrampilan menulis, dan sebagainya. Sesudah lulus, tugas yang cukup berprestise untuk Sarjana Pengetahuan Komunikasi misalkan public relation (PR) manajer dan pemasaran manajer.

7. Administrasi Fiskal

Jurusan Administrasi Pajak pelajari mengenai bagaimana sangkut-paut dalam pengendalian pada sumber kekayaan atau keuangan terhitung pajak.

Materi kuliah khusus di jurusan ini diantaranya yakni peraturan pajak, beberapa dasar perpajakan seperti pajak bertambahnya nilai (PPN), pajak pendapatan (PPh) dan lain-lain.

Sementara karier yang pas untuk alumnus Administrasi Pajak misalkan pakar rencana pajak dan pengawas bea cukai.

8. Penyiaran atau Broadcasting

Sebetulnya jurusan penyiaran ini sebagai sisi dari Jurusan Ilmu Komunikasi, tapi di sejumlah universitas ada yang berdiri dengan sendiri.

Di Jurusan Penyiaran atau Broadcasting, kamu akan belajar berkenaan bagaimana membuat dan mengepak sebuah gagasan tertentu jadi sebuah program yang memikat untuk warga.

Produksi program itu nanti akan ditayangkan lewat mass media seperti tv, radio, sosial media, dan sebagainya.

9. Manajemen Perbankan

Pekerjaan sebagai karyawan bank sejak dahulu sampai saat ini masih dipandang berprestise oleh banyak orang. Jika kamu ingin jadi seorang banker, karena itu salah satunya opsi jurusan kuliahnya ialah Jurusan Manajemen Perbankan.

Sesudah lulus kelak kamu bisa menjadi orang yang pakar dalam tangani kegiatan perbankan seperti pekerjaan teller dan customer service officer (CSO), karyawan unit tabungan, sampai manager bank.

10. Fashion Bisnis

Bila kamu menyenangi sektor mode dan ingin mempelajarinya secara professional karena itu kamu dapat menimbang Jurusan Fashion Bisnis sebagai salah satunya opsi.

Jurusan ini mempelajari mengenai bagaimana mengatur pada usaha sektor fashion termasuk bagaimana sikap customer dan trend yang terjadi.

Sesudah lulus, opsi pekerjaan dan karier yang pas untuk kamu diantaranya fashion stylish, visual merchandiser atau pebisnis sektor fashion.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url