Ini dia 6 tips hemat uang untuk pelajar

Ini dia 6 tips hemat uang untuk pelajar

Anda pasti pernah mendengar pepatah tentang menyelamatkan bagian bawah orang kaya. Kalimat ini tentu saja masih berlaku sampai sekarang.

Namun bagi generasi muda saat ini, berhemat mungkin merupakan tantangan yang cukup besar. Apalagi dalam banyak kegiatan yang harus diikuti. Atau sekadar bertemu teman di kedai kopi.

Tentu saja, ini membutuhkan banyak uang. Bagi siswa yang hanya mengandalkan uang jajan orang tuanya, harus bijak dalam menggunakan uangnya.

Selain mengandalkan uang jajan orang tua, Anda juga bisa menghasilkan uang dari usaha kecil-kecilan Anda sendiri.

Tips Hemat Pelajar

Jika Anda sudah memiliki niat dan keinginan untuk menabung, tetapi uangnya tetap digunakan, maka Anda bisa melatih keterampilan menabung untuk siswa di rumah.

Dari akun Instagram Dinas Pendidikan Jabar, Rabu (29/12/2021) rangkum, ada beberapa tips menabung. Yuk kita simak tipsnya berikut ini.

  1. Simpan uang saku.
  2. Kurangi nongkrong atau makan snack yang tidak perlu.
  3. Menghabiskan uang dengan bijak.
  4. Jangan meremehkan perubahan.
  5. Saat pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas, sebaiknya membawa bekal ke sekolah. Jadi tidak perlu lagi membeli makanan atau minuman.
  6. Gunakan celengan yang unik dan menarik agar kamu semakin bersemangat untuk terus mengisinya dengan uang yang sudah kamu pesan.

Meski sulit menabung dengan mempraktikkan hidup hemat, namun jika menabung sejak usia muda, Anda bisa menuai banyak manfaat.

Melalui menabung, siswa dapat mengelola keuangannya dengan lebih baik dan belajar menentukan apakah sesuatu itu menjadi prioritas, yang pasti bermanfaat untuk masa depan.

Dengan belajar menabung sejak dini, Anda juga bisa berlatih merencanakan penggunaan uang, belajar mandiri, menghindari utang, memahami konsep manajemen keuangan, dan masih banyak lagi manfaat menabung lainnya. Mulai sekarang, mari kita mulai belajar berhemat dan menabung.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url