Jurusan yang Memiliki Prospek Kerja di Bidang Teknologi

Jurusan yang Memiliki Prospek Kerja di Bidang Teknologi

Meneruskan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi itu merupakan kesempatan yang paling berharga untuk menjamin karir masa depan kamu.

Karena tidak setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi apalagi sampai lulus diploma atau sarjana.

Itulah alasannya mengapa kamu nanti menjadi mahasiswa dituntut untuk dapat merencanakan masa depan secara matang. Perencanaan yang matang itu bisa kamu lakukan dengan cara memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki.

Sesudah bergantinya tahun menjadi 2022, teknologi di dunia mengalami perkembangan yang sangat cepat. Kini dunia semakin padat kegiatan digital, hal ini dijadikan tuntutan bahwasannya lulusan perguruan tinggi harus mampu menguasai dan mengenal data.

Alasannya, karena dizaman digitalisasi ini, mulai dari pembelajaran bahkan sampai pekerjaan mulai menggunakan data sebagai dasarnya. Data ini disebut dengan data driven.

Lantas jurusan apa saja yang menunjang peningkatan karir dizaman yang identik dengan data driven ini? Mengutip dari DQLab Universitas Multimedia Nusantara, ada beberapa jurusan yang dapat kamu pertimbangkan dengan kemampuan yang kamu miliki.

1. Teknologi Informasi (TI)

Kemampuan ilmu komputer yang kamu dapatkan sewaktu di SMK kamu sudah memiliki potensi untuk bisa berperan dalam dunia data science, seperti bahasa program, algoritma, coding dan lain sebagainya. Maka dari itu, jurusan ini sangat prospektif untuk karir dizaman serba data driven khususnya bidang teknologi.

2. Matematika

Banyak sekali orang yang bilang bahwasannya jurusan matematika ini memiliki prospek yang sama seperti jurusan IT. Karena lulusan matematika dipandang sangat siap untuk menghadapi industri data.

Sebenarnya memang sangat diperlukan sekali kemampuan matematika dalam pengolahan data ini. Misalnya saja penerapan algoritma yang digunakan untuk pemodelan data predictive, exploratory, dan perpective yang dimanfaatkan untuk menghasilkan rekomendasi yang akurat.

Lantas kemampuan kalkulus dan aljabar yang dimiliki akan membuat kamu semakin mudah dalam mengoperasikan machine learning.

3. Teknik

Jurusan teknik merupakan jurusan yang paling sering disebut-sebut sebagai jurusannya para lelaki, padahal sebetulnya perempuan juga bisa masuk ke jurusan ini.

Di tahun 2022 jurusan teknik dipandang sebagai jurusan yang sangat prosepktif khususnya untuk menunjang skill menghadapi industri data. Teknik apapun itu seperti teknik mesin, teknik telekomunikasi maupun teknik informatika. 

4. Ekonomi

Jika kamu sewaktu sekolah sudah mempelajari dan terbiasa menggunakan Microsoft Excel, maka jurusan ini sangatlah cocok untuk kamu, dikarenakan kegiatan seperti itu merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh para ahli keuangan, dan skill tersebut bisa dijadikan modal awal untuk kamu berprofesi sebagai praktisi data.

Dikarena Microsoft Excel ini sudah menjadi tools utama untuk mereka yang baru memulai karir sebagai pengolah data.

Selain dari pada itu, jika kamu sudah terbiasa melakukan pengolahan angka, pasti kamu memiliki kecenderungan dalam berpikir seperti praktisi data yaitu apapun harus berdasarkan data.

5. Ilmu Komunikasi

Siapa bilang dalam dunia data tidak memerlukan komunikasi? yang perlu kamu ketahui disinin adalah semua pekerjaan membutuhkan kemampuan dalam berkomunikasi, karena hal inilah yang akan mempermudah seseorang dalam berinteraksi.

Di dunia data ada istilah yang disebut dengan data visualization atau bisa juga disebut visualisasi data. Menggambarkan data yang sudah diperoleh, dengan maksud, data yang didapatkan dapat dipahami oleh setiap orang.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa diperlukannya kemampuan berkomunikasi khususnya saat presentasi. Sehingga masih banyak perusahaan yang memperhitungkan jurusan komunikasi.

Ada kabar baik lain yang harus diketahui, bahwasannya lulusan dari semua jurusan bidang teknologi, khususnya jurusan yang memiliki keterkaitan yang sesuai dengan data driven. Siapa saja bisa mempelajari data science diluar pendidikan formal, yaitu dengan mengikuti DQLab yang juga aktif dalam memberikan beasiswa belajar dan science secara gratis.

Disini kamu bisa belajar secara mandiri dirumah dan pastinya tetap diberi arahan dalam kegiatan pembelajarannya.

Dapatkan pemberitahuan informasi pendidikan terbaru setiap hari dari Rifqifauzansholeh.com. Silahkan bergabung di grup Telegram dengan menyentuh nama berikut: "Blog Rifqi Fauzan" jika sudah diarahkan silahkan klik join. Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi Telegram di smartphone kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url