3 Kata Ajaib ini dapat menunjang sopan santun anak

Seorang anak itu seperti spons dalam menyerap air, maka anak juga akan mudah menyerap pengetahuan dan wawasan dari orang tua, saudara dan lingkungan sekitarnya.

Maka ini sudah menjadi kewajiban orang tua untuk memberikan pengajaran yang positif sebagai cara untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya.

Selain orang tua memberikan sekolah yang bagus untuk anak, ada hal lainnya yang harus ditanakamkan oleh orang tua kepada anak, yaitu etika dan sopan santun.

Banyak yang sudah mengetahui 3 kata ajaib yang diajarkan orang tua kepada anak, yaitu tolong, terima kasih dan maaf.

Dikatakan sebagai 3 kata ajaib, dikarenakan 3 kata tersebut paling sering digunakan ketika berinteraksi dengan orang lain. Mengutip dari account instagram Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Senin (20/12/21), memberikan pengajaran kepada anak untuk berperilaku sopan dan santun dapat dimulai dengan memberikan pengenalan terhadap 3 kata ajaib ini, yaitu terima kasih, tolong dan maaf.

Cara mengajari anak 3 kata ajaib Kemendikbud Ristek memberikan penjelasan ada cara-cara yang dapat dilakukan orang tua untuk mengajari 3 kata ajaib kepada anak.

Berikut cara-cara yang harus dilakukan orang tua:

1. Jadilah role model

Orang tua dituntut untuk menjadi role model, silahkan orang tua membiasakan diri untuk mengucapkan 3 kata ajaib di setiap harinya, sehingga orang tua bisa menjadi contoh yang akan ditiru oleh anak.

2. Mengajak anak mendengar cerita

Orang tua harus mengajak anak untuk mendengarkan cerita pastikan isi dari cerita ada praktek cerita yang menggunakan 3 kata ajaib.

3. Terus ajarkan anak

Supaya anak semakin paham, maka orang tua dituntut untuk memberikan pengajaran secara terus menerus. Usahakan tidak hanya moment ketika dirumah saja tapi ketika pergi keluar rumah anak harus terus dibimbing dan diarahkan untuk membiasakan diri mengucapkan tolong, terima kasih dan maaf.

4. Ajari anak sedini mungkin

Bentuk dan karakter seorang anak itu tergantung didikan sewaktu kecil, bentuk karakter anak untuk dapat mengucapkan maaf, terima kasih dan tolong. Karena jika karakter ini sudah terbentuk sewaktu kecil maka akan terbawa sampai dewasa nanti.

5. Apresiasi sang anak ketika sudah terbiasa menggunakan 3 kata ajaib

Orang tua harus menghargai capaian sang anak ketika sudah terbiasa menggunakan 3 kata ajaib, berikan apresiasi paling kecil berupa pujian dari orang tua, hal ini sangat penting untuk meningkatkan rasa percaya diri seorang anak untuk mengerjakan hal baik dimasa mendatang.

Sekian 5 cara mengajari anak untuk menggunakan 3 kata ajaib (terima kasih, tolong dan maaf) kepada anak. Ketika nanti anak sudah terbiasa melakukannya, kelak mereka akan tumbuh menjadi anak yang sopan dan santun kepada orang sekitarnya.

Dapatkan pemberitahuan informasi pendidikan terbaru setiap hari dari Rifqifauzansholeh.com. Silahkan bergabung di grup Telegram dengan menyentuh nama berikut: "Blog Rifqi Fauzan" jika sudah diarahkan silahkan klik join. Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi Telegram di smartphone kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url