Maaf, Terima Kasih dan Tolong Kata yang Wajib diajarkan Orang tua kepada Anak

Maaf, Terima Kasih dan Tolong Kata yang Wajib diajarkan Orang tua kepada Anak

Menjaga etika, sepeti etika berbicara dan berprilaku dengan sopan sebagai sikap yang penting dijaga saat berinteraksi.

Berlaku sopan, dapat kita ajarkan ke anak-anak semenjak usia dini. Masalahnya dari sisi pendidikan formal, pendidikan watak juga penting untuk diberikan pada anak.

Justru, pendidikan watak semakin lebih punya pengaruh pada masa datang anak. Salah satunya watak yang perlu diberikan pada anak ialah sopan santun.

Sopan santun ialah wujud dari kesadaran atau kesensitifan kita pada hati seseorang. Sopan santun bukan kekuatan atau talenta yang dibawa anak semenjak lahir, tetapi hal yang sebaiknya diberikan oleh orang-tua.

Sopan santun ialah wujud dari kesadaran atau kesensitifan manusia pada hati seseorang. Kekuatan ini, bukan talenta yang dibawa anak semenjak lahir tetapi hal yang penting diberikan dan dimasukkan oleh orang-tua.

Mengajari anak sopan santun bisa diawali dengan memperkenalkan tiga kata ajaib sejak awal kali yakni terima kasih, tolong dan maaf.

Kata tolong disampaikan saat minta bantuan, kata maaf saat lakukan kesalahan.

Lalu kata terima kasih sesudah menerima suatu hal dari pihak lain. Orang-tua perlu mengajari sejumlah kata yang lain, seperti perkataan salam dan izin.

Ada langkah supaya anak gampang memahami dan dapat jalankan tiga kata ajaib itu. Dikutip dari Instagram Kemendikbud, ini langkahnya.

[H2] Langkah mengajari anak tiga kata ajaib [/H2]

1. Memberi contoh

Orang-tua bisa melatih ucapkan kata ajaib, terhitung pada beberapa hal kecil dalam keluarga hingga bisa menjadi rutinitas.

2. Membacakan cerita-cerita pendek

Cerita-cerita yang gampang dipahami dan tentu saja menyisipkan tiga kata ajaib hingga gampang diaplikasikan di kehidupan setiap hari.

3. Ajari anak secara berulang-ulang

Ini harus dilaksanakan, dan orang-tua harus tetap semangat saat mengajari tiga kata ajaib ini secara berulang-ulang.

4. Lakukan sedini mungkin

Makin dini anak diberikan sopan santun, makin terlatih juga dengan pelajaran yang sudah mereka ketahui.

5. Beri sanjungan

Orang-tua dapat memuji saat sang kecil memakai 3 kata ajaib dalam kesehariannya.

Dapatkan pemberitahuan informasi pendidikan terbaru setiap hari dari Rifqifauzansholeh.com. Silahkan bergabung di grup Telegram dengan menyentuh nama berikut: "Blog Rifqi Fauzan" jika sudah diarahkan silahkan klik join. Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi Telegram di smartphone kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url