Daftar Universitas dengan Jurusan Seni Pertunjukan Terbaik, Ternyata Ada Kampus dari Indonesia

Daftar Universitas dengan Jurusan Seni Pertunjukan Terbaik, Ternyata Ada Kampus dari Indonesia

Sekarang ini, jurusan seni pertunjukan memanglah tidak masuk ke daftar jurusan kuliah paling favorit di Indonesia. Tetapi, cukup banyak beberapa alumnus sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) yang membidik jurusan ini.

Salah satunya argumen mereka tertarik meneruskan pendidikan tinggi di jurusan seni pertunjukan untuk salurkan minat dan bakat di bagian seni.

Sebagai info, seni pertunjukan terbagi dalam beberapa bidang yang bisa diputuskan jadi konsentrasi study, seperti seni musik, seni tari, seni teater, dan yang lain.

Berkuliah di jurusan seni pertunjukan memungkinkan mahasiswa pelajari proses berkreasi seni dimulai dari teori seni, membuat ide, membuat kreasi, sampai menyuguhkan kreasinya untuk khalayak.

Diringkas Kompas.com dari beragam sumber pada Jumat (7/1/2022), berikut lima universitas dengan jurusan seni pertunjukan terbaik se-Asia versi QS Hebat Universities masa 2021:

1. Hong Kong Academy for Performing Arts (Wan Chai, Hong Kong)

Dibangun pada 1984 oleh The Hong Kong Academy for Performing Arts Ordinance, Hong Kong Academy for Performing Arts jadi perguruan tinggi terpenting di Asia yang konsentrasi pada sektor seni pertunjukan.

Universitas ini tawarkan enam Program Study (Prodi) Strata Satu (S1) Sektor Seni Pertunjukan, yakni Dance, Music, Chinese Drama, Drama, Film and Television, dan Theatre and Pertunjukan Arts.

Jadi universitas dengan jurusan Seni Pertunjukan terbaik di Asia versi QS Hebat Universities, Hong Kong Academy for Performing Arts tawarkan Prodi Strata Dua (S2) yakni Master of Fine Arts in Dance, Master of Fine Arts in Drama, Master of Fine Arts in Cinema Production, Master of Fine Arts in Theatre and Pertunjukan Arts, dan Master of Music.

Info selanjutnya mengenai Hong Kong Academy for Performing Arts bisa dijangkau lewat situs https://www.hkapa.edu/.

2. The Central Academy of Drama (Beijing, China)

The Central Academy of Drama yang berada di Beijing, China, masuk ke daftar universitas dengan jurusan Seni Pertunjukan terbaik di Asia versi QS Hebat Universities 2021.

Kampus ini telah ada semenjak 1938 bernama Yan An Lu Xun Art College. Selanjutnya pada Desember 1949, universitas ini sah dibuka bernama The Central Academy of Drama dan melangsungkan pertemuan pertama pada 2 April 1950.

Ada keseluruhan 13 prodi yang berada di The Central Academy of Drama, yakni Acting, Directing, Stage Desain, Dramatic Literature, Musical Theatre, Peking Drama, Drama, Dance Theatre, Puppetry Theatre, Theatre Pedagogy, Theatre Management, Film and Television Arts, dan Theatrology.

Info selanjutnya mengenai The Central Academy of Drama bisa dijangkau lewat situs http://situs.zhongxi.cn/en/.

3. Korea National University of Arts (Seoul, Korea Selatan)

Korea National University of Arts atau yang sering disebutkan K-Arts adalah universitas seni nasional terkenal di Korea Selatan (Korsel). Universitas ini masuk ke daftar universitas dengan jurusan Seni Pertunjukan terbaik di Asia versi QS Hebat Universities 2021.

K-Arts dengan cara resmi berdiri pada 30 Oktober 1992, tapi proses keputusannya telah diawali pada 25 Juni 1990 saat Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Korsel umumkan pendirian sekolah seni nasional sebagai sisi dari project 10 tahun peningkatan kebudayaan.

Ada beberapa fakultas yang tawarkan beragam prodi di universitas ini. Fakultas Drama terbagi dalam Prodi Acting, Directing, Playwriting, Stage Desain, Theatre Studies, dan Musical Theatre Writing. Adapun Fakultas Music terbagi dalam Prodi Vokal Music, Instrumental Music, Composition, Conducting, dan Musicology. Selanjutnya Fakultas Dance terbagi dalam Prodi Dance Performance, Dance Theory, dan Choreography.

Seterusnya, Fakutlas Film, Television, and Multimedia terbagi dalam Prodi Filmmaking, Broadcasting, Multimedia, Animation, dan Cinema Studies. Fakultas Visual Arts terbagi dalam Prodi Fine Arts, Desain, Architecture, dan Art Theory. Fakultas Korean Traditional Arts terbagi dalam Prodi Korean Traditional Arts Theory, Korean Traditional Music, Korean Traditional Dance, Korean Traditional Performing Arts, dan Korean Traditional Music Composition.

Paling akhir, Fakultas Arts and Liberal Studies sediakan beragam study seni liberal yang berisi study humaniora, sosial, sampai pendidikan jasmani dan sains. Info selanjutnya mengenai K-Arts bisa dijangkau lewat situs https://www.karts.ac.kr/en/.

4. UCSI University (Malaysia)

University College Sedaya International (UCSI) atau yang sering disebutkan UCSI University ini masuk ke daftar universitas dengan jurusan Seni Pertunjukan terbaik di Asia versi QS Hebat Universities 2021.

Dibangun oleh Dato' Peter T S Ng pada 1986, awalannya universitas ini diberi nama Canadian Institute of Komputer Studies, selanjutnya pada 1990 beralih menjadi Sedaya College dan pada 2003 jadi University College Sedaya Internasional (UCSI). Seterusnya pada 2008, universitas ini sah diberi nama UCSI University yang berada di tiga tempat, yakni Kuala Lumpur, Sarawak, dan Terengganu.

Untuk jurusan seni pertunjukan, UCSI University sediakan Fakultas Music yang terbagi dalam Prodi S1 Classical Music, S1 Contemporary Music, Diploma Music Performance, Diploma Music Teaching, Master Performnce Studies, dan Doktor Music Performance.

Info selanjutnya mengenai UCSI University bisa dijangkau lewat situs https://www.ucsiuniversity.edu.my/.

5. Institut Seni Indonesia Yogyakarta (Yogyakarta, Indonesia)

Institut Seni Indonesia Yogyakarta atau yang dekat disebutkan ISI Jogja sebagai salah satunya universitas seni nasional paling tua di Indonesia yang berada di Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Wilayah Spesial Yogyakarta (DIY).

ISI Jogja resmi berdiri sebagai lembaga pada 30 Mei 1984 atas dasar Keputusan Presiden Republik Indonesia (RI) Nomor 39 Tahun 1984. Selanjutnya, pada 23 Juli 1984, universitas ini disahkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI saat itu, yaitu Nugroho Notosusanto.

Walau umurnya sebagai lembaga relatif masih terbilang muda, tapi perguruan yang disebut elemen pembentuk ISI Jogja telah ada semenjak awalnya 1950.

Perguruan yang diartikan diantaranya Sekolah Tinggi Seni Rupa Indonesia (ASRI) dan Sekolah Musik Indonesia (SMIND) yang berkembang jadi Akademi Musik Indonesia (AMI).

Sekarang ini, ISI Jogja mempunyai tiga fakultas dengan beragam opsi prodi. Fakultas Seni Pertunjukan yang masuk ke daftar universitas dengan jurusan Seni Pertunjukan terbaik di Asia versi QS Hebat Universities 2021 terbagi dalam Prodi S1 Tari, Teater, Karawitan, Pedalangan, Etnomusikologi, Musik, Pembuatan Musik, Pendidikan Musik, Pendidikan Seni Pertunjukan, dan Diploma Empat (D4) Penyuguhan Musik.

Seterusnya, Fakultas Seni Rupa terbagi dalam Prodi S1 Seni Murni, Kriya, Design Interior, Design Komunikasi Visual, Design Produk, Tata Urus Seni atau Management Seni, dan Diploma Tiga (D3) Batik dan Mode. Paling akhir, Fakultas Seni Media Rekam terbagi dalam Prodi S1 Film dan Televisi, Photografi, dan D3 Animasi.

Info selanjutnya mengenai ISI Jogja bisa dijangkau lewat situs https://isi.ac.id/.

Itu lima universitas dengan jurusan seni pertunjukan terbaik se-Asia versi QS Hebat Universities untuk masa 2021.

Dapatkan pemberitahuan informasi pendidikan terbaru setiap hari dari Rifqifauzansholeh.com. Silahkan bergabung di grup Telegram dengan menyentuh nama berikut: "Blog Rifqi Fauzan" jika sudah diarahkan silahkan klik join. Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi Telegram di smartphone kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url