3 Cara Membuat Buklet (Kertas, Microsoft Word, dan Canva)

cara membuat buklet cara membuat buku mini

Cara membuat buklet atau cara membuat buku mini saya bahas pada artikel kali ini yang mudah-mudahan dapat membantu dan memudahkan kamu semua dalam membuat buklet atau buku mini.

Disini saya akan memberikan 3 cara membuat buklet atau 3 cara membuat buku mini, yaitu:

  1. Cara Membuat Buklet / Cara Membuat Buku Mini dari Kertas
  2. Cara Membuat Buklet / Cara Membuat Buku Mini dengan Microsoft Word
  3. Cara Membuat Buklet / Cara Membuat Buku Mini Menggunakan Canva
Silahkan baca artikelnya sampai selesai 😉 

Cara Membuat Buklet dari Kertas 

Berikut cara membuat buklet atau cara membuat buku mini dari kertas:

1. Sediakan Selembar Kertas A4

Kertas ukuran A4 sangat direkomendasikan supaya ukuran buklet bisa lebih bagus dan tidak terlalu kecil.

2. Lipat Kertas Menjadi 2 Bagian

Dari satu lembar kertas A4 ini kita lipat jadi dua bagian yang sama, silahkan sesuaikan posisi ujung sudut dengan ujung sudut supaya dua bagiannya seimbang. 

3. Lipat Kertas Menjadi 4 Bagian

Kertas yang sudah dilipat menjadi 2 bagian kita lipat keluar disamakan dengan ujung luar kemudian kita pertegas lipatannya kemudian kita balik dan kita lipat dengan lipatan yang sama seperti yang satunya tadi.

4. Lipat Kertas ke Atas dalam posisi 4 bagian terlipat

Dalam posisi kertas terlipat 4 bagian, silahkan lipat ke atas untuk menjadi dua bagian yang sama kita pertegas lipatannya.

5. Potong Garis Tengah Lipatannya

Silahkan buka kertasnya dan kita potong bagian tengah sesuai dengan garis yang sudah ada sampai titik ini. Kita potong sampai tengah

6. Lipat Kertas kebagian Atas

Setelah dipotong kita lipatkan keatas akan membentuk empat lembar, kemudian kita lipat bebas nanti akan ada lembar kesatu, kedua, ketiga, dan keempat. Lembar pertama dan terakhir nanti akan jadi covernya caranya seperti itu.

Kemudian tinggal kamu buat gambar dan judul untuk cover depan dan belakangnya, dan untuk lembaran-lembaran berikutnya adalah isi penyempurnaan dari judul yang ada di cover depannya.

Setelah jadi nantinya buklet kamu akan jadi menarik karena berisi informasi informasi yang penting untuk orang lain.

Cara Membuat Buklet dengan Microsoft Word

Ada .... langkah yang harus kamu lakukan untuk membuat layout buklet dengan microsoft word, yaitu:

1. Buka "Microsoft Word"

Cara Membuat Buklet dengan Microsoft Word

2. Pilih "Layout"

layout buklet

3. Pilih "Size" + "A4"

Size A4 Buklet

4. Pilih "Margin" + "Custom Margin"

custom margin buklet

5. Setting "Multiple Pages" menjadi "Book Fold"

book fold buklet

6. Setting Margins "Top, Bottom, Inside, dan Outside" menjadi 1,5 cm

margin buklet

Setelah semua pengaturan diatas sudah dilakukan, kita akan masuk ke proses pengetikan. Sebagai contoh, disini akan saya coba isi dengan Lorem Ipsum Generator, dan seperti ini hasilnya.

7. Cara Setting Print Layout Buklet

Selanjutnya kita akan masuk ke settingan print, langkahnya sebagai berikut:

Pilih "File + Print + Manually Print on Both Sides"


Saya harap cara membuat buklet atau cara membuat buku mini dengan microsoft word ini dapat memberikan kemudahan untuk kamu dalam membuat layout buklet di microsoft word dengan cepat dan mudah.

Cara Membuat Buklet Menggunakan Canva

Canva merupakan salah satu website atau aplikasi termudah dalam membuat media penyuluhan yang interaktif dan menarik the bisa menggunakan video kemudian multimedia lainnya yang lebih menarik.

Pertama, langsung saja buka website Canva, jika belum punya akun langsung saja sign-up menggunakan akun Google yang kamu miliki.

Kedua, Silahkan pilih "Create a Design" dan silahkan ketik "booklet" setelah Klik di buklet tadi maka akan tampil seperti ini sebelah kiri ada panel, kalau kita Klik di menu Template akan muncul template-template yang sudah tersedia disediakan oleh Canva bisa kita gunakan.

Sebenarnya kalau kita mau desain sendiri templatenya bisa, namun kalau saya sih ya buat apa ya kalau sudah ada templatenya sudah disediakan ya udah pakai aja kita tinggal mengganti kontennya, mengganti komponen-komponennya.

Misalkan saja saya mau pakai template yang ini:

template buklet canva

Setelah dipilih nantinya akan keluar dari mulai cover, daftar isi kemudian tampilan materinya.

Untuk menyesuaikan covernya silahkan klik pada paper covernya kemudian judul yang ada dicover ini dapat kita ganti dan disesuaikan dengan tema atau judul buklet yang ingin kamu buat.

cover booklet canva

Selain tulisannya, ukuran hurufnya pun bisa kamu perbesar atau perkecil. Lalu gambar yang ada dicover dapat kamu ganti sesuaikan dengan judul buklet yang kamu buat. Silahkan Delete gambar dan kamu bisa langsung memilih gambar pengganti  pada menu Photos disebelah kiri:

foto cover buklet

Disini banyak gambar-gambar yang bisa kita gunakan tips saya jangan menggunakan gambar yang ada mahkotanya yang pro karena kalau menggunakan gambar yang ada mahkotanya ini yang pro itu akan ada watermarknya.

Jadi saya sarankan pakai gambar yang free saja jika kamu menggunakan canva yang gratis. Untuk setting covernya sudah jadi langsung kita lanjut ke isinya.

Jika buklet yang kamu rancang diperkirakan isinya akan tebal, saya rekomendasikan kamu harus memberikan daftar isi. Pengerjaan daftar isi bisa kita kerjakan dibagian akhir setelah semua isi materinya selesai.

Setelah kamu selesai membuat bukletnya silahkan pilih Share kemudian pilih Download pada file type silahkan kamu pilih PDF Print.

Buklet yang kamu buat tadi melalui aplikasi canva akan terdownload dalam bentuk PDF.

Dapatkan pemberitahuan informasi pendidikan terbaru setiap hari dari Rifqifauzansholeh.com. Silahkan bergabung di grup Telegram dengan menyentuh nama berikut: "Blog Rifqi Fauzan" jika sudah diarahkan silahkan klik join. Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi Telegram di smartphone kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url