5 Tips Menjadi Mahasiswa Baru Produktif

5 Tips Menjadi Mahasiswa Baru Produktif

Umumnya, mahasiswa baru atau maba sering dituntut jadi produktif. Bahkan juga, mereka tidak ragu-ragu ikuti berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan beberapa organisasi kemahasiswaan supaya produktif.

Bukannya produktif, mahasiswa justru dapat alami depresi dan penekanan pada tugas atau umum disebutkan dengan istilah burnout. Untuk kamu maba yang ingin menjadi produktif tanpa alami burnout, baca rincian panduan berikut ini yang diuraikan oleh Waode Hamsia, Dosen Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya).

Tips Menjadi Mahasiswa Baru Produktif

1. Management Waktu

Keberhasilan mahasiswa di kampus bisa disebabkan oleh beragam aspek, seperti mekanisme perkuliahan, budaya mengajarkan, dosen, lingkungan, keluarga dan yang terpenting diri kita.

Oleh karena itu, management waktu menjadi hal yang paling penting. Karena, bila maba tidak pandai dalam mengelola waktu, pasti dia akan kerepotan dengan kegiatan rutin yang padat. Mengakibatkan, mahasiswa alami burnout.

"Pertama ialah management waktu. Misalkan, mahasiswa harus sadar keutamaan management waktu, bila tidak dimengerti benar-benar akan menjadi permasalahan, karena mahasiswa baru menyesuaikan dengan lingkungan baru," kata Waode diambil dari situs sah kampus UM Surabaya pada Minggu (7/8/2022).

2. Buat To-Do-List

Tips seterusnya, maba bisa membuat to-do-list atau agenda-agenda yang sudah dilakukan secara terancang. Membuat to-do-list dapat dikerjakan di handphone atau buku catatan yang selalu dibawa.

Peranan dari to-do-list ini akan menolong mahasiswa atur agenda hingga tidak bertabrakan keduanya.

3. Mengatur Waktu Istirahat

Mengelola waktu istirahat jadi hal yang terpenting. Karena, bila mahasiswa kurang istirahat maka memengaruhi fokus belajar saat ikuti kelas.

"Dengan mengelola waktu istirahat, bisa tingkatkan fokus belajar dan keproduktifan sebagai mahasiswa," terang Waode.

4. Memiliki rencana Waktu Pengerjaan Tugas

Tips yang ini tidak kalah pentingnya. Mahasiswa produktif umumnya membagi pekerjaan yang dapat ditangani lebih dulu supaya tidak jadi golongan deadliner atau SKS (sistem kebut semalam).

"Bila mengerjakan tugas dengan waktu yang mendadak, umumnya akan ada saja persoalan yang datang. seperti, tidak berhasil mengunggah tugas, printer memiliki masalah, dan yang lain. Merencanakan waktu pengerjaan tugas mempunyai tujuan agar memanfaatkan waktu seefektif mungkin," ungkap Waode.

5. Ikuti Kegiatan Kampus

Mengikuti kegiatan kampus termasuk juga ke tips jadi mahasiswa yang produktif. Aktivitas kampus tidak selamanya organisasi, tetapi bisa juga perlombaan dan UKM. Aktivitas kampus ini mempunyai tujuan untuk mempertajam kekuatan dasar mahasiswa yang hendak dipakai saat perkuliahan atau di dunia kerja nanti.

"Organisasi itu wajib untuk capai kekuatan nonteknis yang dibutuhkan, tetapi tidak boleh kehilangan tanggung-jawab dan loyalitas awalnya," tambah Waode.

Disamping 5 tips di atas, Waode mengingatkan beberapa mahasiswa baru untuk membuat ekosistem belajar yang nyaman. Umumnya dapat dengan tentukan tempat belajar, temperatur ruang, waktu penerangan sampai menghidupkan musik.

Apabila sudah memperoleh situasi belajar yang nyaman, karena itu mahasiswa semakin lebih gampang konsentrasi.

Dapatkan pemberitahuan informasi pendidikan terbaru setiap hari dari Rifqifauzansholeh.com. Silahkan bergabung di grup Telegram dengan menyentuh nama berikut: "Blog Rifqi Fauzan" jika sudah diarahkan silahkan klik join. Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi Telegram di smartphone kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Informasi yang mungkin kamu butuhkan