8 Prospek Kerja Ilmu Komunikasi dengan Bayaran Tinggi

8 Prospek Kerja Ilmu Komunikasi dengan Bayaran Tinggi

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang prospek kerja ilmu komunikasi. Berbagai tenaga yang ada di dunia penyiaran ini adalah salah satu prospek kerja yang cocok banget untuk lulusan ilmu komunikasi.

Seperti yang kita ketahui pada dasarnya dunia penyiaran itu merupakan proses penyampaian pesan melalui media massa seperti televisi, radio atau surat kabar kepada masyarakat, nah dalam proses itulah lulusan jurusan ilmu komunikasi itu dituntut untuk dapat menentukan strategi agar pesan yang disampaikan itu mudah diterima dan ditangkap oleh masyarakat sesuai dengan segmentasinya.

Jika kamu penasaran mengenai prospek kerja ilmu komunikasi silahkan baca artikelnya.

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

1. Prospek Kerja Ilmu Komunikasi menjadi Broadcaster

Bidang kerja broadcasting itu biasanya ditempatkan di stasiun televisi, radio ataupun kantor-kantor surat kabar, tabloid, dan majalah.

2. Prospek Kerja Ilmu Komunikasi menjadi Jurnalis

Jurnalis itu adalah bagian dari ilmu komunikasi, studinya pun mempelajari bagaimana cara mengemas berita menjadi sebaik mungkin untuk dapat disebarkan ke masyarakat luas. Jurnalis merupakan salah satu bentuk bagaimana seseorang dapat menyampaikan pesan yang efektif melalui suatu media dalam dunia ilmu komunikasi jurnalistik merupakan bidang studi yang wajib dipelajari.

Kemampuan menulis, peka terhadap kondisi sosial disekitarnya, serta kemampuan memilih dan memilah berita yang layak untuk disebarkan dan mana yang tidak layak untuk disebarkan merupakan beberapa hal yang diperoleh dari mempelajari jurnalistik.

Jurnalistik itu emang ilmu yang bisa dipelajari oleh siapa aja tidak harus lulusan ilmu komunikasi, tapi jurusan ilmu komunikasi itu tentu punya kemampuan yang lebih dalam dunia jurnalistik ini.

Bidang kerja dari seorang jurnalis antara lain reporter news engker atau penyiar berita news douber, wartawan media massa, baik di televisi, radio maupun media cetak.

3. Prospek Kerja Ilmu Komunikasi menjadi Announcer dan Presenter

Kemampuan menyampaikan pesan dengan baik dan mampu menarik perhatian khalayak untuk menjadi bagian yang dipelajari oleh lulusan Ilmu Komunikasi, kemampuan tersebut sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang announcer atau penyiar radio hingga menjadi seorang presenter di televisi, baik itu di acara olahraga, berita resmi, gosip dan lain-lain.

Lulusan ilmu komunikasi selalu dituntut untuk pandai berbicara dengan efektif dalam menyampaikan maksud dan tujuannya, hal tersebut yang menjadikan posisi penyiar atau presenter jadi sasaran tepat untuk prospek kerja ilmu komunikasi

4. Prospek Kerja Ilmu Komunikasi menjadi Master of Ceremony (MC)

Announcer dan presenter itu hanya tertuju di bidang media massa maka posisi MC pun itu juga bisa diposisikan sebagai bidang tersebut, tapi disebuah event.

Menjadi MC tentu harus punya kualitas bicara yang baik, pandai menempatkan diri, dan mampu membawakan acara sesuai harapan.

Unsur-unsur komunikasi tentu terdapat di dalam MC, meskipun mc ini juga bisa dipelajari secara otodidak, namun jurusan ilmu komunikasi ini tentunya punya studi yang mempelajari lebih dalam tentang Master of Ceremony ini seperti yang ada di pelajaran public speaking yang mempelajari tentang cara berbicara dihadapan banyak orang, jadi itu bisa digunakan dalam karir kalau misal kalian ingin menjadi seorang MC.

5. Public Relation Officer

Public Relation Officer atau hubungan masyarakat mewakili perusahaan setiap waktu, menjaga nama baik perusahaan serta menjalin hubungan yang harmonis kepada seluruh klien perusahaan, menjadi tugas besar dari seorang public relation atau humas (Hubungan Masyarakat).

Profesi public relation atau hubungan masyarakat ini tuh menjadi prospek kerja yang sangat menguntungkan dan sangat banyak peminatnya di jurusan ilmu komunikasi.

Seorang public relation harus selalu memutar otak untuk menyampaikan pesan-pesan perusahaan kepada masyarakat agar perusahaan yang dikelolanya punya reputasi yang baik di mata masyarakat.

6. Event Organizer

Seorang event organizer ini merancang event yang besar dan mengemas sebuah acara sesuai dengan konsep pesan yang ingin sampaikan hingga mengatur acara sedemikian rupa agar meninggalkan kesan dan reputasi yang baik adalah beberapa wujud tujuan dari strategi event organizer.

Melalui sebuah event, sebuah time event organizer itu diharapkan mampu menyampaikan sebuah pesan atau makna tertentu untuk mewujudkan good reputation dari si penyelenggara.

Ini merupakan tantangan jadi seorang event organizer, kerjaannya lebih ringan dari prospek kerja ilmu komunikasi yang lainnya, barangkali kamu mau coba silakan aja kalian masuk jurusan ilmu komunikasi.

7. Praktisi Periklanan atau Advertising

Iklan ini kedengarannya sepele banget sih, tapi kalian terpengaruhkan sama iklan? salah satu dalam dan tangan-tangan kreatif dibalik berbagai iklan yang bertebaran diberbagai media ini adalah lulusan Ilmu Komunikasi.

Mereka berusaha mempengaruhi publik dengan pesan-pesan produk barang ataupun jasa ingin disampaikan melalui pesan dan media yang unik serta kreatif agar siapapun yang melihatnya itu tergugah untuk membeli menggunakan ataupun mempercayainya.

Proses penyampaian pesan yang menarikan dalam iklan semakin menarik dan membuat penasaran maka semakin sukses dan efektif iklan tersebut.

Prospek kerja ilmu komunikasi dalam advertising ini antara lain sebagai project leader Advertising, copywriter, camera person, media planner dan lain-lain.

8. Marketing Communication

Lulusan ilmu komunikasi juga bisa kok jadi orang yang duduk manis di kantor, menyusun dan merancang strategi-strategi komunikasi pemasaran yang tepat bagi perusahaan.

Menjadi marketing communication itu enggak semata-mata mengedepankan unsur dari pemasaran ilmu-ilmu bisnis, lulusan ilmu komunikasi diharapkan dapat menjadikan pemasaran menjadi lebih efektif dan menarik, salah satunya dengan menyusun strategi komunikasi yang tepat dilihat dari segi segmentasinya, bagaimana pesannya, apa medianya dan seperti apa tujuan yang diharapkan.

Hal itu pasti akan sangat menantang sih bagi orang-orang yang kerja di bidang marketing communication.

Oke, jadi sekian pembahasan kali ini mengenai prospek kerja ilmu komunikasi, semoga bermanfaat dan jangan lupa share dan comment artikel ini ya.

Dapatkan pemberitahuan informasi pendidikan terbaru setiap hari dari Rifqifauzansholeh.com. Silahkan bergabung di grup Telegram dengan menyentuh nama berikut: "Blog Rifqi Fauzan" jika sudah diarahkan silahkan klik join. Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi Telegram di smartphone kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Informasi yang mungkin kamu butuhkan