CARA MEMBUAT DAFTAR ISI WORD OTOMATIS

CARA MEMBUAT DAFTAR ISI WORD OTOMATIS

Cara membuat daftar isi manual sangat diperlukan untuk penyusunan Laporan, Buku, Skripsi, Makalah apapun itu yang mana didalamnya tentu ada daftar isi yang disusun untuk mempermudah para pembacanya untuk mencari halaman. Daftar isi ini dapat dibuat dengan mudah yaitu dengan cara membuat daftar isi manual atau bisa juga dibuat secara otomatis.

Membuat daftar isi jika kita tidak tau tekniknya tentu akan memakan waktu yang cukup lama. Sebaliknya jika kita mengetahui tekniknya pembuatan daftar isi akan sangat mudah dan rapih.

Langkah yang mesti kalian lakukan sebelum masuk ke pembuatan daftar isi, pastikan setiap sub-judul sudah disetting Heading nya, seperti pada gambar berikut ini:

cara membuat daftar isi manual

Coba kalian terapkan langkah pertama ini kedalam skripsi kalian, sebelum kalian mengisi materi skripsi kalian, bentuklah terlebih dahulu templatenya.

Atur Judul Bab 1 sampai Bab Selanjutnya dengan Heading 1, kemudian sub-judul dari setiap Bab atur dengan Heading 2, jika ada sub judul didalam sub judul gunakan Heading 3 - Heading selanjutnya.

Perlu diingat ketika kalian mengatur setiap judul dengan Heading maka jenis font dan ukuran font akan berubah, maka sesuaikanlah kembali jenis font dan ukuran font nya sesuai dengan yang skripsi kalian gunakan.
cara membuat daftar isi manual

Ketika template tersusun seperti gambar diatas, baru kalian masukan materi atau isi terhadap setiap sub judul yang kalian buat. Mulai dari Kata Pengantar, Daftar Isi, Bab 1 dll.

Jika materi sudah masuk semuanya ke dalam template, kalian langsung ke halaman judul daftar isi yang kalian buat seperti gambar dibawah ini:

cara membuat daftar isi manual

Lalu kalian Klik Menu Word dan pilih Reference yang ditandai Kotak Merah pada gambar diatas ini. Selanjutnya pilih Daftar Isi sebelah pojok kiri seperti pada gambar di bawah ini.
cara membuat daftar isi manual

Setelah kalian klik itu ada dua cara yang bisa kalian pilih yang pertama Daftar isi Otomatis dan Daftar Isi Manual, sebagai gambaran jika kalian memilih daftar isi yang dihasilkan akan langsung ada Judul Daftar Isi.Daftar Isi Otomatis
cara membuat daftar isi manual

jika kalian memilih Daftar Isi Manual atau Daftar Isi Custom maka yang muncul hanyalah isi daftar isinya saja tanpa ada Tulisan Judul Daftar Isi
cara membuat daftar isi manual

Rifqi Fauzan Sholeh merekomendasikan untuk menggunakan Daftar Isi Custom, karena kita dapat mengatur garis titik dari judul ke angka halaman itu mau seperti apa. Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya dan pencerahan

1 Komentar

  1. Makasih infonya, lg nyari cara bikin daftar isi di skripsi nih

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Random