fgVbA8pS2mAvH6shJUAkVSH4ZBAYg0maapkaFIUm

ALTERNATIF KEGIATAN MAHASISWA UNTUK MELATIH SKILL SELAMA STUDI

    ALTERNATIF KEGIATAN MAHASISWA UNTUK MELATIH SKILL SELAMA STUDI

    Saat memasukin dunia kampus, pilihan untuk melakukan kegiatan sangat beragam. Ada pula pilihan untuk fokus dalam urusan akademik di kamus saja. Namun, menurut Rifqi sangat disayangkan jika kesempatan berperan sebaik mungkin terlewat begitu saja. Jika masih bingung akan melakukan kegiatan apa saja saat menjadi mahasiswa, sebaiknya tentukan berminat dalam hal apa. 

    Menurut Rifqi sangat disayangkan masa di kampus terlewat begitu saja dengan hal yang sia-sia. Ada banyak pintu terbuka lebar untuk mengembangkan skill. Jika masih bingung akan melakukan kegiatan apa saja saat menjadi mahasiswa, sebaiknya tentukan berminat dalam hal apa. Selanjutnya, bisa mencari tahu ada kegiatan apa saja yang bisa mewadahi minat. Bisa pula dengan mencoba berbagai macam kegiatan sehingga dapat mengetahui minat. 

    Magang

    Ada program studi yang mewajibkan kegiatan magang sebagai salah satu kegiatan wajib yang masuk ke dalam penilaian. Namun, ada pula program studi yang tidak mewajibkan mahasiswanya melakukan magang. Sebenarnya, kegiatan magang ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Tempat apapun bisa dipilh yang penting linear dengan disiplin ilmu yang diambil. Bisa melakukan magang di yayasan nirlaba, institusi pemerintah, organisasi multilateral, perusahaan besar maupun start up. 

    Pertukaran Pelajar

    Kegiatan ini biasanya sangat diminati oleh mahasiswa yang memiliki keinginan tinggi untuk belajar dan mendapatkan pengalaman baru. Pastikan kegiatan pertukaran pelajar tidak mengganggu akademik. Caranya, pastikan dulu apakah tanggal pelaksanaan bertabrakan dengan agenda kampus atau tidak. Bisa pula dengan menanyakan apakah pertukaran pelajar bisa menjadi pengganti kegiatan akademik di Indonesia. 

    Wirausaha

    Jika memiliki minat yang tinggi dalam hal bisnis, maka ada banyak sekali kegiatan di kampus yang bisa mewadahi dan mengasah skill. Ada salah satu program yang diluncurkan oleh DIKTI yakni Program Kewirausahaan (PMW). Dalam program ini, Anda bisa melakukan bisnis tanpa ribet memikirkan modal. Dengan perencanaan yang matang, Anda bisa belajar mengelola bisnis dari nol melalui PMW. 

    Disamping itu, dalam PMW ini juga harus dibimbing oleh seorang dosen. Jadi, perjalanan bisnis akan lebih terarah dengan bimbingan yang lebih berpengalaman. Di akhir masa pendanaan, akan dilakukan evaluasi sehingga para peserta pun dilatih untuk selalu memantau bisnisnya agar tetap berkelanjutan. 

    Proyek Kemanusiaan

    Jika memiliki panggilan jiwa di bidang kemanusiaan, bisa bergabung dengan berbagai lembaga sosial. Pastikan memilih lembaga yang terpercaya dan bonafit ya. Agar lebih pasti, cobalah bergabung ke lembaga sosial yang disetujui oleh pihak kampus. Lembaga sosial resmi ada banyak sekali baik yang bersala daerah, nasional hingga internasional. Pastikan jika terjun dalam proyek kemanusiaan tidak sampai melalaikan akademik. 

    Proyek di Desa

    Jika Anda sedang dengan kegiatan yang menimbulkan dampak positif bagi masyakat, Anda bisa mengikuti program-program pengabdian. Proyek-proyek di desa akan snagat cocok bagi Anda yang menyenangi interaksi dengan masyarakat. Sebetulnya, ada program pengabdian yang bernama KKN atau kuliah kerja nyata. Namun, jika ingin kegiatan serupa maka bisa bergabung dengan program program yang diselenggarakan oleh organisasi mahasiswa dan lembaga pemerintah maupun non pemerintah. 

    Mengajar

    Bagi Anda yang menyenangi dunia pendidikan, tentu Anda akan sangat menyukai kegiatan mengajar. Bisa dengan mengajukan diri menjadi asisten dosen di kampus atau mengajar les privat di luar kampus. Atau bisa pula mengikuti kegiatan sosial untuk mengajar di daerah terpencil. Agar lebih aman dan terjamin, Anda bisa mengikuti lembaga sosial yang bergerak di bidang pendidikan dan terpercaya. 

    Kegiatan mengajar ini bisa mendatangkan pendapatan tambahan bagi Anda. Khususnya jika mengajar di kampus atau les bagi anak sekolah. Namun, jika memilih mengajar murni dengan tujuan sosial, jangan pernah mengharapkan mendapatkan imbalan materi. Mendapatkan pengalaman tentu sudah menjadi sesuatu yang sangat berharga. Anda bisa mendapatkan relasi dari banyak orang yang akan berguna di masa depan. 

    Penelitian

    Jika memiliki minat yang tinggi terhadap dunia riset, kampus adalah tempat yang cocok untuk merealisasikan ide-de dalam kepala. Jika belum memiliki modal dan akses menggunakan alat, bisa dengan bergabung ke unit kegiatan mahasiswa yang bergerak di bidang riset. Bisa pula dengan mengikuti lomba demi lomba sehingga pengalaman bertambah dan ide semakin berkembang. Pastikan juga untuk sering berkonsultasi dengan dosen sehingga penelitian bisa berjalan optimal.

    Related Posts
    Rifqi Fauzan Sholeh
    Hanya Menulis

    Related Posts

    Posting Komentar