RAIH BEASISWA KULIAH DEMI MASA DEPAN GEMILANG

RAIH BEASISWA KULIAH DEMI MASA DEPAN GEMILANG

Beasiswa yang menjadi penyokong dalam menempuh pendidikan sangat beragam. Masing-masing beasiswa juga memiliki ketentuan yang berbeda-beda. Perlu diketahui ada beberapa macam beasiswa yang biasa diberikan untuk membantu melanjutkan pendidikan hingga tuntas. Tentu jangan sampai info ini terlewatkan ya. 

Beasiswa Pemerintah

Beasiswa ini umumnya diberikan melalui lembaga atau kementerian tertentu. Orang yang berhak untuk mengajukan beasiswa pemerintah tidak terbatas pada pegawainya saja. Semua orang berhak untuk turut mendaftar asal memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. 

Beberapa beasiswa dari pemerintah yang dibuka untuk umum antara lain beasiswa LIPI, beasiswa BAPPENAS dan beasiswa LPDP yang dikelola oleh Kementerian Keuangan. Tentu ada juga beasiswa pemerintah yang dikhususkan untuk para pegawainya, terutama yang berkiprah sebagai peneliti. 

Beasiswa Swasta

Beasiswa yang diberikan pihak swasta biasanya merupakan bentuk CSR dari perusahaan. Umumnya, pihak swasta yang mampu memberikan beasiswa dalam jumlah besar dan banyak merupakan korporat yang sudah terkenal. CSR atau Corporate Social Responsibility ini menjadi salah satu wujud tanggung jawab pada lingkungan. 

Beasiswa dari Negara Donor

Beasiswa ini umumnya timbul atas adanya kerjasama antara negara maju dan negara berkembang. Ada 2 tujuan utama adanya beasiswa jenis ini. Tujuan eprtama adalah agar pelajar di negara berkembang memiliki tingkat pendidikan yang lebih baik. Tujuan lainnya adalah untuk menciptakan pusat penelitian di negara berkembang. 

Dengan adanya beasiswa yang diberikan, haapannya negara berkembang bisa terus meningkatkan level kesejahteraan yang dimulai dari kesejahteraan sosial dan pendidikan. Ada beberapa beasiswa dari negara lain yang sangat terkenal, misalnya Beasiswa Nuffuc Neso dan Beasiswa Chevening. 

Beasiswa Komunitas

Penyokong biaya pendidikan memang sangat banyak dan umumnya sangat peduli untuk memajukan kulitas sumber daya manusia. Dengan beragamnya komunitas yang memberikan beasiwa, maka sangat penting untuk melihat bagaimana nilai yang diusung komunitas. 

Ada banyak sekali komunitas dari berbagai latar belakang yang sangat peduli dengan isu ini. Contoh beaiswa yang diberikan dari tahun ke tahun antara lain Beasiswa Yayasan Orbit Hasri Ainun Habibie dan beasiswa The Habibie Center. Pastinya ada nilai tertentu yang ingin diturunkan dari pendirinya demi menjaga kebaikan yang ada. 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Random