fgVbA8pS2mAvH6shJUAkVSH4ZBAYg0maapkaFIUm

MENINGKATKAN SKILL SELAMA KULIAH MELALUI LOMBA MAHASISWA BERGENGSI

    MENINGKATKAN SKILL SELAMA KULIAH MELALUI LOMBA MAHASISWA BERGENGSI

    Sebagai kementerian yang bertugas untuk mengatur di bidang riset, teknologi dan pendidikan tinggi, maka KEMENRISTEKDIKTI memiliki tanggung jawab yang besar. Salah satu tugas terpentingnya adalah untuk mengembangkan skill para mahasiswa

    DIKTI sebagai melaksanakan peran tersebut dengan menyelenggarakan berbagai macam kompetisi yang ditujukan untuk mahasiswa di seluruh Indonesia. Rifqi berharap, dengan adanya lomba mampu mengasah skil serta karakter positif lainnya. 

    Program Kreativitas Mahasiswa

    Program ini kerap dikenal dengan nama PKM dan menjadi salah satu ajang yang bergengsi. Pasalnya, di program ini mahasiswa dituntut untuk menampilkan kreativitas terbaiknya dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat. Total ada 5 bidang yang bisa dipilih untuk mewadahi kreativitas. 

    Program ini bisa diikuti dari bidang teknologi, wirausaha, penelitian eksata, penelitian sosial humaniora dan pengabdian masyarakat. Kelima bidang tersebut memerlukan bukti nyata sehingga harus melalui serangkaian percobaan. Jika baru tahap ide, bisa melalui PKM Gagasan tertulis atau PK Artikel Ilmiah. 

    Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia 

    Program ini dirancang untuk memacu mahasiswa memulai bisnis sejak masih di bangku perkuliahan. Program ini terbilang masih baru karena dimulai sejak tahun 2017. KBMI serupa dengan PKM dengan adanya pengajuan proposal di awal. 

    Proposal yang diajukan dari seluruh mahasiswa di Indonesia akan diseleksi sehingga terpilih ide-de terbaik. Selanjutnya ide terbaik akan mendapatkan kesempatan untuk didanai. Puncak dari program ini adalah Expo KBMI, dimana akan dilakukan pameran serta evaluasi usaha. 

    Musabaqoh Tilawatil Qur’an

    Tak hanya bertujuan meningkatkan skill mahasiswa di bidang akademik dan wirausaha, ada pula program yang memiliki tujuan lain. MTQ bertujuan agar tercipta generasi yang beriman serta bertakwa. Kategori lomba pun beragam sehingga mewadahi kemampuan mahasiswa yang bermacam-macam di bidang ini. 

    Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional

    Di bidang olahraga pun ada kesempatan besar untuk mengembangkan skill. POMNAS menjadi salah satu sarana untuk membuktikan skill di bidang olahraga. Event ini diselenggarakan setiap 2 tahun sekali dengan beberapa kelompok olahraga. 

    Beberapa bidang lomba yang dibuka dalam POMNAS antara lain renang, games, bela diri, raket, permainan konsentrasi serta olahraga atletik. Setiap bidang memiliki kriteria tertentu dan berbeda antara satu sama lain. 

    Related Posts
    Rifqi Fauzan Sholeh
    Hanya Menulis

    Related Posts

    Posting Komentar