fgVbA8pS2mAvH6shJUAkVSH4ZBAYg0maapkaFIUm

MAKALAH YANG BAIK DAN BENAR MUDAH DIBUAT

    MAKALAH YANG BAIK DAN BENAR MUDAH DIBUAT

    Kalian yang masih bingung menuntaskan tugas membuat makalah yang baik dan benar itu seperti apa? kini Rifqi akan coba memaparkan langkah-langkah membuat makalah.

    Namun sebelum masuk ke langkah membuat makalah, Rifqi akan coba jelaskan terlebih dahulu pengertian makalah, jenis makalah dan struktur isi makalah.

    Berikut penjelasan yang Rifqi sampaikan:

    Pengertian Makalah

    Makalah adalah sebuah bentuk karya ilmiah yang membahas sebuah permasalahan dan dibahas berdasarkan analisis yang dilakukan secara objektif dan kemudian dituliskan. Tulisan hasil analisis objektif tersebut menjadi sebuah makalah dan dipresenasikan didepan audien.

    Jadi secara singkat dapat kita pahami bahwa makalah merupakan sebuah karya tulis ilmiah hasil dari analisis objektif dari penulis yang belum dipublikasikan dan dipresentasikan untuk mendapatkan pembahasan lebih lanjut.

    Jenis dan Macam Bentuk Makalah

    Makalah yang biasa kita dengar ternyata mempunyai 3 jenis makalah Pertama Makalah Deduktif, makalah ini berisikan tulisan hasil analisis terhadap sumber-sumber yang sesuai dengan topik permasalahan yang sedang dibahas didalamnya. Kedua Makalah Induktif, materi yang disajikan didalam makalah ini merupakan data empiris data-data yang dapat ditemukan langsung dilapangan. Ketiga Makalah Campuran, isi makalah ini merupakan perpaduan dari makalah deduktif dengan makalah induktif. Jadi isi yang disampaikan merupakan hasil dari kajian teoritis dari sumber-sumber yang sesuai ditambah dengan kajian langsung yang terdapat dilapangan.

    Dari 3 jenis makalah tadi menghasilkan 6 macam bentuk makalah, yaitu :

    1. Makalah Tanggapan

    2. Makalah Kajian

    3. Makalah Ilmiah

    4. Makalah Analisis

    5. Makalah Posisi

    6. Makalah Kerja

    Struktur Isi Makalah yang Baik dan Benar

    Dari sekian banyak orang yang mengerjakan tugas makalah, selalu kurang memperhatikan dalam penyusunan struktur isi dalam makalah itu sendiri.

    Dari pengalaman Rifqi dalam mengerjakan makalah, Rifqi selalu mendahulukan pembuatan struktur isinya terlebih dahulu, dari mulai Halaman Muka atau Cover, Kata Pengantar, Daftar Isi, BAB I Pendahuluan, BAB II Pembahasan, BAB III Penutup dan terakhir Daftar Pustaka.

    Pastikan terlebih dahulu

    1. Halaman Cover – Kata Pengantar disetting Next Page Brake

    2. Masuk ke Header dan Footer Halaman Kata Pengantar lalu setting Jangan Ditautkan dengan Halaman Sebelumnya

    3. Masuk ke Footer Halaman Kata Pengantar lalu setting Nomor Halaman lalu pilih Format Nomor Halaman lalu pilih Nomor halaman dengan romawi i, ii, iii lalu pilih setting Nomor Halaman dan Pilih Footer Halaman dan kalian pilih tampilan nomor halaman yang tengah

    4. Halaman Daftar Isi – BAB I disetting Next Page Brake

    5. Masuk ke Footer Halaman BAB I Pendahuluan lalu setting Nomor Halaman lalu pilih Format Nomor Halaman lalu pilih Nomor halaman dengan 1, 2, 3 lalu pilih setting Nomor Halaman dan Pilih Footer Halaman dan kalian pilih tampilan nomor halaman yang tengah


    Hal diatas Rifqi lakukan terlebih dahulu supaya mudah dalam membuat Daftar Isi.

    Okay kita kembali ke pembahasan selanjutnya, yaitu mengisi setiap bagian halaman yang kita sudah buat tadi.

    1. Cover

    Dalam pengisian tampilan cover pastikan harus menampilkan Judul yang dibahas, Logo sekolah/kampus kalian, identitas kalian sebagai penulis, tempat dan tahun pada saat kalian mencetak dan mempresentasikan makalah kalian.

    Dari mulai judul sampai tahun pastikan semua tulisannya disetting Tengah dan dengan menggunakan ukuran Font sebesar 18, kemudian tulisan Judul, tempat dan tahun harus ditebalkan.

    2. Kata Pengantar

    Penulisan kata pengantar makalah bisa kalian bentuk kedalam 5 paragraph. Paragraph pertama berupa kata-kata pembukaan dan ucapan syukur kalian atas selesainya tugas makalah kalian. Paragraph kedua berupa penyampaian tujuan kalian membuat makalah tersebut. Paragraph ketiga ucapan terima kasih kalian terhadap orang-orang yang membantu mendukung hingga terselesaikannya makalah kalian. Paragraph keempat ucapan keterbukaan kalian untuk dapat menerima kritikan dan saran terhadap makalah yang kalian kerjakan.

    Dibawahnya dilengkapi dengan tempat, tanggal/bulan/tahun, tanda tangan dan nama lengkap kalian jika makalah itu tugas personal, namun jika makalah itu merupakan tugas kelompok maka sesudah tempat, tanggal/bulan/tahun dibawahnya ditulis Tim Penyusun.

    3. Daftar Isi

    Daftar isi pasti kalian sudah tahu apa itu daftar isi. Rifqi yakin kalau seputar daftar isi diantara kalian masih ada yang kebingungan karna harus mengetik satu per satu Judul dan Sub-Judul serta nomor halamannya. Jadi untuk memudahkan supaya tidak ribet maka lakukanlah penyusunan struktur isi makalah terlebih dahulu seperti yang Rifqi jelaskan di atas.

    4. Pendahuluan

    Bab I Pendahuluan ini merupakan intro pembahasan yang dapat mengarahkan kepada permasalahan yang akan kalian bahas didalam makalah kalian.

    Bab I Pendahuluan biasanya berisikan Latar Belakang, Rumusan Masalah, dan Tujuan pembahasan makalah.

    5. Pembahasan

    Bab II Pembahasan merupakan bagian yang paling penting terhadap kualitas makalah yang baik dan benar yang kalian kerjakan.

    Materi pembahasan yang ditampilkan disini harus dapat menjawab Rumusan Masalah dan Tujuan yang kalian sampaikan pada Bab I Pendahuluan

    Jadikan setiap point yang ada di Rumusan Masalah sebagai Sub-Judul pada Bab II Pembahasan ini, pastikan materi pembahasan yang dituliskan memiliki sumber landasan teori yang jelas dan dapat memberikan jawaban terhadap setiap point Rumusan Masalah yang ada.

    6. Penutup

    Bab III Penutup berisi ringkasan dari materi yang disampaikan pada Bab II Pembahasan, pastikan ringkasan yang kalian susun pada Bab III Penutup ini dapat memberikan jawaban yang jelas terhadap Rumusan Masalah yang ada.

    Agar lebih mudah dipahami buatlah Sub Judul pada Bab III Penutup ini terdiri dari Kesimpulan dan Saran.

    Pada isi kesimpulan buatlah jumlah paragraph yang sama dengan jumlah point rumusan masalah yang ada, dan jadikan setiap paragraph berisikan jawaban dari Rumusan Masalah.

    Misalkan

    Rumusan masalah

    1. Tempat apakah Masjid itu?

    2. Siapa yang diutamakan ke Masjid?


    Maka kesimpulan yang akan Rifqi buat, seperti berikut:


    Kesimpulan

    Masjid merupakan tempat penting bagi umat islam untuk melaksanakan peribadahan. Pada zaman Rasululloh Masjid sering digunakan sebagai tempat menuntut ilmu, mengatur strategi perang dan tempat berkomunikasi antar sesama umat islam.

    Masjid diutamakan untuk seluruh umat islam baik laki-laki maupun perempuan, namun untuk sholat wajib 5 waktu laki-laki lebih diutamakan di Masjid. Sedangkan untuk perempuan tidak semua perempuan diperbolehkan masuk kedalam masjid, perempuan yang tidak diperbolehkan masuk kedalam masjid yaitu perempuan yang sedang haid.


    Jika kalian coba lihat keterkaitan antara point Rumusan Masalah dengan Kesimpulan yang Rifqi tampilkan contohnya diatas, secara selintas kalian langsung mengetahui jawaban dari Rumusan Masalah yang ada.

    Kemudian pada Sub Judul Saran, kalian isi dengan kalimat keterbukaan dari kalian untuk menerima masukan dan saran kepada siapa saja yang membaca makalah kalian

    Jadi begitulah makalah yang baik dan benar yang bisa Rifqi sampaikan. Tentunya isi artikel ini berdasarkan pengalaman dulu sewaktu kuliah. Dan seharusnya pembuatan makalah ini harus sudah diperbanyak intensitasnya dari mulai Sekolah Menengah, agar siswa atau mahasiswa biasa melakukan pemecahan masalah berdasarkan kepada analisis dari sumber-sumber yang sesuai dan analisis terhadap lingkungan sekitar.

    Related Posts
    Rifqi Fauzan Sholeh
    Hanya Menulis

    Related Posts

    1 komentar

    1. kalo waktu jaman saya kuliah dulu paling malas namanya buat makalah, jika saya buat pun hanya ada daftar isi isi dan penutup saja wkwkw

      BalasHapus