fgVbA8pS2mAvH6shJUAkVSH4ZBAYg0maapkaFIUm

APA ITU PENGAJARAN EFEKTIF ? YUKS CARI TAHU

    pengajaran efektif
    Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

    Apa itu pengajaran efektif ? Yuks cari tahu. Mendengar pengajaran efektif itu terlihat bagaimana yach ? Sebelumnya maknai terlebih dahulu konsep pengajaran secara umum. Konsep pengajaran ini dibatasi pada pendidikan dasar yang berawal dari SD, SMP, dan SMA atau usia 6 tahun sampai dengan 18 tahun. 

    Peran orang tua dan guru sangat bersinergi untuk menghadirkan kenyamanan pada pendidikan dasar yang berkualitas. Pendidikan dasar ini sangat penting karena memunculkan pondasi ilmu pengetahuan sebelum melangkah ke pendidikan tinggi. Para anak tidak bisa dibiarkan belajar sendiri tapi harus mendapat bimbingan dan perhatian lebih.

    Apa itu pengajaran ?

    Pengajaran dasar berlaku untuk para siswa di bawah usia 18 tahun. Pengajaran dasar tidak hanya melibatkan pengetahuan saja tapi juga pembentukan karakter. Apa itu pembentukan karakter ? Pembentukan karakter merupakan pembinaan karakter yang sesuai dengan norma kehidupan dalam masyarakat. Tentunya pembentukan karakter ini sifatnnya masih normatif.

    Orang tua dan guru yang bersangkutan wajib mengarahkan masa depannya secara bertahap. Masa depan yang bertahap seperti cita-citanya, harapannya ke depan, dan ragam lainnya. Ilmu pengetahuan terbilang penting tapi apabila tak di dukung kerohaniawan dan karakter yang memadai maka hasilnya kurang memadai. 

    Apa itu pengajaran efektif ?

    Tidak hanya melibatkan apa itu atau apa ini tapi fokus pada konsep pengajaran yang mengintegrasikan pengajaran dasar dengan pengajaran karakter. Pengajaran yang efektif harus memuat komponen pengetahuan dan tata tertib yang mudah diingat dan dipahami. Menyadari kemampuan para siswa yang beragam, maka perspektif ini tak mudah dilakukan. 

    Guru harus bisa memainkan peran sebagai staff pendidik dan staff pengajar. Sementara orang tua memposisikan diri sebagai sahabat dan motivator. Menjalankan posisi atau peran di sekolah dan di rumah memerlukan kehadiran keduanya. Proses ini berdurasi 12 tahun sejak umur 6 tahun dan senantiasa diajarkan secara berkelanjutan sampai akhir tingkat SMA.

    Pengajaran efektif merupakan salah satu modal investasi untuk kebutuhan dasar anak. Apa itu kebutuhan dasar anak ? Menurut Rifqi modal yang bukan hanya berupaka makanan saja tapi juga berupa pengetahuan dasar, rohani, dan pembinaan karakter. Apabila ke tiganya sudah dipupuk secara cermat, maka potensi untuk meraih jenjang yang lebih tinggi bisa tercapai.

    Related Posts
    Rifqi Fauzan Sholeh
    Hanya Menulis

    Related Posts

    Posting Komentar