fgVbA8pS2mAvH6shJUAkVSH4ZBAYg0maapkaFIUm

CARA AMPUH MENGATASI RASA TAKUT BERBICARA DIDEPAN UMUM

    takut berbicara didepan umum

    Keberanian seseorang untuk berbicara didepan umum tidak muncul begitu saja. Yang sekarang kalian lihat baik di televisi atau media sosial lainnya orang yang sangat tenang berbicara didepan umum tentunya mereka melakukan latihan secara terus menerus sebelumnya.

    Taukah kalian? Bahwa berdasarkan survei ketakutan yang dilakukan terhadap 3000 orang Amerika, ketakutan berbicara didepan umum berada diposisi paling pertama dari pada ketakutan lainnya seperti kematian, penyakit, dan kehilangan pekerjaan. Jika dipersentasekan ketakutan berbicara didepan umum dengan ketakutan ketakutan lainnya yaitu sebesar 41%.

    Kalian yang masih takut berbicara didepan umum bisa dikatakan kalian masih normal dan tidak mempunyai kelainan mental. Dikatakan seperti itu karena orang-orang terkenal pun masih bisa merasakan ketakutan itu. Yang membedakannya adalah bagaimana setiap individu mengatasi rasa takutnya itu sehingga ucapan yang disampaikan didepan umum bisa dimengerti dan diterima oleh pendengar.

    Jikalau individu itu mampu mengatasi rasa takutnya itu, tentunya materi yang disampaikan dalam acara tersebut akan menghasilkan tepuk tangan dari para pendengar. Begitupun sebaliknya individu yang tidak dapat mengatasi rasa takutnya akan menjadikan materi tidak tersampaikan dengan baik dan keberlangsungan acara pun menjadi membosankan.

    Lantas bagaimana cara mengatasi rasa takut berbicara didepan umum ? Ada dua tahap utama yang harus kalian jalani yaitu semangat belajar dan semangat berlatih. Belajar dan berlatih ini bisa dilakukan langsung dengan kalian mencoba berbicara didepan umum.

    Gugup dan perasaan campur aduk akan kalian rasakan disaat kalian pertama kali berbicara didepan umum. Dalam kegiatan selanjutnya perlahan rasa gugup dan campur aduk tadi akan sedikit demi sedikit berkurang, dikarenakan kalian sudah mempunyai pengalaman sebelumnya sehingga kalian sebelum tampil menyiapkan rencana dan metode penyampaian yang akan digunakan, bahkan mungkin kalian menghapalkan kata-kata yang akan kalian coba sampaikan.

    Penyampaian materi yang mudah dipahami dan diterima pendengar bukanlah hal yang mudah dilakukan. Hal itulah yang menjadikan manusia merasakan takut ketika ditunjuk untuk menjadi pembicara didepan umum.

    Ada suatu penelitian yang menyebutkan bahwa seseorang yang memiliki keberanian berbicara didepan umum akan dengan mudah menyelesaikan pekerjaannya dengan baik, dari pada seseorang yang pendiam. Dengan menjadi pribadi yang lancar berbicara didepan umum, percaya diri dan tanpa merasakan takut akan dapat menguatkan terhadap kepribadiannya.

    Tanda Bahwa Kalian Sedang Merasakan Takut Untuk Berbicara didepan umum

    1. Lutut bergetar susah dikontrol, jantung berdetup kencang perut pun mendadak mulas

    2. Basah diarea telapak tangan, terasa panas, terasa dingin dan muka memerah.

    3. Fokus berkurang

    4. Tenggorokan tegang dan susah menelan

    5. Nafas menjadi pendek

    6. Tertawa menahan gugup

    7. Pengucapan kata-kata yang bergetar

    Cara Mengatasi Rasa Takut Untuk Berbicara didepan umum

    1. Atur nafas kalian dan buat diri kalian lebih enjoy dan rilex

    2. Bawa botol minum untuk mengantisipasi ketika tenggorokan kalian tegang dan susah menelan

    3. Bersikaplah senormal mungkin jangan terlalu banyak tertawa atau senyum

    4. Ucapkan dalam hati “saya berani, saya bisa” buat diri Anda lebih percaya diri

    5. Berdirilah dengan tegak, arahkan mata kalian kepada pendengar dari ujung kanan sampai ujung kiri

    6. Kuasai panggung dengan menggerakan tangan dan buatlah langkah kecil ke kanan dan ke kiri

    Hal-hal yang Membuat Kalian Takut Berbicara didepan umum

    1. Kehilangan kata yang ingin kalian sampaikan

    2. Penjelasan kalian tidak dapat dimengerti pendengar

    3. Penyampaian kalian membosankan

    4. Pendengar memandang kalian orang yang bodoh

    Tips-tips untuk Kalian Berani Berbicara didepan umum

    1. Sadari oleh kalian bahwa ketakutan yang kalian rasakan itu adalah hal yang wajar

    2. Pahamilah jika kalian menolak untuk berbicara didepan umum itu akan mengurangi derajat kalian.

    3. Berpikirlah dengan cepat apa yang harus kalian lakukan, ambil tindakan itu dan buanglah rasa takut.

    Jadikanlah Ketakutan Membentuk Kalian Lebih Baik

    Kelola rasa takut kalian dengan melakukan beberapa kegiatan yang dapat menjadikan kalian lebih baik lagi untuk dapat berbicara didepan umum yaitu dengan melakukan kegiatan berikut ini:

    1. Melakukan Latihan

    2. Ceritakan Kisah Perjuangan Hidup Kalian

    3. Jadilah Seseorang yang Kompeten dalam Suatu Hal

    4. Sampaikan Prestasi yang Pernah Kalian Capai

    Latihan untuk Mengurangi Rasa Takut Berbicara didepan Umum

    Saat pertama kali mulai berbicara didepan umum rasa takut pastinya akan selalu ada bahkan orang-orang terkenal sekalipun sedikitnya masih merasakan hal itu. Perasaan takut ini akan berkurang jika kalian mengendurkan otot kalian dari mulai suara yang terdengar lebih tenang, gerakan tangan dan kaki menjadi enjoy dan percaya diri dan pembicaraan yang dilakukan menjadi lebih lancar.

    Berikut beberapa latihan yang bisa kalian coba:

    1. Belajar Membiasakan Diri 

    Bisa dilakukan dengan cara kalian jemput rasa takut itu dengan coba berbicara didepan umum skala kecil saja dulu perbanyak intensitasnya nanti kalian pasti akan menemukan peluang-peluang apa yang harus kalian lakukan dengan karakter pendengar yang berbeda-beda.

    2. Latihan Keseimbangan

    Jika kalian bertanya mengapa hal ini harus dilakukan, jawabannya adalah untuk menjadikan keseimbangan kaki dan tangan agar tidak gemetar saat tampil didepan pendengar. Hal ini bisa kalian lakukan dengan cara berdiri satu kaki selama 30 detik pastikan kaki kanan kiri dilatih secara seimbang. Untuk latihan tangan coba kalian julurkan tangan kalian kedepan dengan menahan botol yang berisikan air selama 30 detik.

    3. Persiapan 5 Menit Sebelum Tampil

    Persiapan yang dilakukan dengan cara mengayunkan tangan kalian kedepan kebelakang. Gerakan bahu dan leher kalian. Getarkan badan kalian. Tertawalah dan buatlah bibir kalian tidak kaku. 

    4. Persiapan 1 Menit Sebelum Tampil

    Ambilah nafas yang dalam. Fokuskan pikiran kalian sampai kalian merasa rilex dan enjoy. Ucapkan dalam hati “saya siap saya bisa” untuk meningkatkan kepercayaan diri kalian.

    Ayam berkokok dipagi hari, saatnya Rifqi beli ketupat, berakhirlah artikelku ini, semoga bisa memberikan manfaat.

    Terima Kasih Kepada :

    Work vector created by stories - www.freepik.com
    Related Posts
    Rifqi Fauzan Sholeh
    Hanya Menulis

    Related Posts

    Posting Komentar