fgVbA8pS2mAvH6shJUAkVSH4ZBAYg0maapkaFIUm

CARA MENGETAHUI PERBEDAAN PERAN DARI JENIS PEMBICARA

    Pembawa Acara, MC, Orator

    Sudahkah kalian mengetahui apa perbedaan dari pembawa acara, mc, presenter, orator dan protokol ? Dalam setiap acara pasti akan ada orang yang bertugas untuk mengatur dan memberikan pemberitahuan yang berkaitan dengan acara tersebut.

    Pergantian dari setiap sesi acara diatur oleh orang tersebut melalui perintahnya orang-orang yang ada dalam acara tersebut akan mematuhinya. Peran dan tugas orang ini sangatlah besar, karna sukses atau tidaknya tergantung kepadanya. Dia adalah Pembawa acara.

    Sebelum kita mengetahui perbedaan antara pembawa acara, mc, presenter, orator dan protokol kita harus mengetahui definisi dari masing-masing, yaitu sebagai berikut:

    Definisi Pembawa Acara

    Definisi ini disampaikan oleh Asti Musman dalam bukunya yang berjudul Anti Panik Berbicara Didepan Umum, dijelaskan bahwa pembawa acara adalah orang yang pertama berbicara dalam suatu acara. Sebagai pembicara pertama, ia harus bisa menarik perhatian hadirin untuk segera merasa terlibat dalam suatu pertemuan itu. Kalau upaya ini gagal, maka jalannya acara menjadi hambar, tidak berkesan, dan mengecewakan, begitupun sebaliknya.

    Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kunci suksesnya suatu acara berada ditangan pembawa acara ini. Karena itu, tidak mengherankan kalau panitia penyelenggara sebuah acara harus mendatangkan pembawa acara profesional, meskipun harus membayar mahal.

    Definisi MC (Master of Ceremony)

    Seorang MC adalah orang yang bertugas untuk membawakan acara dengan penampilan yang lebih santai, dengan kemampuannya mc harus membawa hadirin untuk menghidupkan suasana. Dengan adanya mc acara akan menjadi ramai dan hidup seakan tidak ada batasan. Semua ikut senang, ikut tertawa, bahagia, dan menikmati jalan acara.

    Definisi Presenter

    Presenter adalah orang yang membawakan satu segmen dalam acara tersebut untuk mempresentasikan materi kepada semua hadirin dalam acara tersebut. Setiap presenter hadir dan berbicara dengan gaya yang berbeda-beda, tergantung kepada background dari setiap individu presenter.

    Definisi Orator

    Orator adalah orang yang membawakan sebuah pidato dengan tampilannya yang formal dan sikapnya yang  tegas baik dari gestur maupun ekspresi, misalnya pidato yang dibawakan dalam sebuah acara wisuda atau acara peresmian lainnya.

    Orator berdiri menyampaikan pidatonya diatas mimbar atau tempat khusus yang digunakan untuk pidato, tidak memberikan ekspresi yang berlebihan karena sifatnya yang formal. Seringkali mendengarkan pidato bisa sangat membosankan dikarenakan materi yang disampaikan, cara penyampaian materi, dan nilai yang terkandung didalam pidato kurang bisa membawa hadirin untuk menyelami dan memahami makna pidato.

    Untuk dapat membangun pidato yang menarik seorang orator harus pandai memahami psikologi masa, harus mengetahui dengan jelas apa yang dia ucapkan. Orator menyampaikan pidatonya dengan hati yang senang dan bersemangat. Selain itu orator juga harus memiliki ketenangan, tujuan, dan atmosfer keberadaannya yang tinggi.

    Definisi Protokol

    Beberapa orang masih ada yang menyebut dan memposisikan protokol sama dengan pembawa acara, mc, presenter dan orator. Penyebutan dan pemosisikan kata protokol sebagai pembicara tentunya sangatlah keliru.

    Protokol berasal dari bahasa Perancis “protocole”. Perancis mengambilnya dari bahasa Latin “protokollum”. Jika dilacak lebih jauh, asal mulanya dari bahasa Yunani “protos” yang memiliki arti “yang pertama” dan “kolla” yang memiliki arti “perekat”.

    Awalnya protokol digunakan untuk menyebut “lembaran pertama” dari gulungan kertas tebal. Selanjutnya kata protokol digunakan untuk menyebut seluruh gulungan kertas yang berisi catatan semua dokumen negara yang bersifat nasional dan antarnegara. Saat ini kata protokol diartikan sebagai (1) pedoman tata cara internasional (2) pemberian pelayanan kepada pemimpin, tamu, peserta rapat, dll yang berkaitan dengan acara resmi.

    Kesimpulannya, protokol itu merupakan dokumen yang berisikan pedoman atau tata cara suatu kegiatan. Semua hal yang mengatur pelaksanaan suatu kegiatan disebut protokoler.

    Perbedaan Antara Pembawa Acara dengan MC

    Dalam penyebutannya pembawa acara sering disebutkan MC, dua istilah ini dipakai umum secara bergantian dengan arti yang sama. Namun penyebutan itu tidak semuanya benar dan tidak semuanya salah, dikatakan demikian karena diantara keduanya ada persamaan dan ada pula perbedaannya.

    Persamaannya yaitu sama-sama orang yang membawakan dan mengatur acara supaya lebih hidup dan terarah. Namun perbedaanya ada pada segi formal dan non-formalnya atau resmi dan tidak resmi suatu acara tersebut.

    Pembawa acara dapat mengisi diacara formal dan non-formal atau acara resmi dan tidak resmi. Sedangkan mc hanya dapat mengisi diacara non-formal saja atau acara tidak resmi saja.

    Perbedaan Antara MC dengan Presenter

    Jika diperhatikan antara MC dan Presenter memiliki kesamaan yaitu sama-sama orang yang berbicara didepan hadirin, namun perbedaannya cukup banyak yaitu :

    1. MC bertanggunjawab penuh terhadap setiap rundown acara sedangkan presenter tidak bertanggungjawab penuh terhadap rundown acara.
    2. MC bertugas fokus terhadap suksesnya jalan rundown acara, sedangkan presenter bertugas hanya fokus terhadap materi presentasi yang disampaikan dideapan hadirin saja.
    3. MC hadir diawal acara bertugas membuka acara dan mengatur dari setiap segmen acara, sedangkan presenter masuk ditengah-tengah acara dan tidak memiliki kewenangan untuk mengatur setiap segmennya.

    Penyebutan pembawa acara, MC, presenter, orator dan protokol kali ini sudah kita ketahui apa persamaan, perbedaan, relevan atau tidaknya penyebutannya bisa kita terapkan dikehidupan sehari-hari. Rifqi sarankan jikalau kalian bertemu dengan orang yang keliru dalam penyebutan dan penempatan istilah pembawa acara, MC, presenter, orator dan protokol langsung kalian beritahu bagaimana seharusnya kata itu digunakan dan diterapkan.

    Terima Kasih Photo by Product School on Unsplash

    Related Posts
    Rifqi Fauzan Sholeh
    Hanya Menulis

    Related Posts

    Posting Komentar