fgVbA8pS2mAvH6shJUAkVSH4ZBAYg0maapkaFIUm

MARI KETAHUI LEBIH JAUH MENGENAI APA YANG DIMAKSUD DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER


    Mari Ketahui Lebih Jauh Mengenai Apa Yang Dimaksud Dengan Pendidikan Karakter! Pendidikan menjadi sebuah hal yang sangatlah penting bagi setiap manusia dimanapun berada. Tentunya pendidikan menjadi salah satu pendorong bagi adanya kemajuan pada setiap bangsa yang ada di sebuah negara. Indonesia tentunya menjadi salah satu negara yang membutuhkan pendidikan sebagai pendorong bagi kemajuan bangsa. Adanya pendidikan yang diberikan secara tepat akan mampu membentuk generasi generasi penerus bangsa yang lebih baik lagi kedepannya.

    Tentunya didalam penerapan pendidikan di Indonesia perlu adanya penanaman karakter yang perlu dimiliki oleh setiap siswa. Adanya penanaman karakter yang kuat bagi setiap peserta didik akan mendukung mereka untuk menjadi pribadi yang lebih maju. Ini menjadi sebuah hal yang sangatlah penting untuk diberikan kepada setiap peserta didik untuk memajukan karakter bangsa dari waktu ke waktu. Tentunya sangatlah penting bagi setiap guru untuk bisa menanamkan pendidikan karakter kepada para siswa.

    Akan tetapi sebelum menerapkannya dalam sistem pembelajaran, maka perlu dipahami mengenai apa yang dimaksud dengan pendidikan karakter. Dengan adanya pendidikan karakter yang diberikan dengan tepat akan membantu setiap guru untuk dapat mencetak generasi yang unggul. Nah, sebelumnya mari kita pahami bersama mengenai pendidikan karakter itu sendiri agar dapat menerapkannya dengan tepat dalam pembelajaran disekolah. Dalam pembahasan kali ini akan dijelaskan mengenai apa itu yang dimaksud pendidikan karakter dan bagaimana cara menerapkannya disekolah.

    Berikut Adalah Penjelasan Mengenai Apa Yang Dimaksud Dengan Pendidikan Karakter

    Pengertian pendidikan karakter

    Pendidikan karakter menurut Ramli adalah sebuah pendidikan yang mengedepankan adanya esensi dan juga makna pada moral serta akhlak. Dengan adanya pendidikan karakter maka akan didapatkan pribadi peserta didik yang jauh lebih baik kedepannya. Selain itu tentunya Thomas Lickona menyebutkan bahwa pendidikan karakter sendiri merupakan sebuah usaha yang dilakukan dengan sengaja. Dimana pendidikan karakter dilakukan untuk dapa membantu seseorang sehingga dapat memahami, memperhatikan, dan juga menerapkan nilai nilai etika. Dengan begitu maka dapat dikatakan bahwa pendidikan karakter sendiri menjadi sebuah hal yang sangatlah penting untuk diberikan kepada peserta didik.

    Fungsi dari pendidikan karakter

    Tentunya saat membahas mengenai pendidikan karakter sendiri maka ada beberapa hal yang perlu dipahami lebih jauh lagi. Ini tentunya akan menambah pemahaman yang dimiliki mengenai apa yang dimaksud dengan pendidikan karakter. Salah satu yang penting untuk dipahami tentunya adalah fungsi dari adanya pendidikan karakter di sekolah. Tentunya ada beberapa fungsi dari adanya pendidikan karakter yang diberikan kepada peserta didik yang harus diterapkan secara tepat.

    Salah satu fungsi dari adanya pendidikan karakter sendiri adalah dapat mengembangkan potensi dasar yang ada didalam diri setiap individu. Pendidikan karakter juga dapat berfungsi untuk membangun dan juga memperkuat adanya perilaku masyarakat yang multikultur. Fungsi lain dari adanya pemberian pendidikan karakter disekolah adalah untuk data membangun serta meningkatkan peradaban bangsa yang lebih kompetitif.

    Baca juga :

    CONTOH PENDIDIKAN KARAKTER DISEKOLAH YANG PENTING DIBERIKAN PADA PESERTA DIDIK

    Tentunya masih ada banyak lagi berbagai macam hal yang dapat memperkuat pemahamanmu mengenai apa yang dimaksud dengan pendidikan karakter. Semoga sedikit penjelasan diatas dapat menambah wawasan yang kamu miliki mengenai pendidikan karakter yang penting diterapkan disekolah. Sehingga kemudian kamu dapat memberikannya dengan tepat pada para peserta didik dan tujuan yang ingin dicapai dapat tercapai secara optimal.

    Photo by Certificate vector created by sentavio - www.freepik.com
    Related Posts
    Rifqi Fauzan Sholeh
    Hanya Menulis

    Related Posts

    Posting Komentar