Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PERUBAHAN FAVICON DAN LOGO RIFQIFAUZANSHOLEH.COM

 

logo

Favicon dan Logo RIFQIFAUZANSHOLEH.COM resmi berubah ditanggal 18 Desember 2020. Tujuan dilakukannya perubahan ini sebagai penyegaran dan mencari suasana penampilan baru blog saya ini.

Dalam prosesnya dibutuhkan banyak waktu untuk mencari Favicon dan logo apa yang sesuai dengan template blog saya ini.

Percaya atau tidak, penampilan dari blog juga sangat menentukan nyaman atau tidaknya pembaca ketika masuk blog.

Kalian sudah tahu apa itu Favicon?

Dalam pengumuman ini saya menyampaikan bahwa blog saya resmi mengubah favicon dan logo, barangkali nanti tidak nyambung karena kalian kurang mengetahui apa itu favicon maka akan coba Rifqi jelaskan terlebih dahulu tentang favicon.
Kata FAVICON merupakan sebutan pendek dari FAVORITE ICON. Favorite Icon ini digunakan oleh pengelola blog atau website untuk memberikan identitas gambar dari pemilik blog atau website tersebut. Favicon ini akan muncul ketika kalian sudah masuk kedalam blog atau website tersebut kemudian kalian akan melihat diatas browser kalian ada gambar kecil contoh saja blog saya ada logo diatasnya, seperti gambar berikut:

Tahu apa pentingnya sikecil favicon ini?

Sebagai gambaran apakah kalian pernah menonton TV ? lantas apa yang kalian lakukan untuk mengingat chanel TV kesukaan kalian? Pastinya kalian akan mengingat logo kecil yang ada di pojok kanan atau pojok kiri layar televisi kalian.
Nah Favicon juga sama gambarannya seperti itu, diciptakan untuk menjadi pembeda antara satu blog atau website dengan blog atau website lainnya sehingga kalian akan mudah memilih dan menandai blog atau website favorite kalian, dari situlah penyebutan nama Favorite Icon.

Cara membuat favicon dengan sangat mudah

Jikalau kalian mempunya perangkat yang mendukung seperti laptop, akan sangat mudah bagi kalian untuk membuat favicon ini. Yang kalian butuhkan adalah Corel Draw, lalu kalian pilih new document dan setting ukurannya menjadi pixel, kemudian kalian atur height dan width nya menjadi 100 px.
Sehingga bakcground yang dihasilkan berbentuk persegi sama sisi, lalu kalian tentukan apakah kalian menginginkan background yang berwarna atau transparan jika transparan kalian pilih fill colour yang tanpa warna dan outlinenya juga pilih yang tanpa warna, jika kalian menginginkan background yang berwarna maka pilihlah warna untuk fill dan outline yang kalian inginkan.

Sejarah Kata Logo

Logo merupakan kata serapan dari bahasa yunani kuno, yaitu LOGOS yang memiliki arti pikiran, budi, kata, serta pembicaraan.

Pada tahun 1810 sampai 1840 kata logo mulai digunakan dengan penyebutan pertama kalinya adalah LOGOTYPE. LOGOTYPE ini memiliki arti sebuah nama yang dibentuk secara unik dengan menggunakan teknik-teknik khusus dengan menggunakan tampilan huruf-huruf yang menarik.

Pada awalnya LOGOTYPE ini dibuat hanya dengan huruf pertama yang ada pada nama. Dan sampai ke zaman sekarang logo tampil dengan berbagai macam bentuk dan warna karena dengan logo akan memberikan keuntungan bagi pelaku usaha supaya produknya dapat dikenal.

Logo dibuat harus berdasarkan dasar dan maksud yang kuat, sebagai isyarat perwakilan gambar yang mewakili ciri khas dari suatu produk atau nama lembaga. Oleh karena itu, logo harus dibuat berbeda antara satu logo dengan logo yang lainnya.

Bisa kita ambil kesimpulan, logo itu adalah suatu bentuk instrumen yang dapat memberikan perwakilan terhadap jenis produk atau lembaga, sehingga dapat menumbuhkan kepercayaan yang baik. Tujuan dibuatnya logo yaitu untuk memberikan kemudahan kepada orang lain terhadap produk, jasa atau lembaga, dengan melihat logonya saja orang lain bisa mengerti produk apa yang sedang mereka lihat atau lembaga apa yang sedang mereka lihat, walaupun pada awal perilisan logo harus banyak dilakukan sosialisasi atau iklan sehingga orang lain terbiasa melihat logo dan deskripsinya.

Macam-Macam Bentuk Logo

Ada sekitar 7 macam bentuk logo yang bisa kalian buat dengan mudah, yaitu:

Letter Mark

Dalam pengertiannya, Logo Letter Mark adalah logo yang memberikan gambaran dari nama seseorang atau nama perusahaan atau nama produk, yang memanfaatkan huruf depannya yang digunakan sebagai inisial nama logo. Terkadang perusahaan-perusahaan besar menggunakan huruf-huruf yang ada pada nama produknya atau nama lembaganya, dengan tujuan memberikan kemudahan kepada orang lain atau clientnya supaya mudah diingat dan disebutkan.

Wordmark

Logo yang selanjutnya adalah Wordmark. Logo wordmark ini bentuknya hampir sama dengan Letter Mark. Kesamaannya terlihat sama-sama memanfaatkan beberapa huruf dari namanya. Sedangkan perbedaan antara wordmark dengan letter mark adalah bentuk logo wordmark menyebutkan seluruh nama dari produk atau lembaga tanpa ada singkatan apapun.

Wordmark ini sangat cocok sekali untuk lembaga atau produk yang tidak mempunyai nama yang panjang, seperti : Fanta, Sprite, Nescafe, dll.

Pictorial Mark

Definisi Pictorial Mark bisa kita mengerti dengan mengetahui arti Picture dan Mark. Picture memiliki arti Gambar dan Mark memiliki arti Tanda. Dengan pemenggalan penerjemahan kata itu bisa kita mengerti bahwa pictorial mark adalah logo berupa gambar yang didesain sedemikian rupa sehingga dapat mewakili nama dari suatu produk atau lembaga. Logo Pictorial Mark ini akan terus menerus disandingkan dengan produk atau lembaga tertentu sehingga, degan munculnya logo tersebut orang lain sudah dapat mengetahui nama dan tentang apa lembaga itu berjalan. Contoh yang kita ketahui dari kehidupan kita sehari-hari seperti logo, Nike, Apple, Adidas, dll.

Logo Abstrak

Penampilan logo abstrak mempunyai kesamaan dengan pictorial mark, yaitu sama-sama memanfaatkan gambar tertentu untuk mewakili nama suatu produk atau lembaga. Namun, perbedaannya ada pada bentuk gambar yang diberikan Logo Abstrak ini. Logo abstrak ini menampilkan bentuk yang random dan unik, sehingga dengan bentuknya yang random dan unik ini akan mampu memberikan bekas ingatan yang kuat kepada orang lain kepada suatu produk atau lembaga. Contoh : Mitshubishi, Honda, Yamaha, dll.

Logo Maskot

Logo maskot berasal dari kata logo yang artinya sudah kita ketahui diatas dan kata maskot yang mempunyai arti bentuk dari suatu benda atau binatang atau objek lain yang dapat dijadikan gambaran terhadap pelaksanaan suatu acara.

Jadi bisa kita mengerti bahwa logo maskot adalah logo yang digambar dengan menyertakan karakter kepada logo produk atau lembaga. Logo seperti ini biasanya bertujuan untuk membuat produk, lembaga atau suatu acara menjadi lebih hidup dengan adanya karakter disana dapat menarik banyak orang dari mulai anak-anak sampai orang dewasa.

Contoh produk yang menggunakan logo maskot : KFC, Ayam Geprek Pangeran, dll.

Contoh acara yang menggunakan logo maskot : PON 2016 Jabar, Asian Games 2018, dll

Logo Kombinasi

Sesuai namanya, logo kombinasi ini adalah logo yang mengkombinasikan antara logo letter mark, logo wordmark, logo pictorial mark, logo abstrak dan logo maskot. Sehingga tampilan logo ini jika dipenggal-penggal tetap saja logo ini akan tetap diingat.

Sebagai gambaran Rifqi akan memberikan contoh logo kombinasi sebagai berikut : Pizza Hut, Puma, Lacoste, dll.

Logo Lambang

Logo lambang ditampilan berupa lambang yang didalamnya terdapat wordmark atau letter mark. Logo lambang ini banyak sekali digunakan oleh produk atau lembaga perusahaan yang besar seperti : Pancasila, Jasa Marga, Polisi, Logo Kesehatan Indonesia.

Hampir keseluruhan logo pemerintahan, sekolah, ormas dan Negara pun menggunakan logo lambang ini.

Fungsi Logo

Logo memiliki fungsi yang sangat menentukan terhadap bentuk dan kualitas suatu produk. Namun logo ini mempunyai fungsi penting lainnya yang harus kalian perhitungkan, yaitu :

1. Branding

Logo adalah bentuk gambar yang bisa dijadikan identitas yang disebarkan kepada masyarakat umum sehingga produk atau perusahaan dapat diingat dan diketahui masyarakat dengan cara mereka melihat logo saja sudah mengetahui jenis dari produk atau perusahaan itu sendiri fokus pada hal apa.

2. Sharing Informasi

Seperti yang dijelaskan pada point nomor 1 Branding, bahwa logo akan memberikan informasi pemahaman orang yang melihatnya mengenai jenis apa produk yang sedang dia lihat, logo perusahaan yang sedang dia lihat itu perusahaan yang berkecimpung dalam hal apa. 

Artinya dengan gambar simple seperti logo ini akan memberikan banyak informasi, asalkan diawal perilisan logo harus disosialisasikan atau disebarkan dari mulai logo dan deskripsi singkat yang menjelaskannya.

3. Memberikan Semangat

Point 3 ini sangat penting bagi pemilik dan karyawan yang bekerja dibawah bendera produk atau perusahaan tersebut, karena secara tidak langsung logo itu memberikan peran penting dalam memberikan semangat kepada perusahaan atau kepada karyawannya.

4. Gambaran Emosi

Bagaimana rasanya ketika meilhat logo pagelaran olahraga ditampilkan dengan logo yang kurang menarik? Tentunya akan sangat membuat emosi kalian merasa bosan.

Yang harusnya pagelaran olahraga diadakan secara meriah dan penuh semangat, ini malah sebaliknya.

Seperti pagelaran olahraga ASEAN GAMES 2018 dimana pada saat itu Negara Indonesia menjadi tuan rumahnya.

Untuk menyampaikan emosi kegembiraannya dan menumbuhkan emosi semangat, maka logo yang dibuat adalah logo maskot, diiringi dengan musik penyemangat.

5. Menarik Perhatian

Sebagai strategi marketing, logo sangat ampuh untuk dijadikan cara menarik perhatian orang banyak. Karena dengan keunikan logo yang ditampilkan maka orang akan merasa terpanggil untuk mencari tahu, apa itu sih ? nah jika sudah begitu tinggal kita yakinkan lagi dengan kualitas dari produk yang kita miliki.

Efektifitas Logo Dalam Penerapannya

1. Unik

Salahsatu penentu cepat dan tidaknya produk kita dikenal orang lain adalah keunikan logo, ketika logo kita berbeda dengan logo produk lain maka disitulah point yang bisa kita jadikan sebagai kelebihan dari produk kita. Ketidaksamaan logo kita dengan logo produk lain akan menambah citra keprofesionalan produk atau merek yang kita miliki.

2. Sederhana

Akan sangat sulit sekali untuk diingat ketika kita meilhat logo yang tidak sederhana, karena akan menyulitkan orang lain menghafal logo kita hanya dalam sepintas saja. Oleh karena itu logo yang dibuat dengan berbeda dari logo lainnya dan ditampilkan dengan sederhana akan menjadikan logo itu mudah diingat walaupun orang lain hanya melihat secara sepintas saja

3. Mudah Diingat

Mudah diingat merupakan hasil dari keunikan logo dan kesederhanaan logo. Logo harus mewakili landasan filosofis dari produk atau lembaga yang diwakili oleh logo tersebut. Misalkan kalian jualan Ayam Goreng, maka kalian harus memikirkan Gambar Ayam dan Penggorengan. Hasilnya itu kembali lagi kepada kreatifitas kalian dalam membuat logo tersebut.

4. Serba Guna

Logo yang efektif salah satunya harus memiliki point ini. Serbaguna dalam artian logo tersebut dapat masuk ke berbagai bentuk media, macam warna, dan berbagai masa. Kita kasih contoh begini, ketika rumah makan memiliki logo maka harus dipikirkan dulu apakah logo tersebut bisa masuk ke papan nama rumah makan?, apakah bisa masuk ke Dus Nasi?, apakah bisa masuk sebagai logo piring?, dll.

5. Sesuai

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, maksud point sesuai ini artinya logo yang ditampilkan harus sesuai landasannya dengan barang, produk atau lembaga yang diwakili oleh logo tersebut. Karena memang itu asal mula terciptanya logo, yaitu untuk memberikan penjelasan tanpa penjelasan yang panjang hanya dengan logo. Jadi jika logo tidak sesuai maka artinya kita tidak akan memberikan penjelasan yang sesuai juga kepada orang lain yang melihat logo kita.

6. Tahan Lama

Tahu tidak orang yang benar-benar profesional dalam membuat logo itu adalah orang yang bisa mengetahui masa depan? Haha... bercanda...

Dikatakan begitu karena logo hasil dari seseorang yang profesional akan selalu hidup dan selalu keren disetiap zamannya. Mudah saja kita bisa mencari contoh seperti KFC yang masih menggunakan logo yang sama dari awal berdiri sampai sekarang. Coba tebak apakah pembuat logo KFC adalah orang yang bisa melihat masa depan?. Karena logo KFC begitu sesuai disetiap zaman dari tahun ke tahun sehingga perusahaan itu semakin besar salahsatunya karena konsistennya logo yang digunakan.


Rifqi Fauzan Sholeh
Rifqi Fauzan Sholeh Hanya Menulis

Posting Komentar untuk "PERUBAHAN FAVICON DAN LOGO RIFQIFAUZANSHOLEH.COM"