fgVbA8pS2mAvH6shJUAkVSH4ZBAYg0maapkaFIUm

TAHAP-TAHAP MENULIS | KETERAMPILAN MENULIS

    TAHAP-TAHAP MENULIS | KETERAMPILAN MENULIS

    TAHAP-TAHAP MENULIS | KETERAMPILAN MENULIS

    Tahap-Tahap Menulis | Keterampilan Menulis - Baik pada pertemuan kali ini kita akan membahas tentang tahap-tahap menulis ini merupakan salah satu materi dalam keterampilan menulis untuk melihat materi-materi yang lain silahkan kalian bisa melihat artikel-artikel sebelumnya, ada konsep dasar menulis ada 10 ketrampilan menulis dan akibatnya.

    Baik apakah sudah siap? oke lanjut ya...

    Tahap-Tahap Menulis | Keterampilan Menulis - Tahapan menulis menurut tamkin tahun 1994 Itu menjelaskan bahwa ada beberapa tahapan menulis yaitu:

    Pertama adalah pramenulis pramenulis ini merupakan tahapan-tahapan sebelum kegiatan menulis yang meliputi menentukan topik merumuskan judul mencari bahan dan sebagainya.

    Kedua itu adalah tahapan menulis draft atau tahapan menulis buram dalam tahapan ini terdiri atas menulis kerangka tulisan dan juga menulis guram atau tersebut.

    Ketiga adalah tahapan perbaikan dalam tahapan ini penulis melakukan revisi baik dalam segi isi maupun dalam segi tulisan.

    Keempat adalah tahapan sesuai dengan tahapan penelitian ini dilakukan dengan menyunting diksi atau menggunakan pilihan-pilihan kata yang tepat seperti pada artikel sebelumnya yang saya sudah telaskan tentang ini.

    Kelima adalah menyunting kalimat kemudian paragraf dan sebuah wacana menjadi sebuah satu tulisan yang utuh.

    Keenam adalah tahapan penerbitan yang mana melengkapi publikasi-publikasi dan mempublikasikannya tahapan penerbitan, yaitu:
    1. Melengkapi publikasi itu seperti kalian melengkapi halaman awal kemudian halaman cetakan seberapa gregetnya gimana dan sebagainya.
    2. Kemudian Kalian juga bisa menata tampilan atau melayout sebelum kalian lebih banyak.
    3. Kemudian yang terakhir mempublikasikannya jadi tahapan tempat menulis not constitute er tomskin tahun 94 itu ada lima Pra menulis menulis draft perbaikan penyuntikan dan penerbitan
    Kemudian dalam buku hand book of writing secara garis besar kalimat itu dapat dibagi menjadi tiga yang meliputi persiapan menulis dan pasca menulis terkait dengan tahap persiapan itu sama dengan tadi menentukan topik, merumuskan judul, dan mencari bahan.

    Kemudian untuk tahapan menulis itu ada menekan angka tulisan menulis purefly merevisi dan pasca menulis itu menyunting melengkapi publikasi dan mempublikasikannya Jadi terima tahapan diawal tadi secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi tiga yang meliputi persiapkan menulis dan pasca milis kita akan bahas satu persatu.

    Tahapan Menulis

    Tahap pertama adalah tahap persiapan dalam tahap persiapan ini ada tujuh tahapan yang meliputi:
    1. Menentukan tujuan
    2. Mengidentifikasi calon pembaca
    3. Menentukan ruang lingkup isi
    4. Memilih media terbit
    5. Menentukan topik
    6. Menyusun kerangka
    7. Merumuskan judul
    Jika tahapan pertama ini selesai akan jadi 70 persen tulisan kalian sudah jadi.

    Tahap pertama menetapkan tujuan Jadi kalian sebelum menulis silahkan menetapkan tujuan eh eh di dalam menetapkan tujuan ini kalian memiliki tujuan apa dalam menulis Apakah kalian ingin memberikan informasi nanti bisa dalam bentuk berita Apakah kalian ingin menerangkan nanti bisa dalam bentuk buku Apakah kalian tujuannya untuk mempublikasi makan nanti jadinya adalah artikel ilmiah jadi Silahkan untuk menetapkan tujuan kalian menulis tulisan yang kalian tulis itu sesuai dengan tujuan awal kalian menulis.

    Tahap kedua adalah mengidentifikasi calon pembaca Serikat harus tahu Berapa usianya apa pendidikannya apa profesinya bagaimana tingkat kesibukannya bahkan kalau juga menggali Fika siapa jenis kelaminnya Kenapa karena suku yang kalian tulis nanti akan dibaca oleh calon pembaca jadi harus disesuaikan dengan calon pembaca.

    Tahap ketiga adalah ruang lingkup terkait dengan ruang lingkup kalian harus tahu jenis tulisan kalian kemudian tujuan kalian menulis dan media tersebut apa yang kalian pakai mereka terkait dengan meja terbit itu ada banyak sekali media seperti media Koran majalah kolom opini iklan baris buku dan sebagainya.

    Tahap keempat yakni memilih media terbit nah dalam memilih meja terkejutnya ada buanyak sekali media terbit seperti buku, surat kabar, majalah anak-anak, majalah remaja, majalah hiburan, jurnal kualitas dan sebagainya mereka ada beberapa mahasiswa yang sudah menghubungi saya dan telah berhasil mempublikasikan hasil tulisannya itu sangat berapresiasi sangat bagus sekali.

    Tahap kelima yaitu menentukan topik dalam tahap pembahasan sebelumnya sudah sabas bahwa topik itu harus aktual kemudian harus langka harus baru kemudian Harus Memiliki tingkat pembahasan yang dalam kemudian sesuai dengan pembaca dan sesuaikan dengan penerbit itu sudah stres pada artikel saya sebelumnya.

    Tahap keenam yaitu adalah Menyusun kerangka Nah kenapa kalian perlu Menyusun kerangka agar tulisan kalian teratur dan terorganisasi agar ada panduan bagi penulis ketika proses mengurus berlangsung jadi tidak akan bingung ditengah jalan kemudian berikutnya adalah agar penulis terhindar dari duplikasi kemudian Agar kalian lebih mudah cari materi-materi pendukung sih ya.

    Kenapa kalian harus harus menyusun sebuah kerangka kemudian berikutnya adalah merumuskan judul Hai nah judul ini sangat penting sekali kenapa Karena judul itu harus menggambarkan isi dan cuplik harus menarik Kenapa ada pembaca ketika melihat judul kalian itu langsung tertarik untuk melihat isi dari tulisan kalian baik

    Ketika tujuh langkah menulis ini sudah kalian lakukan maka tulisan kalian sudah jadi 70 persen Ya kurang 30 persen lagi urusan kalian akan selesai apa berikutnya, berikutnya tahapan yang kedua yaitu tahapan menulis.

    Tahapan menulis secara garis besar tahapan menulis ada dua yaitu menulis buram dan merevisi tulisan. Menulis buram itu (1) menentukan sudut pandang (2) memilih gaya penyajian (3) menulis bagian pembuka (4) mengembang isi (5) melengkapi tabel gambar dan grafik (6) membuat kesimpulan itu ya tahapan menulis buram.

    Revisi Tulisan

    Kemudian tahapan yang kedua adalah merevisi tulisan pada merevisi tulisan ini kalian bisa menambah, memenggal, mengatur materi dan mengirim tulisan. Kalian bisa menambahkan tulisankalian apabila ada yang kurang artinya apa kalian bisa mengikat atau menghapus sebagian dari tulisan kalian jika tentang kalian itu kelebihan kemudian bahkan kalian pun juga bisa mengganti tulisan kalian dengan yang lebih baik.

    Kemudian mengatur materi dan menyunting tulisan ini ya Ini adalah merupakan tahap kedua yaitu tahap menu.

    Pasca Menulis

    Ketiga adalah tahapan pasca menulis ini merupakan tahapan-tahapan ketika kalian setelah menulis ketika kelulusan kalian sudah ada.

    Secara garis besar tahapan pasca menulis ada tiga tahapan utama yakni unsur publikasi, menata tampilan atau layout dan publikasi baik yang pertama adalah unsur publikasi kalian harus melengkapi unsur-unsur dalam publikasi yang meliputi halaman depan halaman belakang, kemudian bisa juga dengan simbol konveksi tulisan dan lain sebagainya.

    Tentunya arti dalam buku-buku yang telah kalian baca itu ada unsur-unsur publikasi seperti halaman awal keterangan buku kemudian terbitnya gimana kemudian jumlah halaman yang berapa kata pengantar dan rezekinya kemudian berikutnya yang kedua adalah cara menata tampilan atau meliputi manajemen grafis jelas.

    Kalau ada gambar atau kalau ada grafik dan sebagainya kalian harus menatanya kemudian juga bisa kalian menentukan bentuk jenis dan ukuran huruf sesuka kalian menggunakan huruf apa Misal areal atau Times New Roman atau apa berapa ukurannya. Kalian dalam hal ini juga menentukan spasinya berapa kemudian halamannya. Kemudian maka ketika adalah publikasi dalam publikasi ini kalian ada buanyak sekali media publikasi seperti ada jurnal ilmiah itu begini volume berapa Nomor berapa itu artinya berseri Tahun berapa.

    Dalam hal ini tadris bahasa indonesia-in Madura sudah racunnya ilmiah yakni ganjaran bisa kalian mengupload jurnal kalian, kemudian bisa juga diterbitkan di website sekarang sudah marak sekali koran-koran yang berbasis online atau website seperti ada Kompas online. Kemudian ada Jawa Pos online, kemudian detik dan sebagainya sudah banyak sekali.

    Kemudian perusahaan Kalian juga bisa dipresentasikan ketika ada seminar seminar ketika ada jadwal jadi pemateri apa di forum Apa itu bisa bahkan hasil tulisan kalian pun juga bisa dimuat di channel spanduk atau baliho.

    Jadi sarana publikasi itu ada banyak sekali silahkan kalian pilih sesuai dengan tujuan kalian sesuai dengan tulisan kalian dan soal dengan publikasi yang kalian pilih.

    Baik mungkin sekian yang dapat saya sampaikan pada materi Tahap-Tahap Menulis | Keterampilan Menulis ingat aja persiapan ada menulis ada pasca menulis Oleh karena itu jika kalian sedang menulis maka Lanjutkan jika kalian belum menulis maka mulailah dari sekarang baik atas kurang lebihnya.

    Related Posts
    Rifqi Fauzan Sholeh
    Hanya Menulis

    Related Posts

    Posting Komentar