fgVbA8pS2mAvH6shJUAkVSH4ZBAYg0maapkaFIUm

CARA MENJAGA MENTAL INI DIA YANG HARUS DILAKUKAN

    CARA MENJAGA MENTAL INI DIA YANG HARUS DILAKUKAN

    CARA MENJAGA MENTAL INI DIA YANG HARUS DILAKUKAN

    Kita mungkin sering denger kalo sehat itu enggak cuma sehat secara fisik aja tapi juga harus mengetahui cara menjaga mental supaya sehat sebagian besar ya kita mungkin juga udah tahu cara biar kita bisa sehat secara fisik gimana entah itu dengan makan makanan bernutrisi minum air putih olahraga gitu ya atau mungkin mengkonsumsi vitamin hal-hal tadi itu udah sering banget kan kita dengar atau mungkin kita juga udah praktekin sekarang di masa pandemi ini.

    Tapi Pernah gak sih lo bertanya-tanya cara menjaga mental itu kayak gimana atau mungkin udah tahu tapi bingung gitu cara buat mulai gimana well...

    Kalo misalnya Kamu bingung tentang gimana caranya biar sehat mental Kamu sedang membaca artikel yang tepat, kenapa? Karena Saya kali ini bakal ngebahas tentang gimana caranya biar kita bisa sehat mental dan cara mulainya, so pastiin baca artikelnya sampai habis biar Kamu bisa nemu langkah buat jadi sehat mental.

    Hai sebenarnya yang dimaksud dengan sehat mental kaya gimana sih?? well . . .

    Menurut WHO sendiri World health Organization, sehat mental adalah suatu kondisi dimana individu tersadar akan kesejahteraan psikologis dirinya gitu ya. Dan dia tuh punya kemampuan buat mengelola stres.

    Ciri-ciri Mental yang Sehat

    Jadi ada beberapa ciri nih pertama dia tahu bahwa dia itu Sejahtera secara psychologis yang kedua dia punya kemampuan buat mengelola stres yang ketiga dia mampu bekerja secara produktif dan yang keempat dia berperan aktif di lingkungannya jadi empat ciri itu nah sebenarnya sehat mental tuh.

    Namun nggak gitu aja sih Kalau menurut Saya cakupannya itu memang luas banget dan banyak hal yang perlu dipahami tentang itu tapi buat kita yang baru mulai ya kita coba dari definisi singkat tadi aja. Nah kalau misal kita ngomongin teori sebenarnya ada teori yang dikembangin sama "Carries" yaitu "Psycholog" asal Amerika Serikat yang menyinggung tentang cara ngebentuk kesejahteraan psikologis individu biar sehat secara mental nah nama teorinya adalah "Six Model of Psychological Well-Being" di Teori ini ada enam aspek yang bisa ngebantu kita.

    satu penerimaan diri ini bisa dia bikin ketika kita bisa nerima nih semua hal gitu ya baik itu positif atau negatif yang ada di diri kita entah itu keadaan fisik atau apapun tapi kita bisa nerima gitu semua hal entah itu positif atau negatif dan ini bukan cuma sekedar kita nerima aja semua di kita tapi juga tentang gimana kita bisa berdamai dengan kegagalan yang kita alami dan juga dengan segala pencapaian.

    Artinya di sini Kamu ga cuma mandang hidup ini tuh cuma sebuah hasil yang semoga berhasil berarti gagal gitu tapi hidup dan diri Kamu saat ini adalah sebuah proses yang mana tiap orang kan pegangnya beda-beda ya dan ada banyak faktor yang ngaruh ke sana, jadi Kamu berdamai Saya enggak cuma mandang hidup ini tuh kalau gagal berhasil gitu enggak enggak hitam putih kayak gitu gitu ya dan ini adalah jawaban buat Kamu yang bertanya-tanya tentang Gimana cara sehat mental.

    Nah mungkin beberapa dulu juga nanya kenapa sih emang harus mulai dari mana? Karena gini selain bisa ngebantu kita sehat secara psikologis juga bisa ngebantu kita buat self-love itu self-love itu perlu ada karena ya kita mesti kenal ya dan menerima keadaan diri kita supaya kita bisa ngembangin diri kita dan biasanya save ini lebih mudah buat kenali ketika kita udah menerima diri kita secara utuh dan apa adanya.

    Jadi ketika kalau dan mengembangkan disini kamu biasanya bakal lebih siap ya kalau ada tantangan yang datang sendiri, karena baik hal yang Kamu kerjain ini itu cuma sebagian kecil dari hidup diri kamu. Gak cuman didefinisikan dari apa yang laku Ia sekarang dengan banyak hal lainnya jadi ketika yang lagi lho aku ini gagal pekerjaan lah, karir lah, gitu atau mungkin kamu belum punya mobil, belum punya HP, belum punya MacBook, itu kan ia bukan berarti lu kehilangan seluruh dunia Kamu kan.

    Gitu begitupun kalau ini berhasil ya bukan berarti lo bakal stop berkembang sampai sini aja gitu kan jadi misalnya ya anggap aja gitu ya Saya kemarin baru aja dikabarin sama forks bahwa Saya dapet for standard gitu tapi apakah udah itu Ya nggak juga kan jadi kayak Saya juga masih punya banyak kekurangan dan yang jelas Saya juga ada beberapa kelebihan tapi bukan berarti dunia selesai gitu dengan Saya gagal atau dunia selesai dengan Saya berhasil gitu.

    Dan ini juga ciri-ciri penting dari orang yang udah punya save fans ketika orang udah punya fans yaitu cenderung bisa bergerak lebih cepat ketika dia menghadapi suatu masalah kenapa karena individu yang punya shafts tinggi. Hai itu udah bisa nerima semua aspek dalam dirinya dan ia tahu gimana cara mengatasinya jadi ketika ada masalah ya udah langsung selesai aja sesuai dengan kondisi dia nggak perlu banyak ngeluh, nggak perlu banyak galau dan sebagainya.

    Nah sebenernya ada dua tipe nih dari Self-Love ada yang rendah ada yang tinggi mungkin beberapa deh rendah, mungkin baper udah tinggi, misal Saya ambil contoh kasus Kamu adalah tipikal orang yang nggak bisa begadang karena kalau dipaksain biasanya ketika bangunlah bakal pusing nah ketika ada tugas yang dikumpul besok dan Kamu baru dapat informasi di malam hari buat orang yang sampai setengah tinggi.

    Ya dia tahu kalau dia bisa begadang dan kau dipaksa pun ya udah nggak bakal Prima jadi dari pada begadang ya udah dia tidur dulu lebih awal biar bisa ngerjain tugas besok subuh misalnya sedangkan orang yang mungkin sempat sabtunya rendah itu dibandingkan mikir gimana biar dia bisa ngerjain tugas biasanya dia bakal sibuk dulu kritik diri sendiri gitu ya kenapa sih Saya nggak bisa begadang itu kenapa sih Saya harusnya tugas dan sebagainya atau kritik orang lain gitu ya.

    Kenapa sih temen Saya kayak gini dan banyak lagi kenapa-kenapa lainnya sampai malah lupa emang gimana cara mengatasi masalah yang ada karena kebanyakan ngeluh jadi kebayang yah bedanya sekarang gimana nah sekarang kita udah tau kan Self-Love itu bisa jadi salah satu jalan biar sehat mental terus gimana caranya biar bisa mulai buat ningkatin Self-Love.

    Saya ada beberapa tips yang paling pertama dan utama adalah mengenali diri kita sendiri luar dan dalam penting banget buat kita Kenali diri sebelum memulai menerima Emang sih pas kita mencoba buat mengenal diri mungkin awalnya bakal susah tapi enggak pa-pa pelan-pelan aja mungkin ada beberapa giro bingung sebenernya Saya ini gimana ya tujuan Saya kedepannya gimana ya atau kalau bingung juga cara buat kenal diri Saya gimana ya well...

    Coba mulai aja dulu dengan cara paling sederhana Kamu bisa ambil kertas dan alat tulis yang Kamu punya terus ya northwest aja gitu Kamu bisa tulis nih Kamu tuh orangnya kayak gimana kondisi tubuh kayak gimana kalo lagi stress lah ngapain atau sesimpel rutinitas apa yang wajib banget lakuin atau malam hari dari tulisan Kamu tadi kau bisa meraba-raba dengan sebenarnya itu kayak apa dan Kamu bisa mulai kenalan sama diri kamu sendiri sebenarnya orangnya kayak gimana sih Kamu itu.

    Nah setelah itu Kamu bisa mulai buat terima diri Kamu gitu bukan cuma hal positif doang tapi juga negatif ya dan menerima disini bukan cuma bilang Kenapa ya Saya kelemahannya ini bukan mempertanyakan tapi lebih ke "Oh oke Saya punya kelemahan ini kira-kira apa yang bisa saya lakuin? kira-kira Saya mesti gimana ke depan?"

    Oke itu tadi langkah yang bisa bikin kita jadi sehat mental Semoga dengan artikel ini Kita bisa mulai menerima diri sendiri dan Ya seenggaknya mengembangkan diri kita dan belajar terus menerus etnis satu persen saja setiap Oke Akhir kata Saya evangelista persen semoga artikel ini bisa membantu
    Related Posts
    Rifqi Fauzan Sholeh
    Hanya Menulis

    Related Posts

    Posting Komentar