CARA MENGHADAPI RASA MENYESAL (MULAI MENCINTAI DAN MENGHARGAI DIRI SENDIRI)

CARA MENGHADAPI RASA MENYESAL (MULAI MENCINTAI DAN MENGHARGAI DIRI SENDIRI)

CARA MENGHADAPI RASA MENYESAL (MULAI MENCINTAI DAN MENGHARGAI DIRI SENDIRI)

Hai pernah nggak sih Kamu kepikiran kesalahan di masa lalu gitu? apalagi kalau malam-malam sebelum tidur ya kesalahan yang mungkin sampai sekarang masih menghantui Kamu dengan perasaan menyesal dan ngebuat Kamu jadi ngerasa gak nyaman atau bahkan sampai lebih Cidro sendiri.

Penyesalan itu memang adalah hal yang wajar ya dan memang dialami oleh semua manusia tapi ya tetep aja penyesalan ini seringkali menimbulkan siksaan batin buat orang yang mungkin masih merasa bersalah gitu sama kesalahan yang sama terus menerus. Jadi, Kamu baca satu artikel sampai habis supaya Kamu bisa mendapat keseluruhan isinya ok!!!

Sebelumnya saya akan jelasin lebih lanjut tentang penyesalan, Saya mau ngingetin lagi bahwa Ya sebenernya Nggak papa kok buat memiliki penyesalan karena ya ini wajar, yang tadi Saya bilang tapi sebenarnya apa sih penyesalan itu??? well . . .

Penyesalan adalah suatu emosi yang muncul ketika kita sadar kalau apa yang terjadi di masa lalu itu enggak sesuai dengan pandangan kita saat ini tentang apa yang seharusnya tidak terjadi misalnya Mungkin Kamu pernah bilang kata-kata kasar ke temen Kamu yang buat dia sakit hati itu nah perasaan nyesel ini itu akan muncul ketika Kamu Mikir bahwa seharusnya Kamu bisa ngomong lebih baik ke temen Kamuh bukannya ngeluarin kata-kata kasar kayak yang udah Kamu lakuin.

Jika dilihat secara positif ya sebenarnya penyesalan adalah sinyal kalau seorang menyadari bahwa dia itu udah ngelakuin sesuatu enggak ideal dan dia itu sadar kalau ada alternatif lebih baik yang bisa dilakukan yang artinya sebenar positif ya karena ini bisa membuka kesempatan buat orang untuk belajar dan berkembang.

Tapi tetap saja kadang penyesalan ini juga diikuti sama perasaan gak enak, gak nyaman, dan terjadi terus-menerus.

Nah Buatlah yang mengalaminya bukan positif malah jadi negatif Saya rasa memang ya ini adalah waktu yang tepat buat Kamu belajar untuk paham dulu sih tentang penyesalan yang Kamu Rasain makanya disini Saya bakal jelasin nih tentang proses penyesalan tuh kayak gimana. Jadi sama kayak berduka, penyesalan juga terbentuk lewat beberapa tahap.

Tahapan Cara Menghadapi Rasa Menyesal

Tahapan ini digambarkan dengan cukup baik oleh "Catherine schulz" dalam tektok nya yang berjudul "Don't regret Regret" jadi jangan nyesel tentang penyesalan Kamuh gitu nah so tahapannya apa aja sih well yaitu:

Pertama di tahapan ini sesuai dengan namanya kita berusaha untuk rekan berbagai macam Samosir dan pikiran negatif yang muncul ketika kita sadar kalau ada sesuatu yang salah jadi kayak kita bakal mikir Enggak kok Meskipun kita udah ngomong kasar gitu ya Enggak kok kata-kata Saya enggak sekasar itu dan lain sebagainya Hai atau mungkin kita bilang ke diri kita sendiri udahlah gausah dipikirin udah lewat juga gitu nah intinya di tahap ini kita cuman pengen perasaan negatifnya hilang dan gak berusaha buat mecahin masalahnya.

Kedua adalah tahapan wilderman di tahapan ini kita udah sadar gitu kalau kita tuh salah tapi kita masih nggak percaya Masih belum paham dan gak habis pikir kenapa kita sampai melakukan kesalahan itu gitu ya. Nah di tahap ini kita udah mulai mikir kok bisa ya Saya ngomong kayak gitu nah kita udah sadar bahwa kita salah tapi kita masih nggak percaya gitu kayak kenapa ya Saya kayak gitu ya.

Ketiga adalah tahap vanishment dimana kita ada keinginan buat menghukum diri sendiri kayak misalnya buat kasus yang tadi yang ngomong kasar gitu ya orangnya di tahapan ini bakal berharap kalau dia bisa muncul dirinya sendiri bisa menghukum dirinya sendiri gitu Pokoknya orangnya dalam Fase ini itu pengen menghukum dirinya sendiri dengan sesuatu yang setimpal.

Keempat yaitu perspiration di tahap ini kita yap secara berulang-ulang mikirin soal penyesalan dan kesalahan, Ya udah kita perbuat nah kemungkinan memang disinilah memang konsep penyesalan yang kita pahami biasanya. Nah kalau bisa Kamu Ngerasa Kamu nyesel biasanya Kamu ada di tahap perseveration dimana ya Kamu sebenarnya mikirin terus kan gitu overthinking tentang hal yang udah Kamu lakuin nah habis itu terus kita harus ngapain emang well biasanya yang terjadi itu beda-beda ya buat setiap orang ada orang yang terjebak di fase 3 dan 4 alias bolak-balik ajah diantara mikir gitu ya dan keinginan buat menghukum diri sendiri dan ada juga yang sebenarnya bisa melewatinya gitu.

Nah kalau orang nggak berhasil melewatinya Nah inilah yang bikin penyesalan itu problematik dan bisa menimbulkan ya perasaan sedih yang terus menerus kita ngerendahin diri sendiri Kita cemas dan bahkan bisa juga dalam beberapa kasus sampai depresi tapi ada juga yang tadi kan yang Saya bilang orang yang bisa melewati Fase ini dicukur yang udah melewati fase 3 dan 4.

Dan dia bakal masuk ke fase tambahan kalau menurut "Souls" namanya adalah eksistensial wake up dimana kita sadar kalau penyesalan dan berbagai hal yang kita pikirin terus-terusan itu enggak bakal ke mana-mana dan bahwa apa yang sudah terjadi itu gak bakal bisa diubah nah disini kita juga sadar kalau hukuman dan berbagai ide penebusan yang kita pikir itu mungkin gak realistis dan akhirnya kita jadi Fokus sama hal-hal Yaudah yang bisa kita kontrol aja gitu ya Kayak misalnya gimana kita bisa evaluasi diri gimana kita bisa memperbaiki keadaan dan gimana kita bisa belajar dari kesalahan yang pernah kita lakukan Nah terus gimana caranya biar bisa menangani penyesalan well sebenarnya kita sudah pernah ngebahas tentang masalah ini di artikel sebelumnya ya Kamu bisa baca Tapi sebelum membaca artikel tadi atau nyoba tips apapun Saya rasa Sebenarnya ada hal super penting yang sebaiknya Kamu pahami terlebih dahulu self-compassion atau kasih sayang dan pengertian yang diberikan seseorang kepada dirinya sendiri intinya Kamu sama diri Kamu nih.

Dan ngerti sama diri Kamu itu adalah salah satu faktor yang nentuin Apakah seseorang bakal mengalami perkembangan diri dari penyesalan atau enggak gitu Kenapa karena dengan Kamu punya Show Fashion ini tuh akan ngedorong robot bisa menerima penyesalan dan kesalahan yang Kamu alami jadinya ini bisa mempermudah Kamu untuk belajar dan tumbuh jadi orang yang lebih baik Kalau menurut salah satu penelitian di bidang ini self-compassion itu bisa dicapai dengan tiga cara sebenarnya nah ini yang perlakuin pertama Kamupro bersikap baik dan nggak ngecharge di real tentang kegalauan Kamu gitu ya jadi nggak perlu ngejudge keras banget gitu dan yang kedua Sadarilah bahwa berbuat kesalahan adalah suatu yang wajar dan manusiawi dan yang ketiga coba praktekin yang namanya mindfulness gitu atau menghadapi kegagalan dan penyesalan dengan tenang enjoy the moment aja enggak usah banyak bikin tentang masa lalu atau masa depan.

Nah masalahnya adalah gini kalau kita stuck di fase 3 dan 4 gitu Ya kemungkinan dia kita bakal susah untuk sayang atau baik sama diri sendiri dan susah buat mempraktekkan self-compassion kalau mengalami hal ini sebenarnya ada beberapa hal yang bisa lakuin tentunya Ya Kamu bisa curhat atau cerita ke temen atau keluarga yang paling Kamu percaya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Random