fgVbA8pS2mAvH6shJUAkVSH4ZBAYg0maapkaFIUm

MENJAGA LINGKUNGAN HIDUP LEWAT PENDIDIKAN

    lingkungan hidup

    MENJAGA LINGKUNGAN HIDUP LEWAT PENDIDIKAN

    Wawasan, kreatifitas, dan sadar akan lingkungan hidup adalah suatu hal yang penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Hal ini sebenarnya diajarkan pada Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH). Namun sayangnya jenis Pendidikan tersebut tidak tersebar rata di Indonesia. Bahkan trgolong sangat minim alias masih sangat dikesampingkan. Padahal PLH adalah Pendidikan yang tergolong penting karena kita memerlukan wawasan dalam menjaga lingkungan.

    Mengingat bahwa fenomena yang sering terjadi sekarang semakin banyak pencemaran lingkungan. Pencemaran lingkungan itu pun terjadi berbagai jenis di antaranya seperti pencemaran udara, tanah, hingga laut.

    Jika kita memiliki wawasan tentang lingkungan hidup, sebenarnya kita bisa sadar akan lingkungan bahwa lingkungan harus kita jaga melalui pengetahuan yang tertera di dalam Pendidikan Lingkungan Hidup.

    Melestarikan Lingkungan Hidup

    Sesuatu yang kita jaga pun bukan hanya pada udara, tanah, maupun air baik air sungai maupun air laut. Melainkan juga semua makhluk hidup di dunia ini. agar keseimbangan rantai makanan di bumi tetap terjaga sebagai sistem ekosistem. Dengan begitu, tidak akan terjadi kepunahan pada suatu makhluk hidup.

    Dalam PLH akan diajarkan bagaimana cara kita berperan sebagai makhluk hidup manusida terhadap lingkungan. Di mana kita wajib melestarikan lingkungan hidup. Hal ini bukan semata-mata untuk kita juga, melainkan untuk generasi berikutnya. Tentu kita tidak mau meninggalkan warisan berupa lingkungan yang sudah rusak dan tercemar.

    Coba kalau kita berpikir seperti ini, “Kita sedang meminjam bumi ini dari anak cucu kita.” Dengan berpikir seperti itu, maka kita bisa menjaga lingkungan, karena bumi ini bukan milik kita, melainkan anak cucu kita. Karena kita hanya meminjamnya.

    Kerusakan Lingkungan Hidup

    Kerusakan dan pencemaran lingkungan terjadi bisa menyebabkan beberapa dampak negative, di antaranya adalah perubahan iklim secara ekstrim. Di mana lapisan ozon yang terbuka menjadikan matahari memberi efek yang lebih panas daripada sebenarnya. Hal ini dinamakan global warming atau pemanasan global. Beberapa gunung es di kutub Utara dan Kutub Selatan pun mencari, sehingga membuat air di antartika menjadi bertambah volumenya yang bisa menyebabkan kebanjiran massal.

    Tentu hal tersebut tidak ingin kita alami. Sehingga kita perlu adanya menjaga lingkungan hidup agar kita tidak malu dengan anak cucu kita kelak.

    Terlebih lagi penebangan hutan secara berlebih karena eksploitasi hasil bumi yang berlebihan. Hal ini berdampak buruk pada lingkungan hidup. Tak hanya pada tanah saja, hewan dan tumbuhan pun juga ikut terkena imbasnya.

    Dengan adanya berbagai fenomena tersebut, merupakan problematika sendiri dari kita sebagai manusia. Untuk itu diperlukan adanya wawasan dari Pendidikan Lingkungan Hidup agar kita memiliki wawasan alias melek akan kesadaran lingkungan hidup.

    Menjaga Lingkungan Hidup

    Sebenarnya dalam menjaga lingkungan hidup cukup sederhana yang bisa kita lakukan, salah satunya adalah tidak membuang sampah sembarangan. Hal ini adalah bentuk kecil dan sederhana yang bisa kita lakukan, namun memiliki efek yang luar biasa.

    Kita coba dulu mulai dari kita sendiri. Dengan begitu, orang lain akan melihat kita kemudian akan ikut apa yang kita lakukan. Karena hal buruk bisa menular, begitu juga dengan kebaikan.

    Pendidikan Lingkungan Hidup bis akita jumpai di akademik tingkat perguruan tinggi tertentu. Biasanya Pendidikan perguruan tinggi negeri menyediakan bidang program studi Pendidikan Lingkungan Hidup.

    Kesimpulannya, bahwa PLH perlu diadakan sejak dini alias sejak Pendidikan jenjang sekolah dasar. Karena dengan adanya kesadaran sejak dini, maka kita bisa mengatasi berbagai problematika tentang lingkungan hidup.
    Related Posts
    Rifqi Fauzan Sholeh
    Hanya Menulis

    Related Posts

    Posting Komentar