PENDIDIKAN SEBAGAI SENJATA UTAMA MELAWAN KRISIS DI INDONESIA

pendidikan karakter

PENDIDIKAN SEBAGAI SENJATA UTAMA MELAWAN KRISIS DI INDONESIA

Permasalahan di Indonesia sepertinya semakin runyam dan semakin banyak variannya, mulai dari ekonomi, sosial, agama, budaya moral, hingga Pendidikan. Padahal untuk menjadi negara maju, setidaknya problematika seperti itu tidak ada atau bisa diminimalisir. Tentunya hal ini perlu adanya dukungan dari berbagai pihak, bukan hanya pemerintah, melainkan bangsa pun perlu turut andil dalam memajukan bangsa.

Dengan adanya negara yang maju, maka kesejahteraan masyarakat pun terjamin. Salah satu yang bisa menjadi acuan untuk negara maju adalah adanya Pendidikan karakter yang perlu ditingkatkan dan diterapkan sejak usia dini.

Pasalnya, Pendidikan karakter mulai diabaikan oleh masyarakat, yang padahal Pendidikan ini sangat penting dan bisa meminimalisir problematika kehidupan. Salah satunya adalah kasus korupsi yang semakin merajalela di Indonesia. Dari tahun 2015 hingga 2020, tercatat terdapat 800 lebih kasus korupsi di Indonesia. Hal ini merupakan dampak buruk karena minimnya Pendidikan karakter pada masyarakat Indonesia.

Sehingga perlu adanya Pendidikan karakter yang harus segera ditanamkan ke masyarakat Indonesia. Mengingat bahwa Pendidikan merupakan salah satu pondasi bangsa dalam memajukan bangsa, sehingga bisa dikatakan bahwa semakin maju Pendidikan di suatu negara, maka semakin banik kualitas bangsa dan negara.

Pendidikan sebagai Cita-Cita Bangsa

Pada dasarnya, Pendidikan di Indonesia adalah hal utama dalam mewujudkan cita-cita bangsa agar dapat membentuk bangsa yang maju. Seperti halnya yang tertuang pada Undang-Undang tentang Pendidikan nomor 20 tahun 2003 pasal 3. Di mana Pendidikan memiliki fungsi sebagai pengembangan karakter bangsa.

Bisa dikatakan bahwa problematika di Indonesia semakin menjadi-jadi, bahkan semakin banyak. Hal ini Kembali ke diri kita masing-masing. Ketika kita melakukan hal baik untuk negara, maka hasilnya pun akan positif. Hal ini pun Pendidikan menjadi pendukung yang paling kuat dalam menyelesaikan masalah di Indonesia. Pendidikan dapat menentukan nasib bangsa. Namun, sayangnya memperbaiki Pendidikan di Indonesia masih sangat berat untuk dijalankan.

Terlebih lagi, sekarang terkena pandemic yang mana Pendidikan semakin terhambat karena adanya Pendidikan online. Yang mana terbilang kurang efektif dalam memberikan ilmu kepada para civita akademis.

Tak hanya itu, dari segi geografis, Indonesia juga masih belum bisa mengatasi problematika untuk Pendidikan yang merata. Karena di daerah terpencil pun masih sangat sulit diterapkannya Pendidikan.

Pendidikan Pembentuk Karakter Bangsa

Karakter yang merupakan ciri khas yang dimiliki setiap individu. Adalah komponen utama dalam diri manusia. Karena karakter lah yang memberi pengaruh terhadap seseorang dalam menjalankan aktivitasnya dari Tindakan, ucapan, hingga respon. Untuk Pendidikan karakter pun sangat diperlukan bagi bangsa sebagai masyarakat yang memerlukan orang lain dan berdampingan dengan orang lain.

Pendidikan pun menjadi penopang atau kebutuhan utama manusia dalam mentelisik potensi manusia. Baik dari segi fisik maupun mental. Dengan adanya Pendidikan, seorang manusia akan memiliki karakter, ilmu, dan keahlian. Sehingga Pendidikan pun menjadi acuan yang wajib diberi sejak masih usia anak-anak.

Tak hanya sebagai pembentuk potensi, melainkan Pendidikan juga merupakan sesuatu turun-temurun dari generasi ke generasi berikutnya. Meskipun pada dasarnya Pendidikan juga bisa didapatkan secara otodidak alias tidak memerlukan bimbingan di bawah orang lain. Justru Pendidikan secara otodidak mampu melekat lebih dalam dibandingkan Pendidikan di bawah orang lain. Namun hal ini perlu adanya keselarasan antara kemauan seseorang.

Pendidikan karakter pun bisa mengacu pada sifat dan karakter bangsa. Di mana moral bangsa terbentuk di sini. Problematika negara pun menjadi permasalahan yang cukup serius untuk segera diatasi dengan Pendidikan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Random