fgVbA8pS2mAvH6shJUAkVSH4ZBAYg0maapkaFIUm

TIPS DAN CARA TETAP EFEKTIF BELAJAR DI RUMAH MESKI DALAM KONDISI KEADAAN PANDEMI

    cara efektif belajar

    TIPS DAN CARA TETAP EFEKTIF BELAJAR DI RUMAH MESKI DALAM KONDISI KEADAAN PANDEMI

    Virus Corona yang mulai mewabah pada 2019 lalu membuat segala hal menjadi kacau dan berantakan. Banyak orang-orang yang terdampak yang diakibatkan virus covid-19 ini. Segala sector baik ekonomi, politik dan sosial mengalami dampak yang parah akibat virus ini. Sebut saja seperti banyaknya terjadi PHK atau pemutusan kerja yang menyebabkan banyaknya pengangguran, tentunya hal ini berdampak pada ekonomi yang dimana orang-orang yang terdampak tersebut mengalami kesulitan finansial sehingga lesu kondisi ekonomi.

    Tak hanya ekonomi, dampak sosialpun sangat terbatas. Kita harus menjaga dan mengurangi interaksi sosial secara langsung demi mencengah penularan virus ini. Tua, Muda tidak memandang usia semuanya secara tidak langsung terdampak akibat wabah yang terjadi secara global ini.

    Hal ini juga yang dirasakan oleh kita sebagai pelajar, dimana yang biasanya kita belajar disekolah sekarang dialihkan belajar dirumah melalui sistem daring atau secara online. Tentunya hal ini akan berdampak dan menimbulkan ketidakefektifan dalam belajar dirumah. Seperti kita ketahui kemampuan orang berbeda-beda, ada yang cepat mengerti dan adapula yang perlu perhatian khusus oleh guru agar mudah memahami pelajaran. Selain itu juga perbedaan finansial yang menjadi salah satu faktor penting dalam belajar online membuat pembelajaran dirumah ini bisa tidak efektif, seperti kita ketahui bahwa tidak semua orang atau pelajar memiliki fasilitas pembelajaran online seperti Hp, Jaringan ataupun gawai bagus yang menunjang pembelajaran mereka. Tentu ini harus menjadi perhatian serius.

    Nah, disini kami membagikan beberapa tips dan cara efektif belajar di rumah meski secara jarak jauh.

    Perhatikan Dan Catat Materi Yang Disampaikan

    Pada saat pembelajaran secara daring melalui aplikasi video meeting berlangsung kita harus memperhatikan dengan jelas apa yang di jelaskan dan disampaikan oleh guru. Usahakan kita menghidupkan kamera, karena kebanyakan diantara kita ketika pembelajaran berlangsung kamera dimatikan. Hal ini bisa membuat kurangnya interaksi antara guru dan murid sehingga membuat pembelajaran tidak efektif. Selain itu catat poin-poin penting materi yang disampaikan oleh guru disatu catatan khusus yang dimana dapat kita mengulangi lagi materi tersebut.

    Berkomunikasi Dengan Keluarga Di rumah

    Komunikasi adalah menjadi salah satu yang harus diperhatikan ketika kita sedang belajar dirumah. Ketika pembelajaraan berlangsung komunikasi kepada orang dirumah untuk meminta waktu dan tidak menganggu terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar kita dapat lebih focus dalam melaksanakan pembelajaran. Selain itu, komunikasi dengan keluarga baik ayah, ibu atau kakak mengenai pembelajaran yang kita pelajari dan bila perlu tanyakan kepada mereka yang mengetahui jika ada satu materi yang tidak kamu ketahui.

    Ulangi Materi Yang Kamu Catat

    Mengulangi materi pembelajaran yang diberikan guru bisa menjadi solusi agar cepat kita memahami pelajaran dengan sungguh-sungguh. Luangkan waktu setidaknya 15-30 menit untuk membaca kembali materi yang telah kamu catat dan peroleh dari guru. Selain itu kamu juga bisa kembali menambahkan dan melengkapi materi-materi sendiri yang mungkin tertinggal atau belum sempat disampaikan oleh gurumu.

    Beri Reward Kepada dirimu dan Jangan Terlalu Memporsir Belajar

    Ketika kamu sudah melaksanakan kewajiban belajar dan membaca kembali materi yang telah kamu catat. Beri reward atau hadiah kepada dirimu sendiri sebagai bentuk apresiasi bahwa kamu telah melaksanakan tugas dengan baik. Reward bisa berupa makan makanan kesukaanmu, menonton film, membaca novel atau komik ataupun sekadar bermain game untuk mengisi waktu senggang. Tentunya harus diingat reward diberikan hanya ketika kamu sudah melaksanakan tugas dengan baik, bukan malah reward kamu jadikan alasan untuk bermalas-malasan.

    Tentukan Gaya Belajar Sesuai Kemauan dan Favorit Mu

    Nah hal ini juga sangat penting, apabila kita menemukan gaya belajar sesuai keinginan dan favorit kita maka belajar akan menjadi lebih menyenangkan. Oleh sebab itu kamu harus mengetahui bagaimana gaya belajar favorit mu apakah diwaktu malam hari ketika keadaan sedang sunyi, atau sambil mendengarkan musik atau apapun yang bisa membuat belajarmu menjadi lebih menyenangkan.

    Itulah tadi tips dan cara untuk kita agar belajar tetap efektif dan nyaman meskipun dirumah saja. Tentunya dalam keadaan seperti ini tidak lantas membuat kita bermalas-malasan ataupun menjadikan ini alasan kita untuk malas belajar. Kita harus terus mengisi dan mengejar materi-materi yang harus kita dapatkan demi masa depan kita semua.
    Related Posts
    Rifqi Fauzan Sholeh
    Hanya Menulis

    Related Posts

    Posting Komentar