Beasiswa Unggulan Bisa didapatkan

beasiswa unggulan

Kali ini kita akan membuat tutorial pendaftaran untuk beasiswa unggulan di tahun 2021, langsung kita mulai silahkan klik link berikut ini: https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/daftar 

pendaftaran

Silahkan masukan NIK yang akan kalian daftarkan, pastikan NIK yang akan kalian gunakan terdaftar dikartu keluarga (KK) dan pastikan juga alamat surel atau alamat email kalian juga harus aktif, karena email ini sangat berguna untuk verifikasi akun, dan isi juga kolom kata sandi yang mudah kalian ingat, saya sarankan jangan menggunakan kata sandi yang direkomendasikan, karena sangat besar kemungkinan kalian akan lupa dan susah mengingatnya.

Setelah semua terisi silahkan kalian klik DAFTAR kemudian cek email kalian untuk melakukan verifikasi akun kalian, karena dengan verifikasi inilah akun kalian bisa aktif dan bisa digunakan.

Jika akun sudah diverifikasi kita lanjut silahkan klik link berikut: https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/login

Cara Pengisian Data Beasiswa Unggulan

Seperti inilah tampilan dashboard beasiswa unggulan di tahun 2021, sebagaimana kita lihat di dashboard ini ada banyak data yang harus diisi sebelum kalian submit dokumen kalian.

Profil Peserta

Silahkan isi dan lengkapi data akun beasiswa unggulan pada kolom Profil Peserta ini, mulai dari:

  1. Biodata
  2. Orangtua
  3. Organisasi
  4. Pengalaman Kerja
  5. Prestasi
  6. Riwayat Beasiswa
  7. Riwayat Pendidikan
  8. Sertifikasi Keahlian

Lanjut ke pengisian kolom Beasiswa.

Menu Beasiswa

Kolom beasiswa ini wajib diisi, disini ada 3 menu yang harus kalian isi, yaitu:

  1. Pengajuan Beasiswa
  2. Daftar Biaya
  3. Berkas Persyaratan

Pengisian Menu Pengajuan Beasiswa

Kita akan isi yang pertama, yaitu pengajuan beasiswa unggulan silahkan klik jenis beasiswa yang kalian inginkan.

Jenis Beasiswa

Disini ada tiga jenis pilihan beasiswa yaitu: Masyarakat Berprestasi, Pegawai Kemendikbud dan Disabilitas.

Kemudian kolom selanjutnya silahkan pilih jenis mahasiswa yang sesuai dengan kalian.

Jenis Mahasiswa

Pada kolom ini ada pilihan Mahasiswa Baru dan Mahasiswa On-Going.

Lanjut lagi, sekarang mengenai jenjang, untuk jenjang ini kalian isi dengan jenjang yang sedang kalian ambil. Pada kolom ini terdapat 4 pilihan yaitu: D4, S1, S2 dan S3. seperti pada gambar berikut ini:

Jenjang

Untuk kolom NIM, Tahun Masuk dan Mulai Belajar silahkan isi yang sesuai dengan kalian. Saya akan langsung ke kolom Nama Institusi Pendidikan.

Nama Institusi Pendidikan

Pada kolom ini silahkan pilih nama kampus kalian, dan kalau nama kampus kalian tidak muncul itu artinya kampus kalian belum terdaftar dan silahkan untuk meminta pihak kampus untuk mendaftar ke Beasiswa Unggulan.

Selanjutnya kalian pilih kolom Status kampus kalian Negeri atau Swasta.

Status Kampus

Dan ini menjadi jawaban buat kalian yang kebingungan, apakah kampus swasta bisa mendaftar beasiswa unggulan atau tidak? jawabannya sangat bisa karena disini ada pilihan untuk kampus swasta.

Kolom selanjutnya adalah pilihan akreditasi kampus kalian, namun pada kolom ini hanya ada 2 nilai akreditasi yaitu Akreditasi A dan B saja.

Nilai Akreditasi

Pada bagian ini menjadikan kampus yang belum terakreditasi A atau B mahasiswanya tidak bisa daftar beasiswa unggulan ini.

Selanjutnya untuk kolom Unggah File Bukti Akreditasi kalian bisa meminta sertifikat akreditasi ke kampus kalian.

Silahkan lengkapi kolom selanjutnya yaitu: Provinsi, Kota/Kabupaten, Program Studi, Nilai Akreditasi Program Studi dan Bukti Akreditasi Program Studi kalian.

Pengisian Menu Daftar Biaya

Disini silahkan kalian isi nama jenis biaya, nominal dan lampiran biaya. Saya akan contohkan seperti pada gambar berikut ini:

Bukti Akreditasi

Pengisian Berkas Persyaratan

Berkas persyaratan ini akan muncul apabila pengajuan beasiswa sudah diisi, nanti berkas persyaratan akan muncul pada menu ini.

Berkas Persyaratan

Dan nanti kalian bisa menggunggah berkas persyaratan yang sudah disiapkan, dan biasanya kalo misalkan semua data sudah diupload maka secara otomatis nanti akan muncul tombol SUBMIT.

Jangan lupa ketika kalian selesai melengkapi seluruh data, jangan lupa kalian harus SUBMIT pendaftaran kalian, karena kalo kalian tidak melakukan SUBMIT kalian akan tidak terdaftar sebagai peserta beasiswa unggulan. Jadi pastikan bahwa kalian sudah submit beasiswa kalian.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Random