PENDIDIKAN ITU PENTING ? INI DIA ALASANNYA

pentingnya pendidikan

PENDIDIKAN ITU PENTING ? INI DIA ALASANNYA

Pendidikan adalah alah satu yang sangat ditekankan oleh pemerintah. Mulai dari pendidikan wajib 9 tahun, lalu setelahnya muncul pendidikan wajib selama 12 tahun.

Apa sih sebenarnya pendidikan itu? Pendidikan adalah proses mengembangkan kemampuan diri sendiri dan kekuatan individu serta proses perubahan sikap dan tingkah laku dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.

Tujuan Pendidikan

Coba deh, menurutmu tujuan dari pendidikan itu apa sih? Biar dapat ijazah? Biar Pinter?

Enggak, menurut Ki Hajar Dewantara sebagai Bapak Pendidikan Indonesia. Tujuan dari pendidikan itu adalah untuk memerdekakan manusia. Manusia merdeka menurut Ki Hajar yang pertama selamat raganya, dan bahagia jiwanya.

Gimana caranya buat sampai ke titik selamat dan bahagia. Apa dengan kita belajar aljabar, belajar kimia disekolah bisa ngebantu kita ke titik itu?.

Pendidikan Berdasarkan Filosofi Tri Rahayu:

  1. Memajukan dan menjaga diri.
  2. Memelihara dan menjaga bangsa.
  3. Memelihara dan menjaga dunia.
Tapikan kalau mengembangkan kemampuan diri serta mengubah sikap dan tingkah laku dan menuju ke titik manusia merdeka itu kan bisa di mana aja, nggak perlu di sekolah. Terus kenapa kita harus sekolah atau melakukan pendidikan wajib 12 tahun? Padahal juga pelajaran yang diberikan disekolah nggak terpakai dikehidupan sehari hari.

Kenapa kita tetap harus sekolah, ya karena di sekolah ini tempat belajar hal – hal dasar sampai ke hal yang rumit seperti membaca, menulis, berhitung dari yang awalnya hanya bisa berhitung satu sampai sepuluh kemudian bisa berhitung sampai berjuta – juta dan nantinya menjadi akuntan.

Selain untuk meningkatkan skill, sekolah juga berguna untuk masa depan. Berkat sekolah kita mendapatkan gelar, dan itu bisa kita gunakan untuk mendapatkan posisi yang baik disuatu pekerjaan karena dipandang berkualitas dan gaji yang terjamin.

Mungkin untuk beberapa profesi seperti pengusaha, pemusik, penulis sekolah memang tidak perlu – perlu banget. Namun, untuk beberapa pekerjaan butuh skill untuk bekerja, dan membutuhkan sekolah untuk mendapat skill tersebut.

Point Penting dalam Pendidikan

Sekolah wajib 9 tahun, 12 tahun atau bahkan lebih dari itu seperti S1, S2, S3 itu adalah salah satu poin penting dari Ki Hajar Dewantara yaitu:
  • Pendidikan harus kontinu: pendidikan harus berkelanjutan. Belajar itu terus menerus sepanjang hidup, selalu ada cara lain untuk menjadi lebih baik daripada hari ini.
  • Pendidikan harus konvergen: ilmu harus dari berbagai sumber. Ambillah ilmu diluar dari zona nyaman agar tidak stuck.
  • Pendidikan harus Konsentris : jangan lupakan identitas dan konteks yang ada di hidup kita masing – masing.
Beberapa poin penting dari rangkuman diatas adalah jangan lupa belajar caranya bahagia, karena dengan bahagia kita tuh jadi tenang, ngelakuin apa – apa juga senang, dan ya buat berpikir juga enak. Yang kedua jangan lupa untuk terus mengembangkan diri, karena dengan berkembangnya kita lingkungan kita juga akan jadi lebih baik, yang pastinya bisa membuat kehidupan kita menjadi lebih baik lagi. Yang ketiga terus belajar seumur hidup dari mana pun sumbernya tapi jangan lupakan identitas diri kita dan juga harus disesuaikan dengan konteks kehidupan kita.

Pendidikan wajib belajar 12 tahun yang ditekankan pemerintah memiliki maksud dan tujuan agar warga negaranya bisa mengembangkan pitensi diri supaya dapat hidup mandiri dalam masyarakat atau bahkan melanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi dan nantinya pasti akan sampai ke titik manuia merdeka.

Pentingnya Pendidikan Lanjutan Setelah SMA


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Random